Awal ; Keluarga Pak Dega

73 9 0
                                    

𝅙𝅙𝅙

𝅙𝅙𝅙

"Bunda, tontonannya Mas Rio ga ada mutunya, kan?" celetuk Adit yang sedang ndeprok di lantai dengan memakan tempe kemul hangat yang baru saja Bunda masak tadi.

"Ga mutunya disebelah mananya?" tanya Rio sembari menjewer telinga adiknya sampai membuat Adit berteriak memohon untuk dilepaskan dari tangan jahanam Rio.

"Mas. Adeknya ga boleh digituin," ucap Bunda sembari menarik tangan Rio dari jangkauan telinga Adit. Yang dijewer menoleh kearah Rio dan menjulurkan lidahnya. Sedang Rio hanya membalas dengan mendelik kepada Adit.

"Lo bilang begitu biar diganti ke Omar Hana, kan?" Si sulung terus berbicara sampai mulutnya disumpal dengan tempe kemul oleh bungsu.

Bisa bisanya cowok kerjaannya ngomel mulu, itu yang Kinan katakan dulu saat Rio memergoki Joko sedang mencakar buku catatan pemuda itu dan sepanjang hari Rio selalu mengomel ketika Joko berada dalam jangkauan pandangannya.

"Ga papa Omar Hana, daripada tontonannya Arkan." Adit menjeda kalimatnya guna menarik napas dalam-dalam. "How can i help–ADUH SAKIT ARKAANN!!"

Suara teriakan lakik Adit mengundang gelak tawa seluruh anggota keluarga sore itu. Kecuali Bunda, beliau hanya menggelengkan kepalannya kedua putra bungsunya.Berbanding balik dengan Rio yang sudah melepaskan tawanya setelah Arkan meninju paha malang Adit dengan sepenuh tenaga. anehnya, Hasan yang biasanya terlihat kalem, kini ikut tertawa di samping Rio.

"Mas Hasan gitu, ngetawain gue," cicit Adit sembari menatap pahanya yang masih terasa nyut-nyutan.

"Makannya Arkan gausah dijahilin. Udah tau kan kalo akibatnya gimana?" kata Bapak setelah kedua putra sulung meredakan tawa. Adit yang diberitahu hanya memanyunkan bibir mendengankan Bapak.

Ia melirik kesampingnya dan memeluk Kinan. "Gue kudu ottoke, Kinaan." Adit bergelayut manja bak anak kukang yang sedang mengantuk dan mencari dahan untuk bersandar. Kemudian Adit memnenggelamkan wajahnya pada leher adiknya.

Kinan hanya tertawa melihatnya dan berucap, "Jangan jahil kalo gitu."

***

Ndeprok :: Duduk dilantai
Tempe kemul :: Nama lain mendoan (tempe goreng yang dikasih tepung)

***

𝅙𝅙𝅙

𝅙𝅙𝅙




𝅙𝅙 © jjoglasseu, 9 Mei 2022
𝅙𝅙𝅙

Aditya PramanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang