UTS METODE PENELITIAN BAHASA

6 0 0
                                    

*h-2minggu sebelum uas utk membahas topik proposal penelitian beserta teori yang dipakai. nnti dipanggil 1-1 urut presensi di simaster.

SOAL

Buatlah proposal penelitian dengan topik yang sudah Saudara tentukan sendiri. Buatlah proposal penelitian Saudara dengan mengikuti tamplate berikut ini.


PROPOSAL PENELITIA


JUDUL

Nama Lengkap

NIM

ABSTRAK

(Isinya: tujuan, data, metode, dan pendekatan; hasil; simpulan)

(100 – 150 kata)

Kata Kunci

(3 – 5 kata)

A. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah berisi penjelasan mengenai alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam judul dipandang menarik, penting, dan perlu/layak diteliti, serta kedudukan masalah penelitian dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.

Masalah merupakan benturan antara das Sein (yang ideal) dan das Sollen (yang riil) yang terdapat dalam objek material yang dikaji.

B. Masalah Penelitian

Masalah penelitian berisi rumusan masalah dalam bentuk kalimat berita (pernyata­an/deklaratif) yang merupakan rumusan dari benturan antara das Sein dan das Sollen yang diikuti pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian.

C. Tujuan (dan Manfaat) Penelitian

a) Tujuan penelitian berisi hal yang ingin dicapai dalam penelitian.

b) Manfaat penelitian dapat bersifat teoretis dan/atau praktis.

D. Tinjauan Pustaka

a) Tinjauan pustaka memuat tinjaunan hasil penelitian dan/atau pemikiran peneliti sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan yang diuraikan secara sistematis dengan menyebutkan sumbernya. Tinjauan pustaka berupa telaah kritis dan logis yang dihubungkan dengan pokok masalah yang diteliti. Hasil penelitian dan/atau pemikiran yang ditinjau dapat dari penelitian dengan objek material dan/atau objek formal yang sama. Tinjauan pustaka sedapat mungkin dari sumber aslinya dengan menyebutkan nama penulis, tahun penerbitan, nomor halaman, atau alamat situs.

b) Keaslian penelitian dikemukakan dengan menunjukkan bahwa masalah penelitian belum pernah diteliti oleh peneliti terdahulu atau dengan menyatakan perbedaaan penelitian yang dilakukan dengan penelitian sebelumnya secara eksplisit.

E. Landasan Teori

Landasan teori merupakan landasan konseptual yang relevan sebagai pisau analisis penelitian dalam pembahasan dan pengambilan kesimpulan penelitian.

F. Metode Penelitian

Metode penelitian berisi sifat penelitian dan cara kerja tersistem penelitian. Penelitian dapat bersifat deskriptif, kualitatif, dan/atau kuantitatif. Metode penelitian meliputi langkah-langkah kerja riil pengumpulan data, analisis data, sampai penyajian hasil analisis data. Metode penyajian hasil analisis data disesuaikan dengan bidang kelimuan yang diteliti. Metode pengumpulan/penjaringan, analisis, dan penyajian hasil analisis penelitian di bidang bahasa mengikuti uraian dalam buku-buku metode penelitian bahasa.

G. Road Map, Rencana Kerja, dan Jadwal Penelitian

Bagian ini berisi peta jalan penelitian, rencana tahap demi tahap, dan waktu pelaksanaan tahap-tahap penelitian.

SEM 4Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang