Chapter 5

315 45 7
                                    

Naruto belongs to Masashi Kishimoto

Story owned by bibliophileemily on ffn

🕊🕊🕊

Saat itu hujan. Hujan turun hampir sepanjang bulan. Ino merasa langit sedang menangis. Langit telah menangis terlalu lama, menangis dengan air mata yang tak bisa ia keluarkan.

Semua hal dipertimbangkan, jumlah korban untuk perang dengan skala yang cukup besar, tetapi statistik itu tidak penting ketika Ino masih pulang ke rumah setiap malam untuk mendapati tempat ayahnya di meja makan kosong.

Awalnya, ia hampir tidak tahan untuk mendekati toko bunga itu; ia memiliki terlalu banyak kenangan tentang ayahnya di balik meja kasir. Namun, menguburkan orang mati berarti ada pemakaman dan kuburan baru yang harus dihadiri, dan kuburan yang baru membutuhkan bunga-bunga segar. Ibu Ino tidak bisa melakukan pekerjaan itu sendirian—ia dan Inoichi selalu berkolaborasi dalam segala hal—jadi Ino menghadapi kesedihannya secara langsung dan terjun ke dunia kerja.

Hal itu menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan sehingga Ino hampir tidak punya waktu untuk mengobrol dengan pelanggan—ia mengambil, menjual, dan memenuhi begitu banyak pesanan bunga lili, mawar, dan forget me not—sampai-sampai ia hampir melewatkan sebuah nota pesanan yang meminta sekuntum bunga di minggu terakhir bulan Desember.

Ino tahu itu dari Neji bahkan sebelum ia melihat namanya; pria itu telah menulis surat sebelumnya dan meskipun ia tidak mengenali tulisan tangannya, ia tidak tahu siapa lagi yang akan mengalamatkan kartu kepada 'Hinata-sama'.

Amplop itu tidak tersegel. Ino berusaha keras untuk tidak membacanya, tapi ia hanya bertahan selama satu hari sebelum ia mengeluarkan surat itu dan membacanya.

Yang mengejutkannya, ada sebuah catatan yang terselip di atas surat yang sebenarnya ditujukan kepadanya. Dengan cepat ia membuka surat itu dan mulai membacanya.

Ino,

Jika kau membaca surat ini, berarti kau sudah mati... atau mungkin aku. Jika yang terakhir, kukira tidak ada salahnya bagimu untuk membaca semuanya. Ini sangat pribadi, tapi kau selalu mengabaikan batasan yang telah kubuat untukmu.

Sebenarnya, surat ini tidak akan ditulis jika bukan karena kau, jadi mungkin kau berhak membacanya. Anggap saja sebagai ucapan terima kasih untuk semua yang telah kau lakukan untukku selama lima tahun terakhir.

—Neji

P.S. Tolong ambil catatan ini sebelum memberikannya pada Hinata-sama!

Ino sudah berkaca-kaca membacanya, tapi kemudian ia membuka surat yang lainnya.

Setelah selesai, ia berlutut dan menangis. Ia menangis begitu keras hingga amplopnya hampir basah dan harus memegangi amplop itu di depannya sambil berusaha menenangkan diri. Ia tidak berhenti sampai waktu menutup toko dan ibunya masuk untuk membantunya.

"Ino, kau tidak apa-apa?" Tanya ibunya. "Ada apa? Kau butuh waktu sendiri?"

"Tidak apa-apa, Bu," kata Ino. "Hanya saja... besok aku harus melakukan sesuatu yang sangat, sangat berat."

...

Keesokan paginya hujan masih turun. Ino menyelipkan kirimannya di balik jas hujan dan berlari ke kompleks Hyuuga. Pria di pintu gerbang mengenalinya dan langsung membawanya ke kamar Hinata.

Hinata sedang duduk di mejanya, dengan buku kumpulan bunga-bunga yang telah ditekan terbuka di depannya. Ino tahu dari bunga-bunga yang ia lihat bahwa itu adalah halaman yang didedikasikan untuk Neji; ia menarik napas dalam-dalam—ini akan menjadi lebih sulit dari yang ia perkirakan.

The Language of FlowersTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang