4

818 155 8
                                    



"malem cit, Gia disini gak? katanya mau kesini tapi gak pulang-pulang" Johnny manggil citra lewat pintu samping toko yang ada di teras rumahnya citra.

Citra yang lagi ngitung pemasukan di tokonya yang udah tutup itu kaget karena didatangi sama duda ganteng depan rumahnya tapi geser dikit.

"eh bang jo, iya tuh lagi makan sama deril. Masuk aja bang jo" kata Citra.

"permisi ya cit"

Johnny masuk ke dalam rumahnya Citra dan nemuin anaknya lagi makan sama anak tetangganya itu sambil nonton sinetron.

"geli banget der yang lu tonton tiap hari begitu"

"ih ini tuh lebih seru daripada dramanya si jeri sama Jane tau"

"idih gila lo"

"berisik anjir tuh lu gak liat dia mau dijorokin dari tangga"

"jatuhnya gak elegan banget"

"stop komen! konsentrasi gue terganggu!"

"nyenyenye~"

Gia nabok deril pakai tutup toples kerupuk karena sebel sama deril.

"Gia? ayo pulang, udah malem"

Gia sama deril noleh ke belakang di mana ada Johnny yang udah berdiri nungguin Gia selesai makan.

"bentar"

Gia buru-buru abisin sisa makanan di piringnya terus bawa piringnya ke dapur buat dicuci.

"gak usah dicuci giii! biar gue ajaaa! lo udah ditungguin om jo nih!"

"udah terlanjur!" kata Gia sambil keluar dari belokan yang menuju dapur di rumah deril.

"jajan lo gak ketinggalan kan?" deril ngingetin Gia biar gak kelupaan.

Bahaya kalau kelupaan, deril bisa-bisa dijadiin tumbal buat nganterin pakan beruang ngamuk itu. Kan ada pepatah lebih baik dimakan macan ketimbang dimakan beruang.

Gia goyang-goyangin kresek yang dia bawa dari dapur, abis disimpen di kulkas biar es krimnya gak mencair.

"aman bro, gue pulang ya! makasih makanannya!"

"makasih ya deril" kata Johnny sambil ngintilin Gia dari belakang.

Deril lambain tangannya "sama-sama om!"

Pas pakai sendalnya Gia ngintip pintu di tokonya mak e "mak e! makasih ya makanannya! selalu enak kayak biasanya"

Citra lambain tangannya ke Gia "sama-sama Gia, tidur ya abis ini biar gak telat besok"

"siap mak e! Gia pulang ya!"

Johnny senyum ke Citra "makasih ya cit, maaf ngerepotin"

"aman bang jo!"

Setelah sampai di rumah Gia ditodong bapaknya "itu sate yang bapak beliin kenapa gak dimakan malah minta tetangga?"

Gia balik badan terus natap Johnny dengan berani "karena aku gak mau makan itu dan kebetulan mak e nyuruh aku makan di rumahnya dan aku gak minta itu!"

Johnny ngehela nafasnya "jangan sering-sering lah nak, bapak malu dikira gak bisa ngasih makan anaknya sama orang-orang"

Gia tersentak pas bapaknya ngomong begitu. Jadi Gia malu-maluin begitu kan menurut bapaknya?

Mata Gia berkaca-kaca "oke, aku gak akan minta makan ke semua orang yang bapak maksud itu!"

Gia lari ke kamarnya dan banting pintu kenceng banget bikin Johnny mijit pelipisnya, pusing banget ngadepin anak semata wayangnya itu.

Salah lagi.

***

Soal mie gelas itu ada cerita dibaliknya.

Gia kecil kan sering ditinggal bapaknya kerja, di rumah juga sama neneknya yang sibuk juga ngurus usaha hari tuanya; katering. Dan si kecil Gia kadang sering diabaikan gitu dibiarin main sendiri.

Nah pas suatu ketika Gia kecil udah laper banget, neneknya udah pulang dan Gia cuma sama bapaknya yang baru pulang kerja.

"pak.. Gia laperrr" rengek Gia sambil tarik-tarik celana bapaknya.

Bapaknya yang udah pusing karena masalah kerjaan, capek pusing juga ditambah anaknya yang ngerengek terus. Berisik banget bikin kepala bapaknya makin pusing.

"kalau laper itu ya makan! bukannya ngerengek ke bapak kayak gini! jangan ganggu bapak! bapak lagi pusing!"

Setelah itu si bapak masuk ke kamarnya dan banting pintunya lumayan kenceng bikin Gia kecil berjengit kaget. Gia kecil yang baru pertama kali menghadapi bapaknya yang mode begini langsung terisak pelan.

Anak umur 7 tahun itu nangis sesenggukan tanpa suara. Gia kecil tau kalau laper itu harusnya makan bukan ngerengek tapi masalahnya, meja dapur itu tinggi. Gia gak berani manjat karena takut kesetrum pas buka magicom soalnya deket colokan. Belum lagi lauk yang ditaruh neneknya di lemari atas. Bikin Gia kecil yang pendek gak bisa berbuat apapun.

Jadi Gia jalan ke kamarnya buat ambil mie gelas yang dia beli tadi sore karena kepengen liat deril makan mie dari gelas. Setelah Gia tanya-tanya ke mak e akhirnya Gia beli serenceng biar bisa ngeledekin deril.

Gia kemudian manjat kursi depan wastafel buat ambil gelas yang ada di rak kecil samping wastafel. Tadi Gia udah dikasih tau sama mak e kalau mau buat mending minta tolong ke nenek atau bapak. Tapi kalau Gia mau buat sendiri harus hati-hati dan pakai gelas yang ada pegangannya karena nanti bakalan panas.

Gia ambil dua bungkus abis itu dibuka dan dituang ke gelas yang biasanya dipakai buat Gia minum susu.

Gak papa deh susunya besok rasanya berubah karena bekas mie batin Gia.

Kemudian Gia seduh mienya pakai air panas di dispenser dan Gia dengan hati-hati bawa naik ke kamarnya.

"aduh panas shh..."

Gia mempercepat jalannya karena gak tahan bawa gelas pakai satu tangan. Kemudian setelah sampai di kamar Gia turun lagi buat beresin bekasnya dan ambil botol minumnya yang ketinggalan. Gak lupa ambil jajanan yang tadi neneknya beliin.

Gia natap kesal pintu kamar bapaknya "Gia benci bapak!"

Dan kemudian Gia menikmati mie gelasnya dengan muka sembab sama sesekali nyedot ingusnya karena nangis tadi.

"hngg enak juga abis nangis mam yang anget-anget begini" batin gia seneng.

Sejak saat itulah Gia mendeklarasikan kalau mie gelas adalah comfort foodnya yang gak bakal tergantikan.

Ya karena Gia makan mie gelas cuma pas lagi pengeeennn bangetttt dan pas lagi banyak pikiran. Tapi sekarang sih lebih banyak makan mie gelas pas abis berantem sama siapapun itu.




ʕ •ᴥ•ʔ

jum'at, 05/01/2024
07:38 a.m

GIA-GIO; per sempre [ markhyuck gs ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang