Kota kecil dipinggiran provinsi Jawa Barat, memiliki sebuah kisah pilu mengenai seorang anak laki-laki yang dipaksa oleh keadaan untuk menjadi setegar batu karang.
Atmaja Gumilar, atau biasa di panggil Agum. Anak laki laki pemalu dengan tinggi 180 cm itu harus mengawali paginya dengan hanya menyeduh sebungkus mie instan yang sengaja hanya dia ambil kuahnya, lalu kemudian memasukkan mie nya kedalam kotak makan untuk dia bawa dan makan saat jam istirahat nanti. Kuah yang disisihkan tadi dia campurkan dengan nasi hangat dan memakannya dengan begitu lahap.
"Gum!! Teteh beli surabi, mau gak??" Teriak seorang perempuan muda dari luar rumah yang kini Agum tinggali bersama Ama nya.
"Mau teh, gantungin dulu aja di pintu. Nanti di bawa, nanggung lagi nyarap nih" balasnya
"Digantungin yah di pintu, nanti di bekel aja ke sekolah, udah sama gorengannya juga itu!!" Teriak Zia lagi
"Iya teh, makasih ya?!"
"Iya, teteh berangkat dulu, nanti kalo bisa pulangnya ke toko dulu ya, mau datang barang"
" Oke, makasih ya teh sekali lagi "
Sudah tidak ada balasan yang berarti teh Zia sudah beranjak dari halaman rumah Agum. Bukannya tidak sopan, Agum hanya enggan melihat tatapan penuh kasihan yang adik sepupu ibunya itu berikan. Tak terkadang, bibi yang biasa di panggil teteh itu menangis jika tau Agum masih melanjutkan kebiasaannya untuk memisah kuah mie.
Beranjak dari dapur, Agum buru buru mengambil surabi dari gagang pintu dan memindahkannya kedalam piring, agar Ama nya tidak curiga jika dia belum memakannya.
"Gum!! Nanti sebelum berangkat mampir dulu ke rumah nenek ya, kata si Kaka udah ada cenah uang bulanannya" interupsi mendadak dari Ama nya tak ayal membuat Agum terperangah dalam berdirinya. Agum buru buru membereskan surabi yang ada di piring.
"Surabi ma, dari teh Zia" tawar Agam
"Euleuh euleuh, Meuni kabeneran gini Ning?? Apalan wae si Zia mah Ama lagi gak masak teh" ujar Ama sembari menyomot satu buah surabi.
"Sok atuh gera dimakan, keburu siang Ari kamu teh" Ama menyodorkan piring yang berisi 2 buah surabi dan 2 buah tahu isi.
" Udah ma, tinggal bagian Ama itu mah. Agum dah kenyang banget ini mah" balas Agum sambil melengos pergi kearah pintu keluar.
"Ngambil nya ke rumah nenek apa di rumah teh Zia??" Lanjut Agam lagi dengan kedua tangannya yang sibuk mengikat tali sepatu.
Ama masih berkutat dengan surabi yang kini hanya menyisakan satu buah saja. Tangannya gak cuma diam, satu tangannya merogoh saku dan mengeluarkan uang 10 ribu dari dalamnya.
"Ada di rumah nenek kayaknya mah gum, da kata si Kaka nya juga udah dikirim berarti udah ada uangnya. Bensin kamu masih ada kan ya??"
"Ada, baru diisi" balas Agum cepat.
Agum sadar dan amat sangat tahu, uang sepuluh ribu itu adalah uang terakhir nya untuk bulan ini. Dan untungnya, selama beberapa hari ini, teh Zia sedang kedatangan barang dagangannya terus jadi Agum bisa sedikit bantu bantu yang tentunya dapet tambahan uang jajan sedikit sedikit.
"Nanti pulangnya mampir rumah nenek lagi ya, makan siang disana aja kamu" titah Ama.
"Iya, kalo nenek masak banyak nanti Agum bawain"
" Gak usah, nanti siang Ama mau ke tokonya si Zia aja, banyak makanan di sana mah" balas Ama dengan sengaja menyibukkan diri dengan mengangkut beberapa pakaian kotor dari bawah tangga.
" Yaudah atuh, nanti kalo teh Zia gak masak suruh WA Agum ya, biar Agum bawain makanan dari rumah nenek"
Dengan posisi sudah siap berangkat pun Agum masih sempat sempatnya membalas perkataan ibu asuhnya itu." Iya, udah buruan sana berangkat."
"He'em, Agum berangkat dulu ya, samlekum"
"Waalaikumsalam"
Rutinitas itu sudah biasa Agum jalani sejak ia masuk sekolah kejuruan. Perekonomian ibunya yang menurun jauh membuat ia dan sang kakak sedikit mengalami masalah uang bulanan. Namun sang kakak masih beruntung, karena ia diasuh oleh kakek dan nenek kandungnya yang merupakan seorang petani dengan sawah hektaran. Sedangkan Agum, Ama hanya seorang tukang cukur rambut rumahan yang jasanya hanya di pakai oleh para tetangga nya. Penurunan ekonomi yang dialami ibunya cukup membawa dampak besar bagi Agum. Bagaimana tidak, uang bulanan yang memang sudah dikurangi itu terkadang masih dipotong oleh neneknya untuk memenuhi kebutuhan kakaknya yang saat itu juga masih duduk di bangku sekolah. Tapi untungnya setelah Saya lulus, uang bulanan nya tidak pernah dipotong lagi oleh neneknya. Dan Agum pun masih bersyukur neneknya masih mau membantu untuk masalah beras dan uang jajan jika sewaktu waktu uang bulanannya habis di pertengahan bulan.
"Makan sama apa kak??" Tanya Agum begitu dia menyandarkan motornya di halaman rumah sang nenek.
" Tongkol, ada banyak tuh di dalem. Buruan ambil gih sekalian sarapan." Titah Sata.
"Nggak ah, aku dibungkus aja buat nanti siang. Udah sarapan soalnya."
Agum melangkah dan duduk disamping Kaka nya yang masih menikmati santapan sarapan paginya.
"Ibu udah ada transfer bulan ini belum, kak??" Tanya Agum
" Udah ada, tapi baru punya kakak aja. Punya kamu paling satu mingguan lagi katanya." Jawab Sata acuh
"Boleh buat Agum dulu nggak, kak?? Lagi butuh banget nih"
Sata menyimpan piringnya yang masih ada sisa setengah lagi itu ditengah tengah dia dan Agum.
"Lu gimana sih gum!! Lu juga kan tau gua lagi butuh, lu juga tau gua belum kerja. Ya sabar aja kenapa sih, lagian ibu juga bilang cuma telat ngirim seminggu elah!!" Balas Sata penuh menggebu.
"Kak, duit bulanan gue bulan lalu lu pake buat bikin SIM yang katanya mau lu pake buat daftar jadi driver, tapi nyatanya apa?? Sampe sekarang lu masih nganggur. Gue kurang sabar apa lagi sih kak?? Gue juga kasian sama Ama, tiap hari dia cuma makan surabi dari teh Zia, sedangkan elu?? Lu masih bisa makan enak tiap hari tanpa perlu mikirin besok masih Nemu makan atau enggak!! Elu mah enak, butuh duit tinggal potong jatah bulanan gue tanpa mikirin gue gimana kedepannya!!" Balas Agum tak kalah menggebu
"Serah lu dah, besok besok lu sendiri aja yang minta sama ibu, jangan minta tolong sama gue!!" Jawab Sata sembari memasuki rumah neneknya dan langsung menutup pintu dengan keras.
"Duitnya dulu kak!!! Gue butuh!! Kak!!!
TBC.
Bye bye bye 😘😘😘
KAMU SEDANG MEMBACA
Genggam
Teen Fictionkeluarga itu saling menyokong satu sama lain. selalu berpegang teguh pada kepercayaan, dan bisa di andalkan satu sama lain. "Kak, capek. Titip ibu ya" "Kakak juga capek, gum. Tapi jangan nyusul ayah dulu, temenin kakak dulu aja, ya?"