BAB 1 PRESENT TENSE
A. Fungsi
1. Digunakan untuk menyatakan masa sekarang.
Example:
A: What do you do?
B: I am a teacher.
(Pada sekarang ini atau masa ini, dia bekerja sebagai seorang guru).
2. Digunakan untuk menyatakan rutinitas atau aktivitas.
Example:
I go to mosque every Friday.
(Rutinitas adalah kegiatan yg dilakukan secara berulang-ulang. Setiap hari jumat, dia pergi ke mesjid.)
3. Digunakan untuk menyatakan fakta.
Example:
The sun rises at the east.
(Fakta adalah statement yang tidak bisa kita bantah. Karena sudah memiliki bukti yang nyata dan jelas. Jadi tak seorangpun bisa mengubahnya.)
B. Jenis Kalimat & Rumus
Di Simple Present Tense kita mengenal kalimat nominal dan verbal.
1. Nominal
Bentuk kalimat yang memakai to be (is, am, are) diikuti kata sifat dan kata benda. Setelah meletakkan to be, jangan pernah meletakkan kata kerja.
Example:
I am a student. ✅
I am study. ❌
2. Verbal
Bentuk kalimat yang tidak memakai to be (is, am, are). Setelah subject, langsung diletakkan kata kerja. Di kalimat negatif dan introgative, juga tidak pernah memakai to be sebagai teman dari no. Melainkan do dan does.
Example:
I go to school. ✅
I am go to school. ❌
I do not go to school. ✅
I am not go to school. ❌
Okay, sampai disini dulu. I will be continuing the next note of this tense. I know I cant give you the whole material in one section. Because it must be done step by step to make learners understand.
If i do mistakes for my note, you can comment or critic or correct it. Or maybe, if you find this note is unclear for you. You can ask me by commenting.
Happy studying! See you on the next chapter!
KAMU SEDANG MEMBACA
16 English Tenses
RandomIn this book, you can learn 16 English Tenses, from the definitions, sentence formula, and exercises. Happy learning!