[day 1] Al-Baqarah: 1

293 14 0
                                    

Assalamualaikum.  ☆⌒(*^∇^)v

Apa kamu sesibuk itu sampai gak sempat menyentuh Al-Qur'an? Baiklah, aku hadir untuk menemanimu yang sibuk itu agar sempat membaca ayat suci walau hanya satu ayat tiap harinya. Fungsi dari One Day One Ayat ini bukan hanya untuk menghafal, tapi juga untuk membiasakan membaca Al-Qur'an bagi kamu yang super duper sibuk, hehe.

Lalu bagi kamu yang serius ingin menghafal, ikuti panduan di bawah, ya. Atau boleh disesuaikan dengan jadwalmu. Kalau yang sebelumnya, Menjadi Hafiz Qur'an di Tengah Huru-hara Dunia, tentang materi menghafal Al-Qur'an, maka kali ini aku mencoba untuk memberikan praktiknya. Satu hari satu ayat. Yeay! Bismillah, semoga bisa istiqamah, ya, aamiin.

-PANDUAN DAN PENJELASAN-

1. Baca satu ayat sebanyak 10 kali. Sempatkan baca tiap selesai salat, hanya 10 kali. Lebih baik lagi saat ada waktu senggang, manfaatkan itu dengan membacanya, ya. 

2. Tiap ayat akan aku beri screenshot Al-Qur'an, tapi hanya menampilkan satu ayat pada hari itu, ayat lainnya disensor. Tujuannya agar tergambar letak ayat pada Al-Qur'annya. Paham gak sampai sini? Kalau gak paham langsung tanyakan saja, ya.

3. Setelah genap satu halaman, alias ayat hari itu adalah ayat terakhir pada halaman tersebut, maka di bawah nanti akan menampilkan seluruh ayat pada halaman itu. Ulangi kembali yang sudah dihafal satu halaman tersebut.

4. Setor hafalanmu pada orang tua, teman, saudara, atau siapa pun yang kamu percaya. Jika tidak ada, rekam hafalanmu, lalu dengarkan rekaman itu sambil membuka Al-Qur'an. Cari letak kesalahannya, perbaiki, dan rekam ulang hingga lancar.

5. Saat sudah mencapai 5 halaman, murajaah atau ulangi 5 halaman itu, ingat kembali. Supaya hafalanmu yang sebelumnya tidak hilang.

6. Setiap hari akan ditampilkan arti keseluruhan ayat dan arti per kata supaya lebih paham dan mengenal lebih baik. Boleh dihafalkan juga, hehe. 

7. Selalu baca doa sebelum menghafal, ya. Boleh pakai doa menurut bahasa sendiri atau pakai doa yang aku cantumkan. Boleh juga share doa lain yang menurutmu pas banget dibaca sebelum menghafal di kolom komentar.

8. Khusus Al-Fatihah, gak aku masukkan ke dalam sini karena insyaallah sudah pada hafal, iya kan?

9. Kalau tulisan di terjemahan per kata kecil, bisa dirotasi ya layar ponselnya.

-------------------

Saran dan kritik, langsung drop di sini, ya, aku tunggu!

Yuk, kita mulai hari pertama. Pemanasan dulu.

[day 1] Al-Baqarah: 1

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ 

"Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa." 

---------------------------------------------------

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

الٓمٓ

"Alif lam mim."

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
One Day One Ayat: Juz 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang