“Anak perawan kok baru bangun ? Padahal masih subuh lho Nyah, tanggung—“ Mami mendelik sinis, ketika mendengar derap langkah yang di lihatnya ternyata sang anak yang baru keluar dari kamar.
Loli berdecak, menggulung rambut ke atas dan ia ikat asal.
“Kaya tau aja aku masih perawan Mi” Cibir Loli, sambil tangan nya mencomot potongan tempe orek.
“Astagfirullah Loli ! Mulut mu itu lho ! Untung Mami gak punya serangan jantung—“ Plak, Mami menggeplak punggung tangan Loli yang tengah mencomot potongan tempe orek “Gak sopan, pake sendok !”
“Nyicip Mi...”
“Si Cucun itu, mau nikah minggu depan, Raisa juga Mami denger mau di lamar sama Raffi” Mami berucap lalu mengerling sejenak, Loli sudah tau kemana arah pembicaraan sang Baginda Ratu dari segala Ratu.
“Ya terus ? Salah aku gitu kalo mereka mau pada mau nikah ?”
Loli mengambil gelas dan ia isi dengan air dingin, lantas ia teguk sampai tetes terakhir. Berbicara dengan Mami butuh dengan kepala dingin.
Loli duduk, melipat tangan di meja makan, memperhatikan Mami nya yang mondar mandir di dapur.
“Mami juga kepengen punya mantu, kamu mau kapan ?”
Mami melirik lagi, lanjut membuka kulkas, mengambil beberapa terong ungu untuk ia iris.
“Mami itu lho, iri-an, waktu itu Tante Maryam beli Dispenser, mami beli juga, Bu Warsih beli guci, Mami ikutan beli gentong, terus Bu Halimah nikah, mami misuh-misuh pengen ganti suami—
“LOLI !!!”
Loli menyengir “Becanda Mi.. lagian kalo bener mami mau ganti suami, mana ada yang mau, kalau tau Mami kaya apa,. Papi aja kalo gak kena jampi-jampi mami udah minggat bawa baju yang di buntel pake sarung” Loli berucap geli membayangkan papinya, kalau beneran minggat dengan membawa baju yang di bungkus dengan kain sarung, seperti maling-maling jaman dulu.
Mami memukulkan pisau nya, dengan mata yang menatap tajam Loli.
“Mami serius ! Kapan kamu mau kenalin pacar kamu sama mami dan papi–? Mami udah gak sabar gendong cucu”
Kali ini giliran Loli yang mendelik, kalau di pikir-pikir, ia seperti perawan tua yang terus di desak buat nikah.
Baru juga dua puluh empat tahun, ck! Ibu nya ini benar-benar.
“Kan aku dah bilang ama Mami, aku di jodohin aja ama Mr. Jo Mi” Loli menatap Mami nya sendu, seakan-akan memberikan jawaban terbaik atas keresahan Mami nya.
“Yang bener aja kamu! Mr. Joko udah delapan puluh lima tahun, seumur nenek kamu! Mau kamu nikah sama aki-aki peot ? Mami ogah Loli, punya mantu aki-aki. Yang waras kamu, gustii.. Mami Cuma mau gendong cucu,”
“Ya itu dia, gampang kan, mami tinggal gendong Tante Hikmah atau Om sandi. Atau kalo mau mami juga bisa timang-timang mereka, tante Hikmah sama Om sandi kan cucu nya Mr. Jo.” Jelas Loli tanpa beban.
“Paling kalo aku nikah juga Cuma sehari atau dua hari, orang Mr. Jo kan kemarin aku denger udah sering di ngajiin gitu, terus ya Mr. Jo kaya kan Mi, sawah nya banyak, aku juga pasti dapet warisan. Entar juga Mami pasti kebagian—
Plak !!
“Ngawur kamu !”
“Shhh... KDRT sih Mi” Loli mengusap-usap tangan yang kembali di geplak Mami.
“Mami tadi ketemu Umi waktu belanja di Mang Alek. Duuuh ya, Umi keliatan bahagia gitu, Raisa mau di lamar.” Mami menjelaskan sesekali menerawang dengan senyum mengembang. Seperti perasaan bahagia yang di rasakan umi menular juga untuk Mami.
Rumah Loli dan Raisa memang bersebelahan, makanya tak heran, Mami dan Umi begitu akrab.
“Kamu udah tobat kan, gak ngajarin aneh-aneh lagi sama Oca ?”
Tanya Mami sambil menyalakan kompor, menuangkan sedikit minyak untuk di gunakan menumis bumbu, sebelum memasukan bahan utama.
“Ngajarin aneh-aneh apa sih Mi ? Kaya aku ini orang jahat aja !” kilah Loli, kembali mencomot tempe yang tersaji di hadapan nya.
“Ck ! Pake sendok itu lho, kebiasaan kamu !”
“Mami malu sama Pak Ardi. Untung Oca gak sampai Over Dosis gara-gara ngemut kamper Wc!”
Uhuk !!
Loli langsung tersedak, wajah nya terlihat memerah karena batuk-batuk.
“Kan.. kan.. makanya jangan ngajarin hal-hal sesat sama anak-anak. Kualat kan !” Mami berceramah, meski begitu ia tetap mengambilkan air minum dan menyodorkan kepada Loli.
“Minum ini”
“uhukk...” Loli masih batuk-batuk, tapi tangan nya meraih gelas yang di sodorkan Mami.
“Uhuk— bukan sa—uhuk. Bukan salah aku Mi, tuh si Oca kan gak bisa diem banget di kamar aku. Lari ke sini, lari ke situ, ambil ini ambil itu. Dia bawa-bawa kamper, gak tau lagi aku tuh kamper dapet dari mana., tanya ini permen bukan, padahal udah aku jawab lho Mi, tapi tuh bocah ya masih terus nanya. Mana aku lagi pusing, malah di titipin gangsing begitu!”
“Ya terus kenapa kamu iyain juga kalo itu permen ? Jadi nya dia emut, untung ketauan sama Umi. Kok katanya mulut Oca bau kamper Wc”
Loli tak bisa untuk tidak tergelak “Aku udah bilang bukan, malah nanya terus. Emang mau nya di iyain itu anak. Ya aku iyain aja, orang dia kan liatnya itu kamper warna warni gitu”
Mami mendengkus, untung saja Loli tidak di laporkan oleh orang tua Oca. Dan untung saja waktu itu Oca tidak kenapa-kenapa, karena kamper nya belum sempat di telan hanya di emut saja.
Mami memasukan bahan masakan tadi, setelah melihat air di panci sudah mendidih. Hari ini Mami membuat sayur asam request an Suaminya.
“Maaf bu” Bi Surti, Asisten rumah tangga menghampiri Mami dengan sopan.
Mami membalik badan, “Kenapa bi ?”
“Maaf bu, anu maaf, itu di luar ada tamu”
“Siapa bi ?”
“Maaf bu, emm maaf Bibi gak tau”
Mami mengangguk, dan menyerahkan tugas masak nya kepada Bi Surti.
“Bibi tolong lanjutin ya, saya ke depan dulu, itu masih ada sebagian sayur nya depan Loli”
Bibi mengangguk, lantas Mami berjalan menuju ke depan untuk melihat tamu yang di katakan Bi Surti.
Bi Surti pun juga beringsut mendekat ke arah Loli, untuk mengambil sayur yang sebagian belum di masukan ke dalam panci.
“Maaf Neng Loli” ucap Bi Surti sambil membungkuk, tangan kanan nya hendak mengambil tomat yang berada di depan anak majikan nya.
“Iya bi sama-sama, saya juga minta maaf ya” Ucap Loli tulus, membuat alis bi Surti mengerut, namun lantas mengangguk cangguk.
Bi Surti memang asisten rumah tangga baru, dia baru satu bulan bekerja di rumah orang tua Loli, menggantikan Mbok Sinem yang mengundurkan diri karena merasa tubuhnya sudah tidak fit untuk di ajak bekerja.
KAMU SEDANG MEMBACA
TERJERAT
ChickLitDirga, tersandung masalah akibat ulah nya, lantas orang tua nya yang paranoid takut akan keselamatan Dirga, meminta Dirga untuk menikah secepat nya ? Apakah Dirga akan menuruti perintah orang tua nya dengan pemikiran kolot mereka ?