PROLOGUE

70 4 0
                                    


Tulisan ini bukan cerita, melainkan hanya ulasan, usul, saran, uneg2, gagasan, sedikit keluhan saya sebagai pembaca, komentator, pemerhati tulisan tulisan di wattpad, terutama yang bergenre yaoi hahaha.

Tulisan ini SAMA SEKALI tidak bermaksud untuk menghina, meremehkan, menggurui, mencela, dsb. Melainkan hanya menyampaikan aspirasi dari bisikan dari kalbu jiwa saya (ttssaaahhh bahasanya) saat membaca tulisan2 yaoi di wattpad.

So, correct me if i'm wrong #cmiiw

Perkenalkan saya Hope March Estheim (bukan nama sesungguhnya, of course). Bagi penggemar serial game Final Fantasy, mungkin tak asing dengan nama itu hehehe. Saya pemilik akun wattpad WildMind353 . Saya baru bergabung dengan wattpad sekitar bulan Juli 2016, ingusan banget memang hahaha.

Anggap saja saya seorang fudanshi (you know what i mean lah) hahaha. Saya memang lebih suka, hanya menyukai lebih tepatnya, membaca tulisan yang bertemakan yaoi, alias boyxboy, a.k.a homo, dan sejenisnya. Tapi saya sebisa mungkin menghindari sub tema incest dan mpreg. Alasannya sederhana, gak suka. Tapi bagi yang suka cerita macem itu ya monggo monggo saja. Cerita straight belum ada satupun yang pernah saya baca.

Ini adalah tulisan pertama saya. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa tulisan saya ini bukan cerita, melainkan hanya ulasan dari tulisan tulisan di wattpad yang pernah saya baca. TENTU SAJA menurut sudut pandang saya. Bila nanti ada yang tidak setuju, boleh banget. Ada yang tidak suka, ya wajar saja. Ada yang tidak sependapat, ya monggo hehehe. Tapi kalau ada yang suka, sependapat ya oleh uga.

Saya jarang kritis terhadap penempatan tanda baca, misalnya titik, koma, dan lain lain. Saya juga kurang berkomentar tentang majas dan gaya bahasa dalam penulisan. Terlalu sadis, kasar, menurut saya relatif. Menurut si penulis mungkin tidak terlalu kasar, tapi mungkin saja bagi sebagian pembaca, bahasa yang digunakan terlalu sarkas. Bagi saya, berdebat tentang hal hal yang bersifat relatif itu tidak akan ada ujungnya. Jadinya ya saling paham dan mengerti saja. Kalau suka ya baca, kalau tidak suka ya tinggalin, gitu aja kok repot, ya toh. Kadang penggunaan tutur bahasa tertentu, sengaja digunakan penulis untuk mempertegas karakter tertentu, atau bahkan cerita yang ditulis secara keseluruhan.

Saya juga tidak cerewet tentang penulisan huruf kapital, huruf cetak miring, dsb. Meski tahu salah, saya tidak pernah terlalu memusingkan hal tersebut. Kecuali kalau tulisan tersebut sudah edar dan dipublish sebagai buku, itu beda perkara. Karena saya menilai, tulisan di wattpad adalah tulisan yang masih raw dan belum full edited. Tapi please, kalau nama orang tetep pakai huruf kapital ya awalannya hehehe.

Lantas apa yang akan dibahas dalam tulisan pertama saya ini?
Cekidot di bab berikut ya...

Tetep, correct me if i'm wrong #cmiiw

#CMIIW Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang