"aku kira kamu air sungai yang dangkal. ternyata cukup dalam sampai bisa membuatku tenggelam"
***
Panggil gue Anin. Gue anak bungsu dari dua bersaudara. kakak perempuan gue udah nikah dan sekarang tinggal di beda pulau sama suaminya. Secara singkat hidup gue ya gini gini aja. Gue lulus SMA, lanjut nganggur hampir setahun dan akhirnya dapet kerja. Ga ada yang spesial dari hidup gue, selain fakta kalau gue ga pernah pacaran sama sekali sampe detik ini.
Sumpah gue gatau kenapa cerita percintaan gue ga pernah mulus. Gue seenggak beruntung itu soal cinta. Dari gue dideketin cuman buat dipake, gue dideketin sama orang yang ternyata udah punya pacar, gue dideketin besoknya di ghosting. Pokoknya yang pait pait udah gue rasain semua.
Oke gue mikir kemarin kemarin gue se sad itu karna gue kenal cowok cowok itu dari sosmed. Gue kira kalau cowonya gue kenal dari dunianya nyata, jalan ceritanya bakal beda. Tapi salah besar, ceritanya malah makin rumit.
Sebenernya gue ngga nyangka banget kalau bakal punya cerita sama satu orang ini. orang yang gue anggep jelek banget. Jelek muka, perilaku, akhlak, pokoknya minus semua. Ga ada bagus bagusnya. Tapi sintingnya akhirnya gue suka sama dia.
Dia Yayesa Pratama. Temen kerja gue. satu divisi. Orang yang paling gue gasuka di tempat kerja awalnya. Bukan tanpa sebab gue gasuka.
Itu orang aneh banget. Si pendiem yang ga pernah buka masker bahkan dalam ruangan. Yang ga bakal ngomong duluan kalau engga diajak bicara. Dateng kerja, duduk di kursinya, make headset. Udah gitu doang setiap hari.Aneh kan?
Gue masih inget banget gimana pertama waktu kita ketemu.
"kak yesa udah lama kerja di sini?" tanya gue membuka topik. Ga asik banget masak diem dieman. Mana di dalem ruangan cuman berdua.
"hm."
Hm doang?! Gue waktu itu rasanya pengen ngambil headsetnya terus gue lilitin dah tu ke lehernya. Siapa tau meninggoy.
Gue masih belum nyerah. Gue coba ngajak ngomong lagi. "asli mana kak? Umur kak Yesa berapa sih?"
"dua tuju."
Gue percaya aja. Dia ngomongnya datar, terlihat keseriusan dalam nada bicaranya. Gue ngangguk ngangguk. "aku kira seumuran sama kak Jes," ucap gue.
Btw kak Jes itu kepala departemen di sini. dia umurnya dua puluh tiga. Beda tiga tahun sama gue. ga lama kak Jes balik ke ruangan. Dia mulai jelasin apa aja yang harus gue kerjain selama kerja di perusahaan ini.
Sebulan pertama kerja rasanya berat banget. Berat kalau lagi kerja berdua aja sama Yesa. Manusia itu bener bener setengah siluman. Sifat tegaannya udah melibihi dajal.
Disaat gue ngeluh, dia bakal mengeluarkan kata kata mutira yang sangat pedas.
Ini contohnya,
"kayaknya aku ga bisa packing ini deh kak. Kurang rapi kalau aku yang packing." Bener dong. Dia lebih senior. Seenggaknya kalau gue gabisa, contohin. Ajarin kek.
Dia malah melototin gue. mana sinis banget. "harus bisa! Kalau gabisa mending kamu resign aja."
Sakit ulu hati gue dengernya. Untung banget hati gue terbuat dari baja. Walau suka di caci sama ni orang satu, gue ga pernah baper. Ga ada ceritanya gue nangis menye menye.
Hari berganti hari. Ga kerasa udah tiga bulan gue kerja di sini. Ga banyak yang berubah kecuali kerjaan gue yang makin hari makin banyak.
Tapi gue mulai bisa nemuin sosok lain dari Yesa. Dia udah ga se kaku dulu. Ya walau mulut pedesnya tetep masih ada. Tapi kita udah mulai lancar ngobrol, sesekali bercanda juga. Ternyata dia ga seburuk yang gue kira. Dia punya sisi baik versi dia sendiri.
"gue dulu pernah pacaran. Empat tahun. Bayangin gue empat tahun pacaran terus putus," kata dia sore itu sambil makan salad buah yang kita makan berdua.
ternyata dibalik sifat sok cool nya dia sad boy juga.
Gue nutup mulut seolah prihatin padahal dalam hati ga peduli banget. "turut berduka cita ya mas." Gue usap punggungnya menyalurkan rasa jijik. "terus gara gara itu lo sekarang gamau serius sama cewe? Sosoan jadi fucekboy ibu kota padahal muka pas pasan?"
Dengan teganya dia nonyor jidat gue. jidat seorang cewek cantik. "eh anjing gausah sok cantik. Lo itu jelek. Item, pendek, muka bulet, rambut selalu berantakan. Apa mau dibanggain."
Hampir gue menitikan air mata dengernya. Ini orang kalau nge roasting emang ga nanggung nanggung. Awalnya aja pendiem, makin kesini mulutnya makin mirp ibu ibu komplek. Julid banget.
Gue koreksi ya, gue ga item tapi sawo matang. Emang pendek tapi imut. Gapapa muka gue bulet tetep cantik. Soal rambut berantakan, gue ga terima. Gue selalu rapi, tapi ini orang aja yang suka main jambak rambut gue. jadi gue males benerin lagi. Percuma rapi rapi ujungnya dirusak.
"bangga lah. Yang mau sama gue banyak." Banyak yang mau maninin maksudnya, lanjut gue dalam hati.
"buta banget cowok cowok yang dm lo di instagram. Tertipu sama foto penuh filter."
Gue capek banget debat sama ini orang. Gue diem aja, doa aja dalam hati siapa tau dia keselek. Azab orang makan sambil julid. Mana julid langsung depan orangnya.
"perumpaan mantan lo yang empat tahun itu mau balik ke elo, lo terima?" random aja gue pengen nanya.
"mau."
Bodoh! Satu kata yang terlintas dalam fikiran gue. "goblok lo ya."
"biarin. Ga rugi gue nerima dia balik. Perawannya juga gue yang dapet. So, why not."
Gantian sekarang gue tonyor palanya. "Why not pala lo peyang. Lo bilang mantan lo itu sekarang udah nikah, punya suami."
"ya terus?" sumpah mukanya ngeselin banget. "kalau dia mau balik ya balik aja. Gue bakal nerima kok gimanapun keadaan dia."
Perasaan gue udah mulai gaenak. Kayak ada perih perihnya. Tapi gue masih bodo amat. "emang apa sih yang bikin lo suka banget sama mantan lo dulu. Sampek lo rela pulang jakarta Jogja seminggu sekali cuman biar bisa ketemu dia?"
Seorang Yayesa si keras kepala dan ego setinggi langit bisa sejatuh itu sama satu cewe. Gue penasaran banget apa yang yang cewe itu punya, dan gue engga.
Yesa diem, dia mikir. Menerawang jauh dan sialnya gue suka liat mimik wajahnya ini. matanya yang lihat ke atas buat gue berani natap dia dalem dalem.
Dia geleng. "gue gatau. Suka aja. Dia cinta pertama gue."
Cinta pertama ya?
Oke gue ngerti. Cewe itu punya masa lalu Yesa. Sesuatu yang ga bakal bisa gue dapetin sekeras apapun gue berjuang.Berjuang? Ga tau kenapa tiba tiba dada gue berdetak kenceng banget. Padahal gue lagi duduk bukan lari. Kenapa sakit ya, gue ga terima aja dengernya. Cinta pertama Yesa ga perlu punya apa apa buat dapetin cinta Yesa. Cukup dateng ke hidup Yesa, terus ngambil semua cintanya sampek ga tersisa satu pun.
Ga tersisa sedikitpun, buat gue.Gue kalah. Gue ngaku. Perasaan gue udah mulai kacau di bulan ketiga gue kenal Yayesa pratama.
****
setelah mutusin ga nulis lagi. dengan random, penuh kegalauan tengah malem gue memutuskan buat nulis lagi. menyalurkan semua kegundahan hati gue didalem sini
siapapun yang baca ini jangan berharap banyak. karna gue moodyan. gue ga yakini ini cerita bisa tamat wkwk
KAMU SEDANG MEMBACA
tiba tiba
Teen FictionGue ngga tau sejak kapan cerita ini dimulai. Kayak tiba tiba aja kejadian. Tiba tiba gue yang sadar kalau gue baper sama dia. Tiba tiba confess dan tiba tiba kisah kita jadi serumit ini. "gue suka sama lo." Yesa ketawa. Ketawanya ngejek banget kaya...