"Aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta awak kapalku akan terkutuk selamanya!"
~ - ; ––– ; - ~
Namanya Van der Decken.
Dan seharusnya, dia sudah tiada.
~ - ; ––– ; - ~
Old lady with a barrow; life near ending
Standing by the harbour wall; warm wishes sending
.
één.
Hendrik Van der Decken.
Pongah tak terkira, pemabuk, temperamental, tiada dermawan, pula menjadikan daratan sebagai benih utama bahan resep pantangan.
Dia adalah kapten yang melawan Tuhan, membelot dan hanya berpihak pada irama dentingan setan. Dilarang berlabuh adalah suatu hukuman. Dan lagi, ia beserta seluruh awak lanun diharuskan bersatu dengan alam–berlayar mengarungi tujuh lautan.
Kontras dia tetap melakukan–sampai bumi temaram.
Yar! Dia tuan yang susah karam!
.
Konon katanya, dari gadis kurang asupan makan hingga penakluk singgasana bangsawan, tidak ada yang mengetahui rentetan katalis kebenaran–
–tetapi banyak orang mengaku memiliki banyak kejadian aneh yang bisa dijadikan definisi konkret pengalaman.
.
Children on the cold sea swell–
Not fishers old men–
Gone to chase away the last herring; come empty home again
.
twee.
Baiklah. Ayo ulangi dongeng ini dari awal.
Flying Dutchman.
Kapal perompak agung. Berlayar dari tanah Belanda menuju Batavia tanpa sedikitpun bantuan dari panjatan doa.
Karena kabarnya, sang kapten membuat kontrak sakral dengan pemimpin petualang neraka. Menggadaikan jiwa untuk kecepatan laju kapal yang kelewat luar biasa.
Memang janggal dicerna; tapi itu semua nyata.
Penggal kepalaku kalau kalian tidak percaya.
.
Kenapa?
Aku adalah awak kapal paling tua–maksudnya, paling lama yang bertahan di sisi kapten durjana.
Aku yang paling mengetahui sifat kapten luar dan dalam. Bahkan aku selalu bersamanya, di atas geladak, melawan ombak–sampai yang privasi dari kamar tidur dan kamar mandi.
Jangan bertanya mengapa. Aku hanya menyayanginya, aku akan selalu setia berada disampingnya dalam pelayaran yang bahkan sangat berbahaya.
–Tapi sayangnya,
Aku ini seperti hujan yang hanya ingin dicinta. Tapi kebetulan, Kapten selalu menggerutu menunggu reda.
.
So come all you lovers of the good life
On your supermarket run–
.
drie.
1641.
Bendera Vereenigde Oost-indische Compagnie.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Flying Dutchman
Historical FictionMari segera duduk di barisan terdepan; sembari silakan menyesapi secangkir teh yang sudah kami sajikan. Saya akan membawakan suatu mitos ketika abad masih terhitung belasan; tentang bahtera yang mengandung sebongkah kutukan. Legenda yang tak perna...