Seseorang sarjanawan ingin melakukan survey. jelaskan bagaimana pembagian kelas sosial di lingkungan tempat tinggal kalian.
Apakah ada perbedaan kasta? apa saja yang membedakan?
***
Aku menemukan seseorang yang ingin mengetahui seluk beluk dan bagaimana kelas sosial yang ada di tempat tinggalku ini.
Seseorang sejarawan itu ingin sekali aku menceritakannya secara detail tentang kehidupan sosial yang terjadi di tempat tinggalku. kala itu aku lakukan apa yang diminta, aku menceritakan semuanya.
"Baik, kalau begitu akan aku ceritakan semuanya padamu, bahwa ini memang ada, beberapa kasta yang unggul baik dari garis keturunan, gen, dan warisan benda-benda sihir mereka, mereka berkumpul dengan nama keluaraga Aldebaran."
"Apakah itu adalah keluarga bangsawan termasuk raja?" tanya sang sarjanawan kepadaku.
Aku merengut. "Tentu itu adalah kasta para raja, para bangsawan, para pebisnis atau konglemerat. Namun, tidak bagi kami, kaum Rigel yang seperti namanya, kami kecil dan terasingkan macam tak pernah mereka lihat keberadaan kami."
Seorang sarjanwan itu tersentak, ia termangu dan terdiam sambil menengadah ke arah cakrawala.
"Cara kami berpakaian dengan cara mereka, para bangsawan berpakaian itu berbeda 180 derajat. Kami bisa saja hanya melapisi tubuh kami dengan sehelai kain keset kuda mereka."
"Kita sama berpijak di atas bumi, tidur di atas bumi, dan terlelap di kolong langit, tetapi sebagian merasakan kemewahan, sebagian lagi merasa kehinaan yang teramat dalam." Sang sarjanawan itu mulai berbicara setelah sebelumnya terdiam memperhatikanku.
"Itu juga berarti bagimu!"
Ketegasanku membangunkan lamunnya kembali.
YOU ARE READING
Catatan Keseharian Penyihir Garuda ASHLEY
FantasyHari-hari Ashley penuh dengan intrik dan fenomena serta pengalaman-pengalaman yang berbeda dengan yang pernah orang lain temui. Ia selalu menuliskannya di dalam sebuah catatan. Bagaimana keseruan kisahnya?