Bab 40: Ibu Anak Tidak Menginginkanku Lagi

116 14 1
                                    

Xianzhi tumbuh besar di pegunungan dan hutan yang dalam selama ribuan tahun, di mana ia terbiasa melihat gunung-gunung yang menjulang tinggi, burung-burung yang terbang, dan binatang-binatang buas. Dia belum pernah ke tempat yang begitu ramai sebelumnya, di mana semua yang dilihat dan didengarnya terasa aneh dan mempesona. Dia tidak dapat memahami semua itu, namun menganggapnya sangat baru dan menyenangkan. Matanya tidak bisa melihat dengan jelas, telinganya tidak bisa mendengar dengan jelas, dan bahkan udara yang dihirupnya membawa aroma dunia yang ramai, tidak seperti kesejukan pegunungan dan hutan.

Saat ia bergerak di tengah kerumunan orang yang bising, orang-orang dari segala usia berpapasan dengannya, namun ia sama sekali tidak terlihat malu. Tidak seperti ketika dia mendengar suara sekecil apapun di alam rahasia dan buru-buru melarikan diri, itu karena dia tahu bahwa Fu Jun akan melindunginya, dan dia merasa sangat aman di sisinya. Sepanjang jalan, dia terus melihat sekeliling dengan mata hitamnya, penuh keingintahuan dan eksplorasi, ekspresinya menunjukkan keheranan dan penyelidikan.

Dia sesekali menarik-narik tangan Fu Jun, menunjuk benda-benda di sekitarnya, dan mengoceh tidak jelas. Fu Jun dengan sabar menjelaskan kepadanya, dan baru pada saat itulah Xianzhi menunjukkan ekspresi yang tercerahkan, memperluas wawasannya. Meskipun dia penasaran, dia juga patuh, memeluk rubah dengan erat di lengannya dan tidak pernah jauh dari Fu Jun.

Sementara itu, Qi Shuyun merasa seperti orang luar, melihat mereka begitu akrab dan bahagia bersama. Karena rasa pemberontakan, dia tidak ingin mengganggu dan merusak kesenangan mereka lebih jauh lagi. Oleh karena itu, dia diam-diam mengikuti di belakang keduanya, matanya mengamati sekeliling, tetapi tatapannya sering melayang ke arah keduanya di depan.

Para pedagang di kedua sisi jalan terus berteriak-teriak, mencoba menjual barang dagangan mereka kepada orang yang lewat. Fu Jun melihat Xianzhi menyukainya, jadi dia berhenti di sebuah kios, di mana berbagai pernak-pernik kecil dipajang. Ada keranjang bambu kecil, kotak kayu, jepit rambut, layang-layang, lentera... Penjual itu, melihat seorang pelanggan potensial, dengan penuh semangat melangkah maju untuk menarik mereka.

Fu Jun berkata kepada Xianzhi, "Jangan ragu untuk memilih apa pun yang kamu suka, jangan malu-malu." Dia kemudian mengambil rubah itu dari tangannya, sehingga dia bisa bebas memilih. Rubah itu, yang masih malas, menolak untuk bangun dari pelukan Xianzhi, mendorong Fu Jun untuk menggodanya, "Lihatlah dirimu, begitu berat, dan masih tanpa malu-malu membiarkan orang lain menggendongmu?" Dengan itu, dia mendorongnya ke arah Qi Shuyun di belakangnya.

Qi Shuyun menatap Fu Jun, lalu ke arah rubah itu dengan heran, tetapi tidak mengatakan apa-apa, dan rubah kecil itu, melihat tuannya di pelukan Xianzhi, dengan malas meringkuk tanpa sepatah kata pun, menutup matanya, tampak agak lesu.

Xianzhi memilih sebuah lonceng perak dan dua senar merah. Fu Jun mengikatkan senar merah pada sanggulnya dan menggantungkan lonceng kecil itu di pergelangan tangannya. Dengan goyangan tangannya, lonceng itu bergemerincing dengan renyah, dan Xianzhi tampaknya menyukai lonceng itu, mengguncang-guncangkannya dan tersenyum pada Fu Jun. Melihatnya bahagia, Fu Jun pun secara alami ikut bahagia. Dia meraih tangan kecilnya dan berkata, "Ayo pergi, ayo pergi ke tempat lain."

Qi Shuyun hanya bisa menggendong rubah dan mengikuti di belakang, keduanya tampak lesu.

Mendengar teriakan itu, Fu Jun berhenti di sebuah kios yang menjual Tanghulu, dan bertanya pada Xianzhi sambil tersenyum, "Apakah kamu ingin makan Tanghulu?"

Xianzhi hanya tersenyum dan menatapnya tanpa mengatakan apa-apa. Akhirnya, dia mengangguk, dan Fu Jun meminta dua buah Tanghulu kepada penjualnya, menyerahkan satu kepada Xianzhi. Kemudian, dia berbalik dan menyerahkan yang lain kepada Qi Shuyun. "Untukmu."

Qi Shuyun tiba-tiba melihat seuntai manisan merah cerah mendekatinya, dan dia menatap Fu Jun dengan bingung sejenak sebelum berkata, "Apa kamu tidak mau makan?"

MPUPDTA [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang