Teknik, Teknik, Teknik (sample chapter)

152 4 1
                                    


"We are all apprentices in a craft

where no one ever becomes a master."

— Ernest Hemingway



"Kak, saya mau menulis novel tapi tidak tahu caranya."

Kalimat ini sering dilontarkan teman-teman saya di social media. Banyak dari mereka berminat menjadi penulis, bahkan beberapa sudah punya ide cerita, tapi bingung bagaimana menuangkannya menjadi novel. Ada yang sudah berjuang menuangkan karya, tapi macet di tengah jalan karena kehabisan ide atau tidak bisa mengembangkan plot. Ada lagi yang sudah menyelesaikan sebuah karya, tapi tidak yakin hasilnya bagus atau tidak.

Apakah kamu termasuk dalam salah satu kategori di atas? Jangan khawatir. Kamu tidak sendirian!

Menulis novel memang gampang-gampang susah.

Gampang memulai, gampang mendapatkan ide awal, tetapi susah mengembangkan ide itu menjadi cerita yang menarik dan logis, dan lebih susah lagi untuk mengubah ide tersebut menjadi naskah layak terbit.

Mari simak beberapa hambatan umum dalam menulis novel. Apakah kamu pernah mengalami salah satu atau bahkan semua hambatan di bawah ini?

Kehabisan ide, alias terkena writer's block.Cerita yang ditulis datar dan membosankan.Cerita yang ditulis berkembang ke sana kemari dan kehilangan fokus.Cerita terlalu cepat selesai.

Solusi yang sering ditawarkan untuk masalah-masalah di atas adalah berlatih. Kata mereka, semakin banyak cerita yang kita tuangkan semakin mahir kita menulis. Saya ingin mengungkapkan opini berbeda. Berlatih saja tidak cukup!

Pemain bulu tangkis bisa terus berlatih memukul, tapi tanpa mengetahui teknik yang benar, tidak mungkin dia menang melawan orang yang mengerti teknik. Tukang masak bisa terus memasak, tapi tanpa mempelajari macam-macam teknik memotong dan memasak, hasilnya pasti jauh berbeda dengan koki lulusan sekolah kejuruan memasak. Sama halnya dengan menulis, tanpa mengetahui teknik yang benar, proses belajar kita memakan waktu lama dan hasilnya tidak optimal.

Menulis adalah bentuk seni. Tidak ada orang bermimpi menjadi pelukis tanpa belajar teknik melukis. Orang tidak akan ragu mengatakan bahwa untuk menjadi pianis atau gitaris handal, kita perlu mempelajari teknik bermain, bukan sekadar 'kecring-kecring' saja. Tapi kalau soal menulis, banyak orang berpikir untuk menelurkan karya yang baik, kita hanya perlu menggunakan imajinasi dan terus menulis.

Waktu pertama kali saya mencoba-coba menulis, saya juga berpikiran seperti itu. Saya menyelesaikan sebuah novela dengan cara 'asal menulis', dan awalnya saya mengira karya itu bagus—sampai saat saya memasukkannya ke komunitas penulis online dan mendapatkan masukan yang cukup menyengat. Ups.

Saya bersyukur untuk masukan jujur itu, karena masukan itu membuka mata saya. Di komunitas tadi, saya mendengar istilah-istilah baru seperti in medias res, titik balik plot, tujuan adegan dan masih banyak lagi. Saya tersadar, banyak hal yang perlu saya pelajari untuk mematangkan dan memperbaiki tulisan saya.

Untuk menjadi penulis yang baik, kita tidak bisa asal menulis. Kita perlu mempelajari teknik menulis.

Di buku ini, saya ingin membagikan teknik-teknik menulis penting yang akan membantu kamu mengubah ide awal menjadi karya yang matang dan menarik. Teknik-teknik ini dipakai penulis-penulis terkenal di dunia dan akan mengajarkan kamu cara membangun fondasi cerita yang kuat, mendirikan pilar-pilar plot dan mengisi rumah ceritamu dengan tokoh-tokoh yang merebut hati pembaca. Tidak hanya itu saja, saya juga akan mengungkapkan jurus-jurus yang akan menghidupkan ceritamu, sehingga apa yang tertuang di kertas seindah apa yang ada di kepalamu.

Karena kebanyakan penulis adalah orang-orang sibuk yang menulis sebagai kegiatan sambilan, saya sengaja menyusun buku ini dalam bentuk panduan singkat dan padat, dengan ringkasan dan latihan-latihan yang bisa kamu ikuti setiap kali kamu hendak mengembangkan ide dan memulai cerita baru. Belajar teknik menulis tidak perlu memakan waktu lama. Setelah mengetahui teknik-teknik penting ini, kamu bisa menjalankan saran yang sering kamu dengar: berlatih hingga mahir.

Sudah semangat belajar? Mari membangun rumah cerita kita dari dasar!


----

Buku panduan menulis ini dapat dibeli di Google Play: https://play.google.com/store/books/details?id=UqPcDQAAQBAJ

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 13, 2017 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Membangun Rumah CeritamuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang