baca sambil dengerin lagu kuno ☝️
ABAD KE-16
bangsa Eropa banyak yang datang dan singgah di nusantara. Pada awalnya, kedatangan bangsa asing tersebut hanya untuk berdagang rempah-rempah, tetapi lambat laun bangsa asing semakin serakah. Mereka menerapkan kolonialisme dan imperialisme untuk mendapatkan kekayaan alam di nusantara.
Tujuan politik kolonial yaitu menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni untuk kepentingan industri negara-negara kolonial.tindakan kolonialisasi dan imperialisasi memberikan dampak negatif yang besar dalam berbagai bidang baik politik, ekonomi, ataupun sosial, sehingga memunculkan perlawanan kepada negara kolonial di berbagai daerah.
PERLAWANAN BANGSA INDONESIA
bangsa Indonesia memiliki ciri antara lain perjuangan bersifat lokal dipimpin oleh tokoh-tokoh karismatik seperti bangsawan atau tokoh agama, bersifat sporadis atau musiman. Namun, perlawanan semacam ini selalu gagal dan dapat diberantas oleh penjajah.
Oleh karena itu, pergerakan nasional dapat didefinisikan sebagai gerakan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan organisasi yang teratur dan bergerak di bidang sosial, politik, budaya, serta pendidikan dengan nusantara sebagai jangkauan wilayah aksinya.
Masa pergerakan nasional di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi-organisasi pergerakan. Masa pergerakan nasional dibagi dalam tiga tahap⚠️1. Masa pembentukan (1908-1920), berdiri organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij. Organisasi Budi Utomo yang lahir pada tanggal 20 Mei 1908 menjadi tonggak permulaan pergerakan nasional di Indonesia.
2. Masa radikal atau non kooperasi (1920-1930), berdiri organisasi Partai Komunis Indonesia (PKI), Perhimpunan Indonesia (PI), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).
3. Masa moderat atau kooperasi (1930-1942), pada masa ini berdiri organisasi seperti Parindra, Partindo, dan GAPI, serta organisasi keagamaan, organisasi pemuda, dan organisasi perempuan.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
untuk menambah wawasan. dan tolong dimaklumin kalo ada kata yg salah ( Typo) . lanjut GK nich?
KAMU SEDANG MEMBACA
SEJARAH INDONESIA!
Non-Fictionberkisah tentang sejarah masa lalu Indonesia melawan penjajah Belanda dan Jepang dan invasi terhadap Indonesia dan banyak hal lagi tentang masa lalu tanah air kita hingga teragendi lobang buaya ⚠️ . . search : gambar google battle of Surabaya