Bab 38: Membuka Hati dengan Mendengarkan dengan Tulus

118 14 1
                                    

Qi Shuyun melirik Fu Jun, lalu menundukkan kepalanya dan berkata dengan lembut, "Aku tidak bisa bernyanyi."

Fu Jun menggelengkan kepalanya, menandakan tidak apa-apa jika dia tidak bisa bernyanyi. Namun, Qi Shuyun melanjutkan, "Tapi aku tahu satu lagu." Kemudian dia tiba-tiba menatap Fu Jun, seolah-olah meminta pendapatnya. Fu Jun tersenyum dan berkata, "Tidak apa-apa jika kau tahu satu lagu. Malam masih panjang, mari kita habiskan waktu dengan lagu."

"Sekawanan angsa datang dari selatan, ada yang berpasangan, ada juga yang sendirian. Yang berpasangan bergembira, bernyanyi dengan keras, tetapi yang menyendiri, tidak dapat mengimbangi, tertinggal di belakang. Mengabaikan yang berpasangan, hanya fokus pada yang sendirian, merenungkan kesendirianmu, sama seperti aku, merenungkan kesendirianmu, sama seperti aku..."

Angin malam berdesir, serangga berkicau pelan, dan diiringi melodi yang sendu, rasa melankolis pun tumbuh. Bahkan rubah kecil dan Xianzhi pun terpengaruh oleh lagu tersebut, menghentikan permainan mereka dan duduk dengan tenang untuk mendengarkan. Saat melodi dan lirik yang menghantui memenuhi udara, keduanya saling bertukar pandang, keduanya menunjukkan rasa kesedihan di mata mereka. Tawa dan obrolan menghilang, meninggalkan lubang gunung yang semakin sunyi, dengan hanya gema lagu yang tersisa, menyatu dengan angin dan hanyut di kejauhan, akhirnya ditelan oleh pegunungan yang luas.

Saat lagu berakhir, suasana melankolis tetap melekat di hati semua orang. Tidak ada yang berbicara, tidak ada yang bersuara, hanya duduk dengan tenang, mungkin masih tenggelam dalam lagu, atau tersesat dalam pikiran mereka sendiri. Embusan angin bertiup, api melompat tiba-tiba, lalu tenang kembali, memberikan bayangan yang berkedip-kedip pada kedua sosok itu, wajah mereka dikaburkan dalam cahaya yang bergeser. Xianzhi bersandar pada rubah seolah-olah takut kedinginan, dan rubah kecil melingkarkan ekornya yang lembut di sekelilingnya untuk menjaganya tetap hangat.

"Lagu itu dinyanyikan dengan baik, tapi terlalu sedih," Fu Jun memecah keheningan yang panjang, yang pertama kali berbicara.

"Itu adalah lagu yang diajarkan oleh Bibi Lan," kata Qi Shuyun perlahan, dengan sedikit nostalgia dalam suaranya. Dia menoleh untuk melihat Fu Jun, sepertinya ingin menjelaskan siapa Bibi Lan. Tetapi ketika dia melihat ekspresi pengertian Fu Jun, dia tiba-tiba terkekeh aneh dan berkata, "Bagaimana kau tahu?"

Fu Jun berbisik, "Aku hanya tahu. Aku tahu banyak tentangmu karena..."

Karena aku adalah seorang pembaca, dan kau adalah karakter dalam sebuah buku. Aku melihat kau tumbuh, mengetahui tentang masa lalu, sekarang, dan masa depanmu. Ibu Qi Shuyun meninggal tak lama setelah melahirkannya, dan dia dibesarkan oleh pelayan yang menemani ibunya. Pelayan ini, yang dia panggil Bibi Lan, menjadi lebih dekat dengannya setelah kematian ayahnya. Qi Shuyun memiliki perasaan yang mendalam padanya, memperlakukannya seperti seorang ibu.

"Karena... kau adalah Fu Jun yang lain?" Qi Shuyun melihat bahwa dia tiba-tiba terdiam dan menambahkan.

Fu Jun tersenyum, "Apakah kau percaya sekarang bahwa aku bukan Fu Jun yang asli, tetapi Fu Jun yang lain?"

Qi Shuyun tidak langsung menjawab ya atau tidak, hanya menatapnya dan berkata, "Kau tidak seperti dia, kau berbeda." Setelah beberapa saat, dia tiba-tiba bertanya, "Mengapa kau membantuku?"

Dia akhirnya menanyakan pertanyaan yang sudah lama terpendam di dalam hatinya. Meskipun dia memiliki banyak pertanyaan untuk Fu Jun, ini adalah pertanyaan yang paling dia pedulikan. Melihat kembali ke masa lalu, mengalami suka dan duka, merasakan kehangatan dan dinginnya hubungan antar manusia, dia tidak lagi percaya pada siapa pun. Dia tidak percaya ada makan siang gratis di dunia ini, dan dia juga tidak percaya bahwa ada orang yang akan bersikap baik padanya tanpa syarat. Mereka selalu memiliki tujuan tertentu, ingin memanfaatkannya, ingin mendapatkan sesuatu darinya, seperti kesadaran ilahi yang terperangkap dalam liontin giok.

MPUPDTA [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang