SEPIA

137 0 0
                                    

SEPIA (Spritual, Emotional, Power, Intellectual, Aspiration) 5 Kecerdasan Utama

SEPIA (Spritual, Emotional, Power, Intellectual, Aspiration) 5 Kecerdasan Utama sebagai kunci sukses meraih kebahagian

Spiritual

Spiritual Intellignce

"Dari pada mencoba menjadi orang yang sukses lebih baik mencoba menjadi orang yang berarti"

Bahagia adalah perasaan yang sifatnya subyektif dan lebih jelas ditentukan dengan perasaan bermakna atau berarti

Spiritual bukanlah religi/Agama, Kita dapat memberi makna melalui berbagai cara misalnya menyingkirkan anak kucing ditengah jalan, atau bersusah-payah menulis ajakan yang baik di blog's, dan banyak lagi upaya yang dilakukan yang kelihatannya sepele tetapi ada rasa kepuasan/ bahagia yaitu perasaan menjadi orang yang bermakna, religi/Agama mengarahkan kita untuk mencari makna yang lebih jauh. Bermakna dihadapan Tuhan inilah makna sejadi yang diarahkan oleh Agama.

Orang Kaya , sukses dalam hal harta benda yang didapatkan secara halal adalah sukses sejati dan mempunyai kecerdasan spritual yang tinggi , karena sebahagian hartanya di amalkan untuk menjadi orang yang berarti/bermakna dihadapan Tuhan, lain halnya orang yang mendapatkan harta kekayaan dengan cara tdk halal..sekalipun ia menyumbangkan hartanya, ia kelihatannya menjadi bermakna dihadan manusia lainnya, tetapi dihadapan Tuhan ??

Orang sukses meraih gelar/jabatan tetapi dengan jalan sikut-menyikut, setelah sukses mendapatkan gelar atau jabatan dimanfaatkan untuk meraih kekayaan harta benda dengan cara sikut-menyikut pula..dan pada suatu waktu pasti akan berakhir.., berbeda dengan gelar /jabatan yang diperoleh dengan upaya kerja keras yang tulus, diterimanya sebagai anugrah dan amanah dan dimanfaatkannya untuk menjadi orang berarti di hadapan Tuhan.

Emotional

Emotionl Intelligence

Lebih baik berkata "Saya gagal ketiga kalinya" dari pada "Saya orang yang gagal"

Sangat penting dalam menghadapi tantangan yang timbul dari diri sendiri (pribadi) maupun tantangan bukan dari diri sendiri.

Tantangan dari diri sendiri bisa berupa Takut, malas, tidak percaya diri sendiri dan lainnya adalah bertenggang rasa, berempati, saling memotivasi, hormat, bertahan tetap jujur, tegas dan lainnya. yang kesemuanya berhubungan dengan kemampuan mengenali dan mengelola emosi.

Kecerdasan ini salah satu kecerdasan yang membedakan kita dengan binatang, Anjing dipukul hanya dua kemungkinan yaitu lari karena takut atau menggonggong/menggigit karena marah, Manusia bisa saja ia takut tetapi masih tetap tersenyum atau mungkin berpura-pura tidak sakit atau tampak tenang dan masih sempat mencari tahu siapa yang memukulnya atau apa sebab di dipukul..(mungkin untuk balas dendam (Manusia Licik)??), ini adalah kemampuan untuk mengendalikan Emosinya.., dengan kondisi tersebut diatas bukan tidak mungkin ia menjadikan suatu peluang kesuksesan.., sebagai contoh dengan tutur kata yang sopan menyebabkan pelaku pemukul sangat menyesal, memohon maah.., malah menjadi sahabat yang akrab kelak membantu / menolongnya mencapai apa yang dinginkannya..lagi pula memberikan maaf yang tulus adalah suatu perasaan bahagia

Power

Power Intelligence

Orang kuat dan lemah sama-sama mengerikan, yang membedakannya adalah orang kuat dapat mengakui, menertawai dan mempelajari kesalahan-kesalahan.

Yang menyebabkan kehancuran Hiroshima dan Nagasaki bukanlah Einstei si pembuat bom atom tetapi sang jenderal yang memerintahkannya karena ia mempunyai kendali . Sang jenderal menggunakan power untuk menghancurkan.

Tokoh Chung, tidak mengenal pendidikan formal, diawali sebagai tukang perbaiki sepeda..kemudian menjadi salah satu dari ratusan karyawan disuatu perusahaan, dengan tabungannya ia membeli subuah toko dan mempekerjakan beberapa orang , ia menjadi menejer di tokonya..karena peraturan , tokonya ditutup dan bangkrut , kemudian ia meminjam uang untuk membuka bengkel otomotif, ia bekerja sama dengan Angkatan bersenjata AS tetapi ia tdk tau berbahasa asing sehingga ia memanggil saudaranya yang mengerti bahasa asing..ia berhasil dan mengembangkan perusahaannya sampai sekarang yang dikenal dengan "Hyundai.." . bangkrut , Pinjam uang, Kerjasama dengan AB AS, memanfaatkan saudaranya..kemampuan untuk mengelola semua potensi baik dari dalam dirinya maupun dari lingkungannya untuk lebih maju.

Selengkapnya baca di http://unyil4u.wordpress.com

Manusia dan Alam SemestaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang