Setelah 2 tahun menjalani masa SMA, hari ini aku mulai duduk di kelas 12 di salah satu SMA di Jogja. Itu berarti, waktuku menjadi siswa tinggal sebenatr lagi. Berat memang ketika menjalaninya, tapi akan dikenang selamanya. Semua sambat dan cerita telah terjadi dan hanya bisa dikenang. Kini saatnya bagiku untuk memikirkan jauh kedepan, tentang masa depan. Jujur saja, sulit bagiku untuk menggali potensi yang ada dalam diri ini. Selama ini aku menjalani masa SMA hanya mengalir seperti air.
Kini semua keputusan ada ditanganku. Mau memilih PTN, PTS, atau kedinasan. Orang tuaku menyarankan untuk mengambil jurusan sesuai jurusan di SMA, jadi mereka menyarankan aku untuk mengambil jurusan Pendidikan IPA di salah satu PTN di Semarang. Sulit bagiku untuk pergi dari kota ini, bahkan sangat sulit membayangkan kehidupan baruku disana.
Waktu demi waktu terus berlalu. Berbagai ujian telah dihadapi dengan semua beban dan harapan yang terpikul di pundakku, akhirnya semua terselesaikan. Wisuda SMA telah didepan mata. Wisuda itu sekaligus menandai berakhirnya masa SMA-ku, masa yang akan selalu ku kenang. Masa SMA-ku telah berakhir, tapi masa depanku baru saja dimulai.
Aku berusaha untuk tetap di kota ini dengan mengikuti berbagai ujian masuk perguruan tinggi disini. Tapi sepertinya, semesta memilihkan tempat baru untukku manjalani salah satu tahapan dalam hidup. Bagi sebagian orang, pergi dari kota kelahiran adalah hal biasa. Namun bagiku, itu jauh dari kata biasa. Sulit membayangkan pamit untuk jangka waktu yang cukup lama.
Meskipun bisa pulang ke Jogja setiap minggu, tapi itu cukup melelahkan. Belum lagi tugas-tugas kuliah yang mungkin menyita waktuku.
Setelah menjalani ujian mandiri yang menjadi jalan terakhirku untuk kuliah ditahun itu, akhirnya aku menjadi salah satu calon mahasiswa yang diterima di salah satu PTN di Semarang dengan jurusan Pendidikan IPA. Aku tidak menyangka bahwa aku menjadi calon mahasiswa dengan nilai tertinggi ketiga.
"MASA SMA ADALAH MASA YANG AKAN DIKENANG SELAMANYA DAN MENJADI MASA YANG PENTING DALAM FASE HIDUP KITA"
KAMU SEDANG MEMBACA
Jalan Terjal Menuju PKN STAN
Short StoryCerita tentang perjalananku masuk di salah satu sekolah kedinasan terbaik di Indonesia dengan berbagai kendala dan jalan berliku.