Papa Harus tau, kalau mama itu secinta itu sama papa..
Sonya menatap ke arah jendela dengan dalam, ada rindu yang tak dapat di jelaskan, ada kenangan yang begitu banyak menggumpal dihatinya, ada luka tiba-tiba yang menyergap. Dan ada nama yang ketika mengingatnya tak terasa ingin menangis.
Kania yang sedang bersender pinggir pintu itu menghela napasnya dalam, lalu tiba-tiba memeluk tubuh ibunya itu dari samping.
"Mama kenapa..?"
Sonya menoleh, dan langsung menggenggam tangan anaknya itu dengan erat. "Emang mama harus kenapa..?"
Kania menggeleng dengan pelan. Lalu ada pertanyaan yang terus berputar diotaknya tapi takut kalau saja ibunya itu belum siap jika mengenai hal-hal yang berbau seperti itu. "Bisa gak mama, ceritain tentang hubungan papa sama mama dulu.. kenapa bisa Deket.." ujarnya dengan hati-hati.
Sonya tersenyum dalam. "Dulu waktu mama SMk, papa sama mama pernah sekelas bareng, karena ada kelas gabungan Waktu itu.. papamu itu selalu saja dengan sengaja mencuri curi pandang ke arah mama.. tapi mama tidak hiraukan karena dulu mama sudah punya tambatan hati.. tapi karena terlalu sering di deketin akhirnya mama jadi penasaran dan kepincut deh sama papa kamu.."
Kania semakin penasaran dengan kelanjutan cerita dari mamanya. Karena ternyata papa dan mama pernah memiliki pendekatan semenarik itu.
"Terus-terus.. gimana hubungan mama bisa langgeng sama papa, dan nikah sampai sekarang.."
"Papa dan mama sempet putus, gak lama setelah jadian, papa dan mama cuman bertahan selama 2 hari, dan itu pun cuman Karena kesalah pahaman aja.. papa kamu itu terlalu posesif sampe-sampe mama gak dikasih main sama temen cowoknya, eh pas ketahuan sekali, papa kamu langsung marah-marah dan mutusin begitu aja hubungannya.. tapi yang bikin mama benar-benar merasa beruntung adalah kita kembali dengan versi yang terbaik. Dengan papa kamu yang ternyata udah jadi pilot, dan dengan mama yang Alhamdulillah bisa jadi penulis hebat, dan pengusaha, akhirnya pada tanggal itu papa melamar mama sebagai pengikat hubungan kita dan berkomitmen untuk saling percaya dan mencintai satu sama lain tanpa ada siapapun diantara kita.."
Kania menangkup pipinya Agar tidak menangis, bagaimana bisa ibunya menceritakan itu semua dengan tersenyum lebar.padahal jika diingat sekarang papanya jelas berbeda dengan yang dulu.
"Kok malah Kania yang nangis.. mama belum selesai lhoo ceritanya.."
"Hiks,hiks, gak perlu dilanjutin Kania gak kuat dengernya lagi.."
Sonya menggelen-gelengkan kepalanya. "Tapi mama dulu mungkin terlalu percaya diri yah.. berharap pernikahan mama sama papa akan bertahan lama, berbeda dengan dulu jika waktu pacaran.. — atau mungkin kita berakhir itu karena mama terlalu sering mengucapkan kata kata berakhir yah Nia..."
FLASHBACK 2019
"Kamu tau gak sih mas, aku tuh capek sama sikap kamu yang terus kayak gini.. emangnya kamu gak mau yang terbaik buat Kania.."
"Kamu yang egois Sonya !!, Kamu emangnya bisa pisah dengan Kania selama bertahun-tahun. Kamu ditinggal Kania lomba ke luar kota aja bisa sakit dan nangis seharian, gimana dengan keluar kota selama bertahun-tahun.."
Sonya terkekeh sinis. "Lalu, Kania harus sekolah yang biasa aja di sini.. kamu gak tau kan impian anak kamu sendiri itu apa?!!!"
"SONYAAAAA!!" BENTAK Tristan.
Sonya tak percaya mendengar nya setelah berjanji tidak mengkhianati, sekarang Tristan juga melanggar untuk tidak membentaknya.
"Aku ingin kita berakhir saja sampai sinii mas.."
FLASHBACK OFF
"Maaa, maafin atas kesalahan-kesalahan papa yah.."
Sonya akhirnya menangis juga. "Kesalahan yang tidak mengkhianati cinta bisa mama maafkan.. Kania"
Ia pergi dengan luka yang kini kembali melebar.
Kania termangu dengan Air mata perlahan-lahan mengalir. Dia ingat ibunya itu sering menangis sambil memandangi Poto ayahnya.
Lalu ibunya akan tersenyum manis setelahnya. Dengan itu kania bisa melihat betapa besar cinta dari ibunya untuk ayahnya.
Ayahku yang bernama Tristan,Kania harap papa terus bahagia bersama keluarga papa.. dan tapi jangan lupa disini ada 2 sosok wanita yang selalu menangisimu tanpa membencimu sedikit pun.
Tristan menikah lagi dengan wanita masalalunya, wanita yang paling ia cintai daripada Sonya. Lalu bagaimana Sonya menahan Tristan untuk terus bersamanya. Sonya membiarkan ia menderita agar Tristan suaminya terus bahagia. Lalu bagaimana dengan Kania yang harus menelan pahit-pahit bahwa sekarang figur sosok untuk ayahnya sudah tidak ada lagi.
Kania anak yang hebat, yang tidak mau mengusik kebahagiaan anak orang lain, dia lebih dirinya yang terluka ketimbang dia harus berbagi kasih dan bahagia dengan ibu yang lain sedangkan ibunya harus menangis semalaman merindukan suaminya dan anaknya.
Tahun 2019 yang membuat hidup saya sudah berakhir pada hari itu juga.
"Kamu menemui Aruna tanpa pamit padaku Tristan.. apa itu artinya kamu lebih memilih kembali bersama padanya..?"
Tristan menunduk tak mampu dan berani untuk menatap mata yang berderai air mata dengan hebat.
Wanitanya sedang terluka hebat karenanya. Tapi tidak ada sedikit pun cinta untuk wanita dihadapannya itu.
"Bahkan ketika umur Kania 8 tahun.. kamu belum pernah bisa mencintaiku sehebat Aruna.."
"Aku— cintaku habis di aruna, son. Ketika dia kembali hatiku seakan ingin langsung mendekapnya dengan erat, lalu seolah memoriku membayangkan bagaimana keluarga kecil kami kembali tumbuh.."
Sonya semakin terpojokkan, hatinya terasa diremas remas tak karuan, hatinya paling sakit saat mendengar nya secara langsung.
"Apapun kesalahan mu aku maafkan mas.. tapi untuk soal kebahagiaanmu aku kalah mas.. aku tidak bisa membiarkanmu terus menderita dengan bersamaku.. aku melepaskanmu mas.."
Tristan tersenyum sumir. "Baru kali ini aku merasa tidak perlu menahan ucapanmu untuk mengakhiri semuanya.. seolah-olah ini yang paling dinantikan.."
Sonya tak kuat menahannya. Dia memukul-mukul bidang dada Tritan dengan bertubi-tubi. "Mengapa? Mengapa harus seperti ini.. mengapa aku tidak pernah bisa egois dengan diriku sendiri mas.."
Tristan menahan tangan Sonya dengan lembut lalu menatapnya dengan lekat. "Seandainya aku tidak menemuimu waktu itu son, mungkin kamu tidak akan mencintai laki-laki yang sudah habis cinta dimasa lalu ini.."
"Maaf Sonya almaranisa, aku menalakmu.."
Sejak saat itu tidak pernah ada lagi kisah cinta antara Tristan dan Sonya.
Tristan kembali kepada cintanya, yaitu masalalu Aruna. Membuat kembali cerita yang sempat usai, dan bahkan membangun keluarga kecil yang bahagia, dengan dikaruniai 2 anak laki-laki dan 1 Perempuan.
Sedangkan Sonya hanya bertahan dan melanjutkan hidup bersama anak Perempuan satu-satunya. Untuk cinta ia biarkan cintanya habis untuk Tristan. Ia tak pernah menyesal bertemu laki-laki seperti Tristan dan tak pernah juga membenci anak dari suaminya dan Aruna.
Karena soal kebahagiaan Tristan itu berarti kebahagiaan Sonya juga. Berarti kalau Tristan bahagia dengan keluarga barunya maka Sonya juga bahagia akan hal itu.
Definisi mencintai paling ikhlas adalah merelakan dia bersama orang lain.
Selesai
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita pendek dan makna yang tersirat
Short StoryTUNGGUKAN PART PART SELANJUTNYA