Bab 8
Jawabannya
Teriknya matahari musim panas menyinari dedaunan pohon Chaiyaphruek, terpantul pada pipi bening Pilantita yang sedang duduk di kursi besi bercat putih di bawah naungan pohon besar yang luas.
Halamannya tampak seperti dihiasi sisa- sisa bunga Chaiyaphruks berwarna merah jambu pudar yang berubah menjadi hampir putih di bawah pohon. Di pohon, bunga berwarna merah jambu dan merah tua bermekaran dengan indah di antara dedaunan hijau menunggu untuk berubah warna menjadi putih pucat dan mengering, terjatuh tanpa tujuan dan terpuruk dalam siklusnya.
"Nyonya Pin... ini dia."
Wajah tegas Putri Padmika tampak jauh lebih rileks saat ia duduk di kursi yang berhadapan dengan keponakannya.
"Ya."
Lady Pin menjawab bibinya sambil tersenyum kecil seperti biasanya.
"Apakah kamu melucuti Maprang?"
Putri Padmika memandangi tumpukan Maprang berkulit kuning dan mangkuk bening besar yang menampung lebih dari separuh air di depan Lady Pin untuk beberapa saat lalu bertanya.
"Ya, Bibi."
Dia selalu menyimpan kata- katanya saat berbicara dengan bibinya.
"Sekarang...kamu pandai melucuti. Dulu aku harus memegang tanganmu untuk melucutinya. Kita sesuka hati menyia- nyiakan banyak Maprang sampai kamu bisa membuat semuanya."
Putri Padmika memandangi pisau ukir kuningan di telapak tangan halus Lady Pin dengan binar bangga di matanya setelah melihat pola di permukaan Maprang yang cerah, bisa ditebak Lady Pin sedang menggoreskan pola kerang.
"Tapi kenapa kamu menyiapkan begitu banyak garis? Apakah kamu memakan semuanya? Hanya ada kita berdua di Istana ini."
"Aku... hanya membuatnya untuk berjaga- jaga."
Pilantita menundukkan kepalanya, pipinya yang halus bersinar merah muda cerah bersaing dengan Maprang yang sudah matang.
"Untuk berjaga- jaga... Begitu kah?" Alis Putri Padmika terangkat tinggi karena telah meramalkan sesuatu. “Apakah kamu berniat menyenangkan hati Putri Anilaphat?”
Meski suaranya terdengar halus dan tidak ada tanda- tanda kebencian, Lady Pin segera menundukkan kepalanya tanpa berpura- pura.
"Saya tidak terlalu spesifik, Bibi. Tetapi jika Putri Anilaphat datang, saya akan minta segelas Maprang bergaris dalam sirup untuk dipersembahkan kepadanya. Putri Anilaphat sangat menyukainya."
“Tapi sepertinya dia lebih suka jajan di dekat gudang kayu bakar,” kata Putri Padmika sambil tertawa.
"Dia sangat nakal."
Lady Pin nyengir kecil mengingat sikap berapi- api Putri Anilaphat dan Prik saat menikmati perancis Mu Sarong hingga bibinya memergoki mereka basah kuyup.
“Seandainya Putri Anilaphat tidak ada di sini…” Mata tajam Putri Padmika meredup merenung sejenak, dan akhirnya berkata dengan suara pelan yang terdengar. "Salah salah dalam dua bulan ke depan...Dia tahu bahwa semakin cepat, semakin baik bahasanya."
Tampaknya suara Bibi Pad yang bergema dengan jelas menjadi angin sepoi- sepoi yang membuat Lady Pin tidak dapat memahami bahkan setengah pesannya.
Pilantita fokus pada 'Dua bulan ke depan', yang ada dalam pikirannya dan sulit untuk dihilangkan dengan mudah.
“Ya ampun, Nona Pin! Kamu terlihat sangat pucat, apakah kamu akan pingsan?”
Putri Padmika memandangi wajah kecil Pilantita yang pucat dan tangan kurusnya yang tergenggam erat pada pisau ukir kuningan. Dia kemudian begitu khawatir sehingga dia harus meletakkan tangannya untuk menyentuh lengan keponakannya dengan sepenuh hati.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Royal Pin (PinPak)
FanfictionUntuk kalian yang memiliki rasa ingin tau tinggi tentang film baru @Freenbeck tapi terhalang dengan pemahaman berbahasa Inggris, mochi berniat untuk memberikan secarik kebahagiaan untuk kalian dengan membantu menerjemahkan novel mereka. Happy readin...