1: Pendahuluan

489 19 5
                                    

Yohanes 21:25 (TB)  Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Jadi menurut ayat tersebut, masih banyak hal tentang Yesus yang belum ataupun tidak tertulis.

Banyak orang bertanya-tanya:

"Siapakah Yesus?"

Kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes menulis tentang Yesus.

Namun tidak semua hal tentang Yesus mereka tulis. Rahasia itu memang tidak diperuntukkan bagi umum.

Rahasia itu hanya diperuntukkan bagi murid- murid Yesus saja. Diperuntukkan bagi golongan Yesus.


Markus 4:11 (TB)  Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan.

Dengan menceritakan perumpamaan, maka ada perbedaan penafsiran antara orang luar yang mencoba menafsirkan ajaran Yesus dengan penafsiran yang berasal dari Yesus untuk murid-muridNya.

Dengan munculnya banyak penafsiran, perbedaan prinsip dan paham, maka muncullah golongan-golongan setelah kebangkitan Yesus.

1 Korintus 1:12 (TB)  Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.

Setiap golongan mempunyai ajarannya sendiri, tafsirannya sendiri tentang Yesus sebagai tokoh utamanya.

Ada begitu banyak hal yang tidak ditulis tentang Yesus.

Yohanes 21:25 (TB)  Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Apa yang tidak tertulis itu menjadi rahasia berumur lebih dari dua ribu tahun.

Pertanyaan pertama adalah:

Mengapa Yesus perlu dilahirkan? Seperti diketahui bahwa telah ada nabi-nabi sebelum Yesus seperti: Abraham, Musa, Daud, Yesaya, Salomo, dll.

Matius 9:13 (TB) Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Yesus datang untuk orang berdosa. orang – orang yang belum mengetahui kebenaran, agar nantinya mereka dapat melihat “terang”, dan berhenti berbuat dosa.

Matius 1:21 (TB) Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Cara Yesus berbeda dengan cara yang diterapkan umat Israel pada waktu itu. Dimana pada waktu itu telah ditetapkan pembalasan terhadap yang jahat dan yang baik.

Keadilan Tuhan terhadap yang jahat dan yang baik. Yesus mengetahui bahwa ada yang kurang dalam hal ini.

Misalkan seorang melakukan kebaikan dengan memberi persembahan namun di hatinya orang itu memaki, merasa iri hati, dengki, sombong, dan membenci. Maka kata Yesus:

Matius 9:13 (TB) Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Yohanes 12:47b (TB) Sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.

Yohanes 12:46 (TB) Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Agar orang yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang tidak paham menjadi paham.

Yesus berusaha menerangi batin yang gelap menjadi batin yang terang.

Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

__________________________end part 1

Rahasia Yesus dalam Perjanjian BaruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang