السلام عليكم ور حمة الله وبر لغةكا ته
𝐒𝐞𝐠𝐚𝐥𝐚 𝐩𝐮𝐣𝐢 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐚𝐥𝐥𝐚𝐡 ,𝐲𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐮𝐭𝐮𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐛𝐞𝐧𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐲𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐤𝐞𝐚𝐝𝐢𝐥𝐚𝐧 ,𝐲𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐮𝐣𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐭𝐮𝐫 𝐬𝐞𝐦𝐮𝐚 𝐮𝐫𝐮𝐬𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐛𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚,𝐲𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦𝐢 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐲𝐚𝐫𝐢𝐚𝐭 𝐬𝐲𝐚𝐫𝐢𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐡𝐢𝐤𝐦𝐚𝐡 .𝐝𝐢𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐳𝐚𝐭 𝐲𝐠 𝐦𝐚𝐡𝐚 𝐤𝐞𝐛𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐭𝐚𝐡𝐮𝐢.𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐮𝐫𝐚𝐭 𝐚𝐭 𝐭𝐚𝐮𝐛𝐚𝐡 𝐲𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐛𝐮𝐧𝐲𝐢;
انما يعمر مسجد الله من امن بالله واليوم الا اخر وقام الصلوة و اتى الز كوة ولم يخش الا الله فعسى أولئك ان يكو نوا من المهتدين(١٨)
"Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang orang beriman kepada Allah dan hari kemudian,serta( tetap ) melaksanakan shalat, menunaikan zakat,dan tidak takut ( kepada apapun) kecuali kepada Allah .
Maka mudah- mudahan mereka termasuk orang-orang yg dapat petunjuk."
Majid tempat berlabuh hati generasi Qur'ani
Masjid tempat suci tambatan jiwa generasi robbani
Masjid kawah Sandra di muka generasu samawi
Masjid center of aktivitas generasi Madani
Dari masjid perjuangan hidup di mulai
Dari masjid nilai-nilai demokrasasi di semai
Dari masjid siasat perang Di sepakati
Dari masjid gerakan kemanusiaan diawali
Namun kini semua masjid sudah di penuhi kebutuhan, peralatan sudah di lengkapi dengan bagus rapih dari bangunan arsitektur yg sangat mengagumkan,keramik yg di penuhi kecantikan dalam sudut masjid ,di setiap sudut tepasang pendingin (AC), lampu hias warna warni terpasang di halaman,Kanan kiri bagian depan utama berdiri kokoh menara raksasa pencakar langit dengan pengeras suara mengahadap semua arah mata angin.Ketika azan di kumandangkan,bedug ditabuh,Air wudhu ' di alirkan di kran² yg modern , kemudian datang jamaah satu persatu satu memasuki dengan berpakaian rapih ,kopyah ,sorban,sajadah,dan di iringing bibirnya yg halus terucap kalimat tahlil dan tahmid tiada henti seakan menghitung buah tasbih yg di pegang bersama kitab suci Al Qur'an di jemari tangannya .dia berdiri lalu takbir ,rukuk ,i'tidal ,sujud dan dia memulai shalat.
Berapa waktu kemudian ia menunggu kehadiran imam masjid untuk memulai shalat shubuh.tiba² tiba2 datanglah muncul sosok seorang lelaki tua berselendang sorban yg di bahu kirinya melewati pintu bilik kanan masjid sebelah mihrab menuju tempat imam . bersamaan dengan masuknya lelaki tua itu ,di kumandangkan iqomah dari pengeras suara yg cukup elit pertanda akan di mulai shalat.namun hingga imam melakukan takbiratul ihram jumlah jamaah tidak bertambah,tidak lebih dari 9 orang .
Dengan sedikitnya batuk-batuk Imam masjid itu memimpin shalat shubuh,ayat demi ayat dengan tarikan nafas yg tidak bisa di ikuti dan tersengal sengal . gerakan ke gerakan di lalui dengan cukup alot karena sang imam sudah cukup tua termakan usia.tetapi dengan semangat yg membar mampu menyelesaikan shalat shubuh nya .
Wahai generasi muda di mana kau .....
dimanakah lelaki perkasa itu berada...?
Dimanakah gemuruh''jawaban aamiin "para pemuda yang gagah itu...?
Diamanakah suara anak2 kecil mengaji Alquran itu ...?
Dimanakah kegiatan keislaman kini di ajarkan....?
Dimanakah urusan kemaslahatan umata di bicarakan...?
Di manakah para pemuda yg melantunkan ayat-ayat Allah...?
Dimanakah perkumpulan dalam permasalahan dalam kemasyarakatan....?Kini semua telah di ubah dengan adanya, datangnya perkembangan teknologi yg begitu canggih .sampe semua memilih untuk mempersibuk duniawi saja, sampe lupa bahwa perjalanan yang panjang itu adalah akherat.dunia ini cuma menumpang sesaat makan dan minum kita yg sering butuh dalam kehidupan tapi jgn sampe kita lupa untuk bekal akherat yg kita miliki untuk bertanggung jawab semua yg lakukan di dunia.
Kata kuncinya: masjid adalah central kegiatan islami,masjid adalah pusat kegiatan masyarakat Madani,masjid tolok ukur ketinggian iman insani.
والسلام عليكم ور حمة الله وبر كا ته