Cintai Dirimu

9 0 0
                                    

Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Semua yang ada dalam diri manusia sudah begitu indah dan cantik. Tiap-tiap bagian pun mempunyai fungsi masing-masing.
Seperti kaki untuk berjalan, tangan untuk memegang, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, mulut untuk berbicara, makan dan minum, juga bagian-bagian yang lainnya.
Semua itu Allah berikan untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Dan kita sebagai manusia yang sudah diberi kesempurnaan itu wajib untuk merawat sebaik-baiknya.

Cintai dirimu, sayangi dirimu dan rawatlah dirimu. Itu adalah semboyan yang harus kita pegang.
Adapun hadist tentang merawat diri adalah "Kebersihan sebagian dari iman". Dimana dari hadist itu dijelaskan bahwa Allah SWT menyukai orang yang bisa menjaga dan merawat dirinya.
Merawat diri juga bentuk dari rasa syukur kita terhadap Allah SWT.
Banyak orang yang asik dengan kehidupannya tapi lupa akan merawat dirinya sendiri.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merawat diri.
Untuk tubuh, kita harus selalu membersihkannya setiap hari dengan cara mandi setiap hari sehingga badan kita selalu bersih dan tidak berbau, mandi juga salah satu cara menjaga kesehatan. Jika badan kita bersih maka InsyaAllah kita akan terhindar dari penyakit kulit seperti gatal, kudis, dan semacamnya.
Makan makanan yang begizi dan tidak berlebihan, banyak mengkonsumsi air putih juga bentuk dari merawat diri.
Olah raga yang cukup dan tidak memakan makanan yang diharamkan oleh Allah SWT.

Selalu berpikir positif juga salah satu cara dari merawat diri.
Apabila kita selalu berpikiran positif maka kita akan terhindar dari racun iri dan dengki. Itu akan menenangkan hati kita, sehingga kita akan selalu merasa bahagia.
Adapun berwudhu juga merupakan cara merawat diri. Rosulullah mengajarkan kepada kita untuk menjaga kebersihan dan kesucian. Berwudhu setiap hari akan menjadikan wajah kita tampak cantik/ganteng dan bercahaya.

Seperti bunga, jika kita merawatnya dengan baik maka dia akan tumbuh mekar dan cantik. Sama hal nya dengan diri kita, jika kita bisa merawat diri kita dengan baik, baik itu secara fisik, pikiran, hati dan lisan, maka akan memberikan kebaikan di dunia dan akhirat.
Aamiin...

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 15, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Cintai DirimuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang