Middle Child Syndrome(Sindrom anak tengah)

1.6K 28 14
                                    

Apa itu Middle child syndrome ?
Middle child syndrome dalam bahasa Indonesia nya adalah Sindrom anak tengah.
sindrom ini adalah sindrom yang terjadi ketika seorang anak merasa tertekan dan terjebak di antara saudara/saudarinya.
Tertekan dan terjebak yang di maksud disini adalah si anak merasa perlakuan orang tua terhadap dia tidak adil dan kurangnya perhatian yang diberikan sejak dini, sehingga rasa tertekan dari lingkungan sekitar dan terjebak dalam kesepian dirasakan oleh hampir seluruh anak tengah termasuk saya.
Mungkin tidak semua anak tengah mengalami sindrom tersebut, tetapi jika si anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya sindrom akan terasa sangat jelas.

Mengapa anak tengah merasa seperti itu? Karena ia merasakan perbedaan perlakuan antara orang tua nya dengan sodara-sodara nya, ia merasa dibedakan, hampir setiap anak MCS pernah berpikir "sepertinya aku tidak di inginkan di keluarga ini" .

Di suatu perkelahian antara anak tengah dan kakaknya yang sedang memperebutkan suatu barang (khusus nya yang sesama jenis) pasti orang tua selalu berkata "sudahlah kamu mengalah saja, kakak mu lebih butuh"
Atau di saat perkelahian , pasti orang tua lebih mendengarkan omongan anak pertamanya. Akhirnya setiap ada perkelahian antara anak tengah dengan kakak nya(anak pertama) pasti yang di bela adalah anak pertama , dan pada akhirnya anak tengah hanya bisa memendam rasa kesal itu.

Lalu sekarang, saat ada perkelahian antara anak tengah dengan anak bungsu yang sedang memperebutkan barang pasti orang tua selalu berkata "kak udahlah ngalah aja, adik kamu masih kecil" dan setiap ada permasalahan apapun anak tengah dengan anak bungsu orang tua selalu membela anak bungsu. Dan akhirnya anak tengah hanya bisa memendam amarahnya.

Lantas kapan anak tengah bisa menang?
Saya yakin, sebetulnya orang tua tidak bermaksud untuk begitu, tapi perlakuan orang tua yang mungkin tidak sengaja selalu menyakiti perasaan anak tengah.

Banyak di antara anak tengah yang berpikir mencari tau alasan mengapa anak tengah selalu dibedakan dari anak pertama dan anak bungsu? Seperti anak tengah tidak dianggap ada.

Saat dalam kesedihan, saat terpuruk anak tengah hanya bisa memendam perasaanya, dia tidak tahu harus mencurahkan isi hatinya, makanya banyak anak tengah yang mempunyai sifat tertutup , jika dalam keterpurukannya anak tengah hanya bisa menangis.

Sampai-sampai banyak anak tengah yang berpikir seperti ini
"kenapa sih yang dibela selalu kakak"
"Kenapa sih yang dibela selalu adik"
"Aku terus yang mengalah, aku capek"
"Apa aku tidak di inginkan di keluarga ini? Mungkin seperti itu, sedangkan kalau kakak, dia adalah anak pertama dari ayah dan ibu, pasti saat kakak lahir orang tua ku sangat antusias menunggu kelahirannya karena itu adalah anak pertama di pernikahan mereka"
"Sedangkan saat aku lahir , antusias mereka sudah mulai berkurang, ya aku tau mereka juga senang saat aku lahir tapi tidak sesenang saat kakak ku lahir apalagi orang tuaku mengingkan anak keduanya adalah laki-laki tapi yang lahir malah aku perempuan , apa itu alasannya?"
"Saat adik ku lahir orang tuaku kembali antusias menunggu kelahiran anak bungsu nya karena aku Dan kakak kude sudah mulai besar, jadi mereka sangat senang kedatangan bayi kecil dirumah , mungkin ini alasan orang tuaku sangat menyayangi adiku, dan kakak ku, sedangkan aku...."

Anak tengah juga selalu ingin berbeda dari kakak dan adiknya, Anak tengah selalu mencari masalah agar dapat perhatian dari orang tua,

Anak tengah juga memiliki banyak teman karena si anak merasa kesepian di tengah keluarga. Supel dan mudah bergaul adalah ciri utamanya. Maka dari itu banyak anak tengah yang kadang salah memilih teman sehingga terjerumus ke dalam pergaulan bebas, narkoba, dan sebagainya. Semua dikarenakan ia merasa tak memiliki seseorang di sampingnya untuk berbagi cerita karena kakak dan adiknya telah mengambil habis semua perhatian orang tua.

Otak kanan si anak tengah cenderung lebih menonjol ketimbang otak kirinya. Berdasarkan apa yang saya cari tahu dan rasakan, anak tengah memang lebih mengarah kepada seni. Menyanyi, melukis, menari atau menulis adalah contoh kegiatan yang utamanya disenangi anak tengah. Maka dari itu anak tengah adalah sosok yang sangat fleksibel. Pekerjaan yang cocok adalah tidak di balik meja kerja. Berpetualang dan bebas selalu yang diimpikan kebanyakan anak tengah.

Tetapi tidak semua anak tengah larut dalam kesedihan banyak juga yang menjadikan Hal ini untuk memotivasi dirinya, sehingga banyak anak tengah yang sukses yang berhasil , banyak juga kelebihan-kelebihan anak tengah yang tidak dimiliki oleh kakak dan adiknya .

Oleh karena itu,Anak tengah yang sukses dan baik justru adalah anak yang seharusnya diberikan apresiasi karena tidak mudah untuk menjalani hal tersebut. Kurangnya dukungan dari keluarga biasanya membuat si anak stres dan lebih memilih untuk menjalani hidup semaunya.

Maka dari itu, untuk anak tengah itu sendiri jangan pernah patah semangat dan selalulah berpikir positif. Apa yang selama ini anda lalui adalah kunci kesuksesan anda di masa mendatang. Jika anda tidak melalui proses ini, anda mungkin tidak akan menjadi pribadi yang seperti sekarang.

Anak tengah adalah orang yang kuat dari yang anda bayangkan.
Kalian adalah orang hebat.
Janganlah kalian terpuruk, justru dengan ini seharusnya bisa memotivasi kalian dan membuktikan kepada semua kalau kalian ada. Dan lebih dari seorang anak tengah.

--------------SALAM SUKSES-----------

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Jul 15, 2015 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Middle Child SyndromeWhere stories live. Discover now