Rumah

5 1 0
                                    

Ada kisah menarik di balik suara hangat ibu di pagi hari. Membuat kita bangun dari ranjang yang nyaman karena mendengar suara gesekan panci dan kompor yang siap menyajikan nasi goreng kecap. Jangan lupa telur mata sapi yang bulat dan irisan tomat menjadi pelengkap menunya.

Siapa pun akan terbangun dengan godaan masakan ibu. Termasuk aku yang malas bangun pagi karena harus pergi ke sekolah.

Sekolah itu membosankan, gak ada menarik-narik nya. Belajar dan belajar. Gak ada yang lain, paling cuman segerombol anak-anak yang mengagungkan nama persahabatan. Membosankan

Rumah bagiku adalah segalanya, tempat dimana kita mendapatkan banyak kebahagiaan dan kehangatan. Gak ada hal yang membosankan walapun cuman duduk dan melihat ibu melakukan aktivitasnya setiap hari. Seperti mencuci piring di wastafel yang penuh busa Mama lemon hijau, melihat ibu menjemur baju warna warni milik si ade yang kini baru berusia 3 tahun. Mengepel lantai yang penuh dengan noda dan biskuit bayi, atau melihat ibu yang menggendong Abel yang rewel.

Nah, yang paling menyenangkan adalah ketika aku membantu ibu membuat kue nastar selai nanas yang di parut Sendiri. Rasanya sangat menyenangkan, walau badan penuh tepung dan noda kuning selai di kaos hijau belangku. Tepat di atas pusarku yang buncit.

Memang menyenangkan, dan hari-hari ku penuh warna, ibu juga sering bercerita banyak hal, seperti bagaimana aku kecil dulu, cerita kenakalan waktu ibu masih kecil seperti bermain di selokan sampai penuh dengan lumpur yang bau, dan masih banyak lagi.

Tapi ada cerita ibu yang membuat ku menjadi sangat penasaran, yaitu tentang persahabatan. Hal yang paling ku hindari, karena tidak sesuai untuku yang susah bergaul.

Ibu bercinta tentang bagaimana menyenangkan nya ia waktu kecil, seperti menghabiskan waktu bersama temannya saat setelah pulang sekolah, mengerjakan PR bersama- sama, menulis kotak kenangan, dan masih banyak lagi kisah yang ibu ceritakan.

Aku pikir itu menyenangkan, dan membuatku penasaran dengan kisah ibu yang menciptakan sebagian dari dunia ku. Sepertinya besok akan menjadi hari petualangan ku.




tell me laterTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang