"Melihat kalian tertawa, tersenyum....
Aku disini...... ""Melihat kalian bersenda gurau dan bersedih....
Aku disini......"Terlintas dibenakku "mengapa kalian bisa tertawa seperti itu??..."
"Dan aku?? Aku hanya bisa tersenyum dengan herannya""Aku selalu disini"
Bersama kalian sepanjang hari, tak pernah kulewati tidak bersama kalian."Kalian tertawa, aku ikut tertawa.
Kalian menangis begitupun aku.""Aku disini". Terdengar nada yang mulai lelah
Kalian tertawa bersama, terbahak-bahak bersama.
"Aku disini tertawa dan menangisi kesendirianku."
Hari-hari telah berlalu.
Terlintas di pikiranku " pelukan itu seperti apa?? Bagaimana aku bisa melupakan hal seperti itu??"
"Ku menatap kalian tiap harinya, tapi tak ada dari kalian yang membalas tatapanku."
Terlintas sejenak di ingatanku "Aku disini...?? Kenapa kalian menangis...?? Bisakah kalian memperlihatkan senyum kalian kepadaku...??"
Terdengar "Aku akan tersenyum untukmu selama hidupku nak..."
"Ibu...??"
....................
"Aku disini.... Seperti bukan dari bagian kalian lagi..."
Lalu ku melihat ibu yang perlahan menuju ke kamar.
Ia duduk di tempat tidur dengan kesendiriannya, meninggalkan kesenangannya sejenak. Dan tiba-tiba ia mengambil foto."Aku berjanji padamu untuk tersenyum kepadamu setiap hari, tapi aku tidak bisa menahan rasa ini sayangku...." dipeluknya foto itu.
Kulihat air mata menetes kepipinya.
"Ibu sangat merindukanmu... Sangat rindu sekali padamu nak....
Semoga kau tenang disana....."Tangis yang tak bisa ku bendung lagi.
"Kini aku mengerti.... Aku selalu menyayangi kalian......"
Note:
Buatlah janji untuk tersenyum kepada ibu kalian setiap hari....
Jangan membuat ibu kalian yang berjanji ke kalian untuk tersenyum setiap hari ke kalian...