_~_

9 1 0
                                    

Takdir hidup setiap makhluk tidak ada yang tau. Kadang kita sebagai manusia terlalu menaruh kepercayaan kepada orang lain sampai lupa untuk menaruh kepercayaan pada diri kita sendiri.

Hubungan darah atau ikatan apapun itu belum bisa menjamin bahwa seseorang itu tidak akan pernah menyakiti hatimu dan menusuk mu dari belakang.

Terkadang bahkan orang asing bisa lebih mengerti dan menghargai kita dibandingkan orang yang jelas jelas dekat dan mempunyai hubungan dengan kita.

————————————————————

Kehangatan dan sebuah kasih sayang serta kenyamanan tidak hanya datang dari keluarga dan orang terdekat.

Terkadang orang asing pun bisa memberikan kita kehangatan dan kasih sayang yang sama walau tidak saling mengenal.

------------------------------------

Sejatinya rumah bukan hanya sekedar bangunan yang ditempati kita untuk berlindung dari ancaman cuaca bumi.

Tapi, "rumah" juga bisa menjadi istilah untuk seseorang yang selalu ada untuk kita dan selalu percaya pada kita dan menerima kekurangan kita, tak pernah menghakimi dan memberi ruang kenyamanan untuk kita.

------------------------------------

Manusia adalah mahluk egois yang sangat menjunjung tinggi ego mereka. Mereka bahkan sering kali menyudutkan seseorang tanpa mau tahu kebenaran nya.

Jika orang tersebut terbukti tidak bersalah, mereka hanya acuh dan tidak meminta maaf. Bahkan ada beberapa manusia yang menghakimi manusia lain dan selalu berlindung di balik kata "Baper" .

Bagi manusia, mengucapkan kata maaf untuk keluar dari mulut mereka sangat lah susah. Menjelekan orang lain dan menghina kekurangan orang lain tanpa melihat diri mereka sendiri, itulah manusia.

Manusia adalah perwujudan dari mahluk paling kejam dan sadis yang sesungguhnya. Bahkan iblis dan setan pun tidak memiliki sifat seperti mereka.

Egois, serakah, licik, haus kekuasaan serta sadis adalah sifat alami manusia. Iblis dan setan bahkan suka dengan manusia Karena ini, jadi yang membuat manusia menjadi seperti ini bukan iblis atau setan, melainkan diri mereka sendiri.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Manusia yang sanggup mengatakan maaf dan menyadari kesalahan mereka serta tidak pernah menghakimi manusia lain tanpa mengetahui kejadian yang sebenarnya adalah manusia yang suci.

Tulus meminta maaf dan membantu sesama mereka tanpa pamrih adalah sifat langka yang dimiliki oleh manusia.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 12, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Suffering and freedomTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang