Menjadi produktif, bukanlah hal yang mudah, bukan pula hal yang sulit. Tapi kenapa kita sering terlena, terdegradasi oleh waktu yang kita ciptakan sendiri, dengan jatah yang sama 24 jam, berbeda hasil diantar setiap manusia.
Apakah produktif itu berkaitan dengan menghasilkan dan mendapatkan uang saja ? Atau sekedar mengisi waktu luang saja ? Apalagi di zaman sekarang, gabut, rebahan adalah suatu hal yang banyak dilakukan kawula muda.
Kita dimanjakan oleh teknologi, teknologi membuat kita semakin malas dan ketergantungan, dengan keadaan seperti itu maka tingkat produktifitas juga akan menurun, sebelum membahas hal tersebut, mari kita sepakati produktifitas yang dimaksud.
Definisi ini bebas, karena ketika mereka mau melakukan suatu hal pasti dimotivasi oleh tujuan tertentu, dan kita tidak bisa memaksakan tujuan kita kepada orang lain, dan juga sebaliknya.
Bagi saya, produktifitas adalah melakukan hal yang kamu sukai, dengan tidak melupakan kewajiban yang harus kamu lakukan. Contoh : membaca buku, suatu hal yang saya pandang bermanfaat dibandingkan dengan scroll tiktok. Lain lagi jika dihadapkan oleh orang-orang yang memang punya pekerjaan di sosial media, dia meng-endorse produknya di tiktok, mungkin dia merasa lebih bermanfaat daripada sekedar membaca buku.
Maka, apa yang harus kita lakukan biar tidak gabut dan tidak rebahan melulu, maka berproduktiflah tentu dengan menghasilkan karya, atau produk yang punya manfaat bagi orang lain, dan jangan lupa manfaat pula bagi diri sendiri.
Salam produktifitas.