Di negeri Yonderia, di mana awan berwarna ungu dan pohon-pohon menari dalam irama angin, hiduplah Rudi, seorang pemuda dengan pandangan tajam dan semangat membara. Ia tinggal di desa kecil bernama Fervoria, di mana ide-ide kiri dan sosialisme berputar dalam benak warganya seperti angin yang tak pernah reda. Di tengah realitas yang semakin terjepit oleh kekuatan kapitalisme, Rudi sering merenungkan dunia ideal yang ingin dibangunnya, terinspirasi oleh kisah-kisah mistis yang dibaca dari gulungan kuno.
Kembali ke masa lalu, Rudi teringat saat ia pertama kali bertemu Clara, sosok misterius yang muncul dari kabut berwarna perak. Ia mengenakan gaun terbuat dari awan, dengan rambut seperti cahaya bintang.
"Rudi,"
katanya dengan suara lembut,
"di dunia ini, kita adalah arsitek perubahan. Mari kita ciptakan realitas di luar batas yang ada!"
Di bawah sinar bulan purnama, mereka menjelajahi hutan magis yang dihuni oleh makhluk-makhluk aneh: burung-burung bercahaya, pohon berbicara, dan kupu-kupu yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Setiap malam, mereka merencanakan cara untuk menggulingkan penguasa dunia yang dikuasai oleh Kekuatan Emas—entitas yang memanfaatkan kekayaan untuk menindas semua yang dianggap lemah.
Namun, saat mereka semakin dekat dengan tujuan mereka, muncul sosok misterius bernama Duke Dolaris, penguasa kapitalis dengan jubah terbuat dari uang kertas. Ia mengawasi dari kejauhan, senyum licik menghiasi wajahnya.
"Kalian tidak akan pernah berhasil,"
ujarnya dengan suara serak.
"Sebab di dunia ini, uang adalah segalanya."
Suatu hari, saat mereka berusaha menghimpun kekuatan di alun-alun, Duke Dolaris mengirimkan pasukan Robot Emas, makhluk mekanik yang tak mengenal belas kasihan. Dalam kebingungan, Rudi dan Clara berlari menuju cermin ajaib yang berada di tengah desa, berharap dapat menggunakan kekuatan magis untuk mengubah nasib mereka.
Namun, saat mereka menyentuh cermin, refleksi yang muncul bukanlah wajah mereka, melainkan gambaran dunia yang penuh ketidakadilan. Cermin itu bergetar, seolah memperlihatkan kebenaran yang menyakitkan—mereka bukan hanya melawan kapitalisme, tetapi juga diri mereka sendiri.
"Kita harus mengubah apa yang ada di dalam hati kita!"
teriak Clara, matanya bersinar dengan keyakinan.
Dengan semangat baru, mereka bersatu, menciptakan mantra ajaib yang mengubah bayangan menjadi kekuatan. Dalam pertempuran melawan Robot Emas, Rudi menemukan potensi yang tak terduga dalam dirinya—ia bisa mengendalikan elemen alam, mengubah air menjadi perisai, dan angin menjadi senjata.
Namun, saat pertarungan mencapai puncaknya, Rudi merasakan sebuah panggilan dari dalam dirinya. Dalam sekejap, dia menyadari bahwa Clara bukan hanya sekadar teman perjuangan; ia adalah bagian dari Kekuatan Emas yang menyamar, bertugas untuk memantau dan menghancurkan gerakan progresif mereka.
"Kau adalah harapan yang kuperdaya,"
Clara mengaku, wajahnya bercampur antara penyesalan dan kemarahan.
Dalam momen dramatis itu, Rudi menghadapi pilihan sulit: tetap dalam ilusi atau menembus batas kenyataan yang menyakitkan. Dengan keberanian, ia memutuskan untuk menghancurkan cermin itu, memecah ilusi yang selama ini menipunya.
Saat cermin itu runtuh, potongan-potongan kaca menari di udara, menciptakan gambaran baru. Rudi dan Clara—meski terpisah oleh realitas—menemukan kekuatan dalam diri masing-masing untuk memulai kembali perjuangan mereka. Dan di Yonderia, dengan awan ungu yang menari di langit, mereka menyadari bahwa meskipun dunia ini absurd, harapan dan ideologi kiri masih bisa menyala dalam kegelapan yang paling dalam.
Di akhir cerita, Rudi melihat ke cermin retak yang tersisa, melihat bukan hanya bayangannya, tetapi setiap makhluk yang berjuang untuk kebebasan di Yonderia. Ia tersenyum, menyadari bahwa meski dunia bisa menjadi gila, setiap perubahan dimulai dari dalam hati setiap individu.
-Yovi Tiptony
KAMU SEDANG MEMBACA
Dalam Bayang-bayang Merah
Short StoryRudi, seorang pemuda idealis di negeri fantasi Yonderia, yang terjebak antara romantisasi ideologi kiri dan realitas kapitalisme. Melalui perjalanan bersama sosok misterius bernama Clara, mereka berupaya menggulingkan kekuasaan kapitalis yang diwaki...