Robert kiyosaki adalah salah satu penulis yang telah banyak menghasilkan buku tentang keuangan. Salah satu bukunya yang sudah saya baca adalah rich dad poor dad.
Buku ini secara keseluruhan menceritakan tentang bagaimana orang kaya dan orang menengah/miskin dalam memberi pelajaran keuangan terhadap anak mereka. Buku ini ditulis dengan bahasa ringan dan sederhana, sehingga sangat mudah untuk dipahami bahkan untuk masyarakat yang sangat awam mengenai keuangan.
Banyak hal-hal dasar di dalam keuangan yang diajarkan robert kiyosaki melalui bukunya. Pelajaran yang pertama yaitu jangan terjebak di dalam balapan tikus yang secara singkat dapat diartikan dengan meningkatnya konsumsi seiring dengan pendapatan atau bahkan meningkatnya konsumsi dengan tidak di ikuti peningkatan pendapatan sehingga terjebak dengan hutang konsumtif seperti cicilan mobil, smartphone baru, etc.
Orang kaya membelanjakan uang mereka lebih banyak untuk aset produktif seperti real estate, saham, etc. Mereka fokus menjaga dan mengembangkan aset produktif mereka, dengan cara menjaga gaya hidup tetap sederhana, memiliki hutang produktif untuk mengurangi beban pajak, dan menginvestasikan penghasilan mereka.
Sebaliknya orang menengah dan miskin lebih banyak membayarkan pendapatan yang mereka dapat untuk memperkaya bank melalui cicilan bunga kredit dan pemerintah melalui pajak (pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, etc). Secara eksplisit buku ini juga mengajarkan untuk menjalani hidup dengan pola sederhana, yang artinya jangan membeli barang mewah dengan pendapatan utama tetapi beli lah dari hasil investasi yang dilakukan (return on investment).
"Orang menengah/miskin membayar pajak lebih daripada orang kaya"' salah satu pernyataan robert kiyosaki dalam bukunya. Membayar pajak disini bukan secara kauntitas karena tentu secara rasional orang yang kaya akan membayar pajak lebih banyak, namun yang di maksud adalah secara proposional. Orang kaya tau bagaimana cara memanfaatkan tax shield (pengurangan pajak) dengan baik.
Memiliki perusahaan sendiri salah satu cara untuk mengurangi pajak. Dengan memiliki perusahaan biaya-biaya tertentu seperti perjalanan bisnis merupakan tax deduction, hal ini memungkinkan biaya perjalanan bisnis (liburan) yang mengurangi pajak ke pemerintah. Sehingga dengan penghasilan yang lebih besar orang kaya secara proposional akan membayar pajak lebih sedikit dari orang menengah/miskin.
Masih banyak yang dibahas di dalam buku ini tetang bagaimana ayah miskin (ayah kandung robert kiyosaki) dan ayah kaya (ayah sahabat robert kiyosaki) dalam mengajarkan pendidikan tentang keuangan. Adanya alur di dalam buku ini membuat jadi leboh nyaman membaca dan semakin menarik. Saya sendiri menghabiskan kurang dari satu minggu untuk menyelesaikannya.
Dont't work for money, let money works for you -Robert Kiyosaki