Anyeong.... Anyeong hihihih......
Gimana kabar kalian sekarang? Semoga sehat selalu yaa^^ ( Amin-amin )
Ok! langsung saja.
Kalian mungkin sudah mengenal dengan berbagai macam karya tulis yang ada, salah satunya Fanfiction.
Dan mimin yakin Di telinga kalian pun sudah tidak asing dengan kata " Fanfiction " tapi yang jadi permasalahannya, kalian tidak tau, apa itu Fanfiction?
Fanfiction atau yang lebih dikenal Fanfict, FF itu adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan sebuah kisah yang karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic ini bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis, animedan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.
Karena fanfic hanya sebuah imajinasi seseorang, mungkin ada beberapa fans dan pembaca tidak suka lalu memberikan komentar pedas! ( " bash " atau " flame " ) pada fanfic tersebut. Untuk mencegah hal itu, biasanya seorang penulis fanfic (author) memberikan peringatan atau kategori untuk fanfic tersebut.
( Untuk detail istilah FF yang lebih lengkapnya, kalian bisa lihat sendiri di om gugel )
Nah, sekarang kalian sudah punya gambaran kan tentang FF? Sekarang kita mulai tips awal dalam membuat FF tersebut. Sejauh saya membuat FF, saya selalu menggunakan 3 cara ini
Di antaranya: Niat, Konsep dan terakhir Revisi / Koreksi.
***
- Niat?
Niat itu jika di ibaratkan sebagai pondasi dalam sebuah bangunan, tanpa ada sebuah pondasi maka itu akan sia-sia. Sama halnya membuat FF, tanpa adanya niat, kalian tidak akan bisa membuatnya walaupun dengan usaha yang keras sekalipun! hasilnya akan sia-sia.
***
- Konsep?
Dalam proses pembuatan FF saya selalu meng-kedepankan namanya Konsep. Temanya, jalan cerita, latar belakang setiap karakter, konflik para cast, akhir ceritanya.
Kalo mimin selalu menysusun dengan rapih konsep tersebut sebelum membuatnya. Jadi, saat mimin membuatnya tidak terlalu pusing atau berhenti di tengah jalan cerita yang mimin buat.
Tidak banyak orang yang menggunakan konsep saat membuat FF, dan mimin pun tidak menganjurkan kalian menggunakan konsep tetapi jika kalian membuat cerita yang memiliki genre FANTASY, ACTION saran menggunakan konsep kalian harus pertimbangkan kembali jangan sampai saat kalian membuatnya mendadak kehilangan arah ceritanya ( engga apa deh kehilangan arah cerita asal bukan kehilangan kamu.... iya kamu.... #plakk )
Jika kalian termasuk orang dengan ingatan paling buruk ( termasuk mimin TwT ) kalian bisa menulis konsepnya di dalam kertas maupun media tulis lainnya. Setelah konsep kalian di tulis, kalian bisa mencoba menuangkan semua dan membuatnya.
***
- Revisi/Koreksi, cieee Revisi cieee serasa lagi nulis skripsi ini. #Plak Di tabok pembaca
Revisi adalah sebagai pemanis atau hidangan penutup untuk mimin, karena sebelum FF akan di post biasanya mimin koreksi dulu, apakah alur ceritanyanya sesuai dengan konsep sebelumnya atau bertentangan? ( resiko saat melibatkan Konsep pasti akan mendapat tambahan-tambahan alur cerita yang baru, dan biasanya tambahan-tambahan memiliki inti yang sama pada konsep sebelumnya ) Salah dalam penulisan ( Typo ) Ejaan yang tidak sesuai Ejaan Bahasa Indonesia.
Ketiga itu sangat penting bagi mimin, dan mimin selalu menggunakan ketiga itu dan alhamdullilah hasilnya sedikit memuaskan.
Bagus tidaknya karya kalian itu tergantung dari latihan, dengan berlatih kalian akan meningkatkan hasil yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Mungkin bisa jadi, hasil kalian bisa lebih baik dari karya mimin.
Demikian lah Tips dari mimin untuk kalian, semoga dengan bacaan ini bisa membantu kalian dalam membuat Fanfiction.
Tetap semangat dalam berkarya!
pay-pay....
KAMU SEDANG MEMBACA
Tips Mudah Dalam Membuat Fanfiction ( Newbie Only )
Non-FictionTips ini di tujukan pada para pemula untuk membuat fanfiction. Semua yang berada di dalamnya adalah murni hasil bikinan pribadi. Semoga bermanfaat...