PERATURAN DAN PANDUAN
Kamu mungkin tidak bisa membuat tulisan yang bagus setiap hari. Tapi kamu selalu bisa mengedit halaman berisi tulisan buruk, bukan mengedit halaman kosong.
- Jodi Picoult
Kawan-kawan sekalian.
Menulis itu bukan tentang popularitas, bukan tentang banyaknya yang baca, bukan tentang teknik, bukan pula tentang naskahnya lolos seleksi penerbit lalu jadi best seller. Menulis itu adalah konsistensi dan persistensi. Kalian konsisten dan gigih, terus menulis, belajar mulai dari bawah, dihina, ditolak, diabaikan, tapi kalian terus menulis, terus gigih. Kalian cukup KONSISTEN. Akhirnya, kalian pun menulis juga karena kalian ingin membuktikan kepada mereka yang meremehkan kalian bahwa baik secara mental dan tulisan, kalian bisa lebih baik dari sebelumnya.
Dalam menulis, masalah teknik, ide, tata bahasa, gaya kepenulisan, dan lain-lain itu bisa diraih jika kalian konsisten dan terus gigih menulis. Peribahasa 'pengalaman merupakan guru terbaik' bukanlah sebuah bualan, kawan, Itu nyata adanya, dan karena itu, semoga kalian bisa bangkit dari pengalman buruk menjadi orang (atau penulis) yang lebih baik lagi.
Izinkan saya mengutip satu quotes yang pernah saya buat semasa SMA untuk pelajaran seni tipografi.
"Don't ever try to be the best, but try to be better from day to day."
Beranjak dari keinginan penulis untuk menjadi lebih baik lagi, kami pun terdorong untuk membuat suatu gerakan bernama LITERASI BERGIZI.
Apa itu Literasi Bergizi?
Literasi Bergizi adalah sebuah gerakan yang menjadi wadah untuk menampung karya sastra, dengan menekankan tulisan ke pesan moral dan tidak hanya cerita "asal jadi". Kami ingin membuat sebuah revolusi bahwa penulis Indonesia dapat menjadi agen perubahan melalui sebuah tulisan. Kami ingin mencari dan menampung karya yang punya kualitas, yang tidak merusak moral, dan yang tidak hanya sekadar cerita menye-menye tanpa "isi".
Literasi Bergizi adalah gagasan kepenulisan yang terfasilitasi dalam sebuah akun yang dapat dengan mudah diakses. Gerakan ini diprakarsai oleh @nauraini setelah berdiskusi dengan @PlutoP, @wanda-ay, @verbacrania dan @Crowdstroia. Secara singkat, Literasi Bergizi berangkat dari kepedulian kami terhadap literasi Indonesia di mana yang lebih diminati justru cerita dengan penulisan bagus tapi tanpa "gizi", sementara penulis-penulis yang tulisannya "bergizi" dan memiliki potensi lebih justru tak terlalu diperhatikan karena tulisannya bukan merupakan 'selera' kebanyakan pengguna Wattpad.
Kegelisahan kami yang lain adalah kualitas literasi di Wattpad yang dirasa masih perlu ditingkatkan dari yang sudah ada sekarang. Kami percaya bahwa orang Indonesia itu pintar-pintar. Karena kecerdasan itu bukan hanya dari tingginya prestasi akademik, tetapi juga dari tipe-tipe kecerdasan lain, seperti linguistik, visual, interpersonal, dan lain-lain.
Kami tidak memberikan jaminan atau penghargaan apa pun apabila teman-teman sekalian berkontribusi di Literasi Bergizi. Akun ini adalah wadah yang nantinya digunakan untuk menampung cerita teman-teman semua yang 'kaya' akan isi dan pesan moral. Kami harap dengan adanya gerakan Literasi Bergizi, kalian selaku penulis bisa terus maju, menjadi lebih baik lagi dalam menciptakan karya.
Trus, apa keuntungannya buat para kontributor cerita?
Keuntungan yang pasti dan paling utama untuk kalian adalah keuntungan untuk diri kalian sendiri, karena kami tidak menampik bahwa menulis merupakan sebuah ajang untuk mengasah 'kreativitas'.
KAMU SEDANG MEMBACA
Literasi Bergizi - Peraturan dan Panduan
RandomBerisi peraturan dan penjelasan mengenai Literasi Bergizi.