[Selasa, 31 Agustus 2021]
📕📗📙
Krisar-ZEE
Horor Mistery
______________
Random
-Keluarga ku❌
Keluargaku ✔️Ibu ku❌
Ibuku✔️(Ini disambung ya)
- pak Edi bukan pak edi. Nama harus diawali kapital
- Dialog pertama.
"Selamat pagi, Mas," sapa ayah pada pak Edi.Pada dialog pertama yg benernya harusnya begini ya🙏🏻
Karena dialog tag, jadi dialog diberi koma sebelum tanda kutip. Dan kata sapaan (Mas) ditulis kapital. Sebelumnya harus diberi koma dulu.- Penggunaan telling yg berlebihan membuat cerita terasa membosankan. Coba seimbangkan dengan showing agar tulisannya lebih hidup👍🏻
Kalo sepanjang cerita hanya menggunakan telling, kesannya jadi seperti mendongeng🥲- Ingat untuk pisahkan sapaannya dengan koma ya. Seperti dalam dialog ini.
"Gini Mas, saya ada rumah di daerah pedalaman agak jauh dari kota, rencananya juga mau saya jual. Jadi kita tukeran rumah aja, Mas, biar gak ribet cari rumah," tutur pak Edi.- Dan ada baiknya menggunakan tag secukupnya saja. Jika bisa dipahami siapa yg berbicara, tidak perlu berikan tag. Dan mungkin enaknya tambahin dialog aksi aja biar lebih hidup.
- "Iya, Mas ... kalo gitu saya pamit dulu, Mas, Mbak, Assalamu'alaikum."
Nah disini enaknya jangan dikasi tag. Ganti aja pake aksi. Show don't tell.
- Aku udah sampe di bagian narasi (Akhirnya rumah pun terjual rela tidak rela)
Dari sepanjang aku baca, aku melihat sepanjang cerita menggunakan teknik telling. Ada baiknya ditambah showing ya, Thor:)
Apalagi itu permulaannya yg harus pandai2 memikat pembaca.➡️ Contoh perbedaan:
Tell:
Lisa sudah siuman dari pingsannya. Ia merasa pusing. Saat ini ia berada di rumah sakit.Show :
Lisa membuka matanya perlahan. Saat dia mencoba mengingat hal apa saja yang sudah terjadi, kepalanya terasa berat dan pening. Ia mengamati sekelilingnya, ruangan putih pucat dengan para perawat yang sibuk lalu lalang. Tempat yang sebenarnya paling dia benci.- Openingnya juga terasa kurang sreg. Karena diawali dengan narasi panjang dengan teknik telling. Baiknya membuat opening yg membuat greget, bertanya-tanya, atau lebih hidup, dan tidak bertele-tele.
- "Ayu ... Ayu ...."
(Kalo di tengah, titiknya tiga. Kalo di akhir jadi 4. Dan menggunakan spasi)
- di telingaku bukan ditelingaku
Kalo mau komentari tipografinya kayaknya bakal panjang🥲
Ini nanti sambil belajar aja ya.
Ada materinya kok dari kami.Krisar dilakukan di ruang kelas LMK (WA)