Aksara Terakhir

5 0 0
                                    

Terlihat kamar usang dengan debu yang duduk di meja dan ranjang dengan nyaman. Seolah tak terusik dengan kedatangan seorang pria dengan wajah lusuh dan terlihat mata yang tampak memerah.  Jalannya terseok-seok, seolah-olah kakinya tak bisa bangkit untuk berdiri. Dengan ling-lung, Ia berjalan menuju ranjang dan menduduki diatas kapas yang empuk itu.

Matanya terarah pada genggaman kertas yang telah kusut karena ia genggam erat. Terlihat bercak tanah merah melingkupi kertas tersebut, tak lupa sedikit robekan membuat kertas itu terlihat miris. Dengan perlahan, Ia membuka kertas dan terlihat tulisan rapi terlukis indah di kertas lusuh tersebut.

Matanya berkaca-kaca, saat melihat namanya tertulis di ujung kertas tersebut.

To : Reyjen Meraki Senandika

"Nanda..." ucapnya lirih, saat melihat namanya tertulis disitu.

Meraki? Apa kabar?

Gue berharap kertas ini gak bakal sampai ke lu sih. Tapi kalau kertas ini sampai ke lu berarti gue udah gak ada disisi lu. Maaf mer, tapi janji kok gue selalu ada dihati lu.

"Lu enggak berubah nan." Meraki terkekeh saat membaca bait pertama surat itu.

Lu inget gak pas gue ngetawain lu gara-gara naik motor nyeruduk pager?
Sumpah waktu itu muka lu kocak banget sih.
Yah walaupun, pada akhirnya gue juga nyeruduk sawah sih. Tapi setidaknya lu duluan yang nyeruduk ke tanah.

"Ya ampun Nanda, astaga." Meraki mengusap air mata yang jatuh dari netranya.

Hal itu yang membuat kita kenal juga kan?
Dan itu juga buat gue sama lu Deket juga sampai sekarang?
Berangkat sekolah, pulang sekolah, ngerjain tugas bareng. Kalau boleh jujur gue mulai tertarik sama lu, well gue gak peduli sama perasaan itu. Dan gue biarin, tapi Mer perasaan itu tumbuh berkembang sampai sekarang.

Meraki menatap kertas itu lamat. Pengakuan Nanda memang bukan hal asing bagi Meraki, namun Meraki hanya menganggap itu sebagai candaan saja. Tapi ternyata, itu bukan candaan.

Gue hebat banget gak sih Mer?  Nahan perasaan selama 3 tahun dari awal kita SMA dan lulus SMA, kalau lu tanya kenapa gak confess? Kayaknya lu yang gak peka deh.
Dan saat gue mau jujur sama perasaan gue,  gue didiagnosis penyakit kanker stadium akhir. Gue hancur banget Mer waktu itu.

Meraki meremat kertas itu, air matanya turun. Saat mengingat perjuangan Nanda melawan kanker darah yang dideritanya, tubuh kecilnya terbaring lemah dengan peralatan medis yang menyangga kehidupannya, membuat Meraki tak sanggup untuk mengulang kejadian itu lagi.

Dan yang buat gue mundur buat jujur sama lu. Delima, orang yang spesial dihati lu, pacar lu. Waktu itu gue gak sanggup sih dengerin cerita lu, tapi gue gak bisa buat ngehindar dan terus dengerin betapa bahagianya lu sama Delima. Walaupun waktu itu, gue nahan tangis dan mencoba bohong kalau gue bahagia ngelihat lu jadian sama Delima.

Meraki tersenyum pahit saat membaca bagian itu. Andaikan Nanda tahu, bahwa sebenarnya Meraki juga mencintai Nanda, tapi Meraki pengecut untuk mengungkapkan perasaannya, dan memilih mencari perempuan lain untuk mengubur perasaannya.

Lu inget pas gue ngehindar dari lu, dan lu ngamuk-ngamuk ke gue? Wakakakaka ngakak banget sih asli ngelihat muka lu kalau lagi marah. Gemesin hehehehe

"Nanda, Nanda lu tetep aja kayak gini." Meraki mau tak mau ikut tersenyum saat membaca kalimat candaan tersebut.

Sebenarnya gue gak enak sama cewek lu, walaupun Delima paham karena gue lagi sakit dan lu sahabat gue. Tapi gue gak bisa Mer, gue gak enaklah. Ya mikir ajalah, emang ada cewek yang mau lihat pada adanya deket sama cewek lain walaupun itu cuman sahabat. Hah ngeselin sih waktu lu marah, kayak anak kecil.

Hah....

Capek juga gue nulisnya Mer, ini yang terakhir deh.

Gue beruntung bisa bertemu sama lu Mer, jalanin hari sama lu dan walaupun endingnya gue gak bisa sama lu. Tapi hal itu udah cukup banget buat gue Mer.

Gue gak bisa ngerangkai aksara yang indah buat lu. Tapi kalau gue disuruh memilih perumpamaan buat lu, gue bakal pilih Udara.

Kenapa Udara?

Karena saat udara masuk kedalam raga lemah ini, disaat itu juga gue bakal kuat. Walaupun pada akhirnya gue akan ninggalin lu disaat raga gue enggak butuh udara, tapi setidaknya kenangan sesaat sama lu tersimpan jelas didalam otak gue Mer.

Maaf Meraki, gue gak bisa nemenin planning lu kedepannya, karena gue hanya bisa nemenin lu sampai disini.

Dan Terimakasih, udah buat gue bahagia dengan cara lu sendiri.
Meraki, bahagia ya gue mungkin gak ada di pandanganlu, tapi gue ada dihati lu Mer.

I Love you <3

From : Denanda Arunika

Meraki meremat kuat kertas itu, tangisan raganya tak bisa terbendung lagi untuk keluar, badannya luruh memeluk ranjang Nanda yang rapi. Lirihan hatinya terus menusuk kedalam hati Meraki, Ia kehilangan, sungguh kehilangan.
Netranya mengangkat bingkai foto dirinya dan Nanda, membuat senyuman pahit mengembang menyapa foto tersebut.

"Love you too nan, really love you Denanda Arunika."

END

Terimakasih yang sudah baca cerpen hasil karya saya.

See you...

Aksara TerakhirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang