Corak Baru Tokek Leopard

3 0 1
                                    

Tokek Macan Tutul (Leopard Gecko) itu sunguh menawan dan unik. Warna yang mencolok sunguh enak dipandang dan unik. Tokek macan tutul bisa dikembangkan coraknya dengan melakukan morph. Morph Emerine tidak akan ada habisnya dikembangkan terus menerus. Morphsudah beredar sejak 2012 di Indonesia. Di kota Samarinda tokek juga dianggap mistik.

Tokek macan tutul yang berumur 2-3 bulan dengan panjang 15cm bisa dibandrol sampai 300.000Rp/per ekor. Tokek Leopard merupakan salah satu tokek terbesar di antara golongannya. Tokek betina berukuran panjang antara 18 sampai 20 cm dengan berat badan antara 50 hingga 70 gram, sementara tokek jantan berukuran lebih besar, panjangnya antara 20 sampai 28 cm dengan berat antara 60 sampai 80 gram. Tokek Leopard memiliki ekor berbentuk menyerupai daun. Kulitnya kasar dan berbintik-bintik dengan warna dasar tubuh kuning pucat atau kuning lemon dan dihiasi bintik-bintik besar tidak beraturan berwarna hitam pada seluruh tubuhnya (kecuali tubuh bagian bawah dengan bintik yang lebih pucat atau tidak sama sekali) dari kepala hingga ekor.

Matanya ada yang berwarna hitam pekat, putih, dan lain lain. Warna dasar tubuhnya bisa bervariasi mulai dari kuning, kuning kecokelatan, cokelat muda, oranye, atau kemerah-merahan, sedangkan bintik-bintiknya biasanya hanya berwarna hitam atau cokelat gelap. Tokek Leopard tersebar di dataran rendah mulai dari Iran timur dan tenggara, Afganistan, Pakistan, hingga India bagian barat laut. Habitat alami tokek ini adalah daerah berbatu, padang rumput, serta daerah berpasir. Tokek Leopard aktif pada malam hari. Di wilayah yang sejuk, tokek ini menjadi tidak aktif pada musim dingin. Mereka memilih berhibernasi di sarangnya. Tokek yang dipelihara biasanya aktif pada saat memerlukan makanan saja dan lebih banyak beristirahat. Makanan kesukaannya adalah Seranga kecil seperti semut, kecoak, kumbang, belalang, dan larva-larvanya. Tokek ini juga menyukai cacing. Tokek peliharaan lebih memilih untuk memakan makanan hidup, walaupun kebanyakan pemilik memberi makanan yang sudah mati.

Sama seperti cicak, saat terancam musuh, leopard gecko akan memutuskan ekor atau melakukan autotomi untuk mengelabui musuh. Makanannya, binatang kecil seperti jangkrik, cacing, dan serangga kecil lainnya. Ia lebih banyak mencari makan di malam hari. Sementara di siang hari ia tidur untuk menghindari panas dan mengumpulkan tenaga. Sebulan sekali leopard gecko akan berganti kulit. Satu atau dua hari sebelum ganti kulit, warna kulit binatang itu akan berubah jadi abu-abu atau putih. Kulitnya yang sudah lepas, biasanya akan dimakan.berbeda dengan tokek rumah, Leopard gecko tidak bersuara "tokeeek...." Binatang ini juga tidak bisa berjalan di dinding karena hanya memiliki sedikit kandungan perekat lamel pada kakinya.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Nov 02, 2022 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Corak Baru Tokek LeopardWhere stories live. Discover now