Siapa sih yang gak suka nonton TV? Ya walaupun sekarang ini orang-orang lebih suka streaming atau nonton di Youtube, tapi feelnya pastinya beda kan. Nah, kalian tahu gak kapan dan stasiun tv apa sih yang pertama kali tayang di Indonesia?
Jadi, stasiun TV yang pertama kali mengudara itu Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 24 Agustus 1962 yang siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta pada saat itu. Siarannya ini masih berupa tampilan hitam putih.
Berarti sekarang, sudah 54 tahun pertelevisian Indonesia berjalan. Sudah begitu banyak acara-acara yang tayang. Ingat ga sih acara-acara apa aja yang ga bisa dilupain dari dulu sampai sekarang? Pastinya kalian punya beberapa acara favorit kan.. Nah berikut beberapa acara yang pasti kalian tau dan terkenal sepanjang masa.
1. Warkop DKI
Siapa sih yang ga tau grup lawak legendaris Indonesia ini? Grup yang terdiri dari Dono (alm), Kasino (alm), dan Indro ini menceritakan kehidupan persahabatan ketiganya yang selalu dipenuhi kejadian lucu yang sampai sekarang pun masih sering diputar di TV dan dibuat Film Reborn-nya.
2. Opera Van Java
acara komedi yang ditayangkan di Trans7 ini sebenarnya adalah pertunjukan wayang orang versi modern. Di OVJ, aktor dan aktris yang mengisi acara diberi aba-aba untuk berimprovisasi tanpa menghafal naskah sebelumnya, dengan panduan seorang dalang.
Para "wayang" diperankan oleh beberapa pelawak, seperti Nunung, Azis Gagap, Andre Taulany, Sule, Desta dan dalang diperankan Parto Patrio.
3. Kick Andy
Gak cuman Amerika aja yang punya Oprah Winfrey, Indonesia juga punya Andy F. Noya yang tak lain adalah pembawa acara Kick Andy, sebuah acara talkshow di MetroTV. Meski tema yang diangkat cukup beragam, namun program ini tak beranjak dari human interest. Gak jarang, Andi F. Noya menampilkan narasumber dari tempat terpencil yang karya dan kisah hidupnya menjadi inspirasi banyak orang.
4. My Trip My Adventure
Acara bergenre dokumenter wisata yang ditayangkan stasiun televisi Trans TV ini mulai tayang sejak bulan September 2013. Dalam acara ini, My Trip My Adventure menggambarkan petualangan dan eksplorasi keindahan alam Indonesia. Beberapa pembawa acara yang terkenal seperti Nadine Chandrawinata, Marshall Sastra, Vicky Nitinegoro dan Denny Sumargo secara bergantian memandu acara ini.
5. Dunia Lain
Hayoo yang penakut, pasti gamau nonton acara yang satu ini. Apa lagi kalau bukan Dunia Lain. serial acara realitas ini pernah ditayangkan di saluran televisi Trans TV. Acara yang dibawakan oleh Harry Pantja ini adalah salah satu pelopor acara realitas bertemakan supernatural di Indonesia. Acara ini paling dikenal karena menampilkan segmen "Uji Nyali".
Nah, itu dia acara-acara seru dan unik yang pastinya kalian kangen buat nonton acara itu lagi. Ayo rayakan HUT Pertelevisian Nasional dengan tetap menonton tontonan yang bermutu dan baik untuk diri kalian. Semoga pertelevisian Indonesia semakin maju dan menjadi tayangan yang mendidik untuk masyarakat Indonesia.
---K5
KAMU SEDANG MEMBACA
Hari Pertelevisian Nasional : 7 Acara TV Fenomenal di Indonesia
RandomOleh Vania Anggraeni XI IPA 7