07. Hewan Penolong

1 1 0
                                    

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللهم صل علے سیدنا محمد وآلہ وصحبہ وسلم

LUASNYA RAHMAT ALLAH

حكي عن إبراهيم بن أدهم أنه قال : كنت ضيفا لبعض القوم ، فقدم المائدة ، فنزل غراب وسلب رغيفا ، فاتبعته تعجبا ، فنزل في بعض التلال ، وإذا هو برجل مقيد مشدود اليدين ، فألقى الغراب ذلك الرغيف على وجهه .

Kisah 1 :

Dari Ibrahim bin Adham bahwa beliau berkata :

"Dulu aku pernah bertamu di sebagian kaum lalu disuguhi makanan. tiba-tiba ada burung gagak yg turun dan mengambil roti suguhan.
Ku ikuti gagak itu karena aku heran. Ia turun di sebagian bukit, ternyata di sana ada seseorang yang sedang terikat kedua tangannya.
Lalu sang gagak melemparkan rotinya di hadapan orang itu."

وروي عن ذي النون أنه قال : كنت في البيت إذ وقعت ولولة في قلبي ، وصرت بحيث ما ملكت نفسي ، فخرجت من البيت وانتهيت إلى شط النيل ، فرأيت عقربا قويا يعدو فتبعته ، فوصل إلى طرف النيل ، فرأيت ضفدعا واقفا على طرف الوادي ، فوثب العقرب على ظهر الضفدع وأخذ الضفدع يسبح ويذهب ،

Kisah 2 :

Diriwayatkan dari Dzun Nun bahwa beliau berkata :

"Dulu ketika aku di rumah, tiba-tiba terjadi keresahan di dalam hati hingga aku menjadi tidak bisa menguasai diriku sendiri.
Lalu aku keluar rumah menuju ke tepi sungai Nil.
Disana ku melihat ada seekor kalajengking yang kuat sedang berlari. Ku ikuti ia sampai ke tepi sungai Nil, lalu ku lihat ada seekor katak sedang berdiri di tepi lembah, kemudian kalajengking tadi melompat ke atas punggung katak dan katakpun berenang dan pergi."

فركبت السفينة وتبعته فوصل الضفدع إلى الطرف الآخر من النيل ، ونزل العقرب من ظهره ، وأخذ يعدو فتبعته ، فرأيت شابا نائما تحت شجرة ، ورأيت أفعى يقصده ، فلما قربت الأفعى من ذلك الشاب وصل العقرب إلى الأفعى ، فوثب العقرب على الأفعى فلدغه ، والأفعى أيضا لدغ العقرب ، فماتا معا ، وسلم الإنسان منهما .

Dzun Nun melanjutkan kisahnya :

"Lalu ku naiki perahu dan ku ikuti ia. Katak sampai ke tepi sungai Nil yang lainnya dan kalajengkingpun turun dari punggungnya.
Kalajengking berlari lagi dan ku ikuti ia.
ku melihata ada seorang pemuda sedang tertidur di bawah pohon dan ku lihat ada seekor ular yang akan menyasarnya.
Ketika ular telah dekat kepada si pemuda, kalajengking sampai duluan ke ular dan iapun melompat sambil menyengat sang ular, dan ularpun juga menggigit kala jengking. akhirnya keduanya mati bersamaan, sedangkan si pemuda selamat dari keduanya."

ويحكى أن ولد الغراب كما يخرج من قشر البيضة يخرج من غير ريش فيكون كأنه قطعة لحم أحمر ، والغراب يفر منه ولا يقوم بتربيته ، ثم إن البعوض يجتمع عليه لأنه يشبه قطعة لحم ميت ، فإذا وصلت البعوض إليه التقم تلك البعوض واغتذى بها ،

Kisah 3 :

Anak burung gagak ketika baru keluar dari kulit telurnya, ia keluar tanpa memiliki bulu, jadi ia seperti sepotong daging berwarna merah, sedangkan sang induk gagak pergi darinya dan tidak mau mengurusi anaknya.
kemudian datanglah nyamuk-nyamuk yang berkumpul padanya karena ia menyerupai sepotong daging bangkai, ketika nyamuk sampai padanya maka anak gagak menelan nyamuk tsb dan anak gagak sarapan dengan nyamuk-nyamuk itu.

ولا يزال على هذه الحال إلى أن يقوى وينبت ريشه ويخفى لحمه تحت ريشه ، فعند ذلك تعود أمه إليه ، ولهذا السبب جاء في أدعية العرب : يا رزاق النعاب في عشه ، فظهر بهذه الأمثلة أن فضل الله عام ، وإحسانه شامل ، ورحمته واسعة .

Keadaan itu berlangsung terus menerus hingga anak gagak menjadi kuat dan tumbuh bulunya, bahkan sampai tubuhnya tertutup oleh bulu-bulu, setelah itu barulah sang induk gagak kembali kepadanya.

Oleh karena sebab kejadian inilah ada doa dari orang arab :

"Wahai Dzat Yang Memberi rizki anak gagak yg berada di dalam sarangnya "

Maka dengan beberapa contoh ini tampak jelas bahwa karunia ALLAH itu merata untuk umum, kebaikan-Nya mencakup kesemuanya, dan rahmat-Nya luas.

والله أعلم بالصواب

~Tafsir Al Kabir~

Kisah islamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang