Bantu Support cerita aku ini yuk dengan cara
LIKE, COMMENT DAN SHARE
Terimakasih ෆTanpa kalian yang menyempatkan diri untuk membaca cerita ini, cerita ini tidak bisa dikenal banyak orang/memperluas jangkauan membaca cerita ini 🌺
HAPPY READERS
----------------------
Hai semuanya, sebelumnya aku sangat berterima kepada kalian yang menyempatkan diri buat baca cerita ku kali ini.
Dalam part ini aku bakal publish cerpen Pentigraf tapi sebelum aku mau ngasih tahu kalian, Apa itu PENTIGRAF? Berapa kata sih PENTIGRAF itu?
---------------------
Pentigraf merupakan kependekan dari ”cerita pendek tiga paragraf”. Jadi, syarat utamanya adalah cerpen yang ditulis harus sebanyak tiga paragraf, tidak kurang tidak lebih. Sebagai salah satu karya sastra, pentigraf termasuk dalam kelompok cerita mini atau cerita pendek yang sangat singkat.
Pentigraf merupakan akronim dari cerpen tiga paragraf. Karya sastra jenis baru ini, kali pertama digagas dan dikembangkan oleh sastrawan dan akademikus dari Unesa, Dr. Tengsoe Tjahjono. Dinamakan pentigraf sebab syarat utamanya adalah terdiri dari tiga paragraf, tidak kurang dan tidak lebih.
Dalam menulis pentigraf, cukup fokus pada satu tokoh saja. Namun tetap, harus ada elemen narasi, berupa tokoh, alur, dan latar cerita. Panjang pentigraf maksimal 210 kata, (satu halaman A5), jika kurang dari 210 itu lebih baik. Dr Teng Soe juga menegaskan bahwa pentigraf bukan memindahkan fakta.
Struktur sebuah pentigraf adalah permulaan, tengah, dan penutup. Setiap bagian ini isilah dengan pembeda. Kisah harus terus bergerak maju lengkap dengan konflik dan resolusi. Paragraf kedua berisi alur, di dalamnya konflik yang dialami tokohnya.
Apakah pentigraf boleh diawali dengan memunculkan konflik?
Pentigraf boleh diawali dengan memunculkan konflik atau solusi atau pengenalan karakter tokoh. Endingnya pun beraneka macam.Apakah Pentigraf termasuk cerita fiksi?
Dalam seni sastra ada prosa fiksi, non fiksi, serta puisi. Prosa fiksi terdiri dari cerpen dan novel. Pentigraf atau cerpen tiga paragraf termasuk dalam kategori cerita pendek.CONTOH PENTIGRAF :
Yang mau kenalan sama Author kalian bisa follow akun sosmed di bawah ini, ya
Itu adalah penjelasan tentang PENTIGRAF. Part selanjutnya aku akan publish PENTIGRAF buatan aku sendiri, So? Jangan lupa tinggalkan jejak setelah mampir 🐾
KAMU SEDANG MEMBACA
PENTIGRAF [ Cerpen Tiga Paragraf ]
Teen FictionPentigraf merupakan kependekan dari "cerita pendek tiga paragraf". Jadi, syarat utamanya adalah cerpen yang ditulis harus sebanyak tiga paragraf, tidak kurang tidak lebih. Sebagai salah satu karya sastra, pentigraf termasuk dalam kelompok cerita min...