LIFE

9 1 0
                                    

Kehidupan itu sendiri merupakan anugerah dari Allah SWT,SANG PEMILIK KEHIDUPAN. Sedangkan hidup adalah cara bagaimana kita dapat mensyukuri kehidupan itu sendiri.

Maaf, baru belajar nulis cerita. Sebernernya nulis cerita kaya gini terinspirasi dari author-author hebat yang udah bisa buat cerita-cerita bagus. Soal genre saya sendiri ga yakin masuk kategori apa. Tapi yang jelas saya lagi ga mau berkhayal atau buat cerita-cerita yang diluar jangkauan. Cerita ini sekelumit tentang kehidupan sehari-hari yang sedikit dibumbui biar gak terasa hambar. Maaf, kalau ada yang tersinggung dan makasih banyak udah menginspirasi. Kita mulai ceritanya aja kalau gitu😀😀😀😀.




1# Kehilangan

Hampir 6 tahun kepergian mamah, sedangkan gw masih gini-gini aja. Ga ada yang berubah disini, tunggu bukan ga ada tapi ada beberapa hal yang berubah disini. Dari mulai gw yang lebih gemuk sampe gw yang berubah jadi ga kaya dulu. Ga bergantung sama sosok alm. Mamah. Nah lho, gimana juga bergantung. Ahhhhh ketergantungan. Sebelum mamah meninggal beliau pernah kasih banyak nasehat,yang kadang ga bisa gw hafal jelas dikepala. Cuma sesekali inget dan gw buka-buka lagi buku memory gw. Hhmm, gw AFRIYANTI MAYUNDA anak pertama dari 2 bersaudara. Maunya sih gw punya kaka laki-laki biar bisa jagain gw gitu kaya disinetron atau cerita-cerita lainnya yang gw baca di wattpad, enak kayanya. Tapi apalah daya gw punyanya adik cowo yang sifatnya bisa buat gw tepok jidat speachless iya namanya SETYA RAMADHAN. Umur kita berdua bedanya lumayan jauh, 6 tahun. Ga tahu deh alm. Mamah dulu nyidam apa yang jelas gw sama dia jarang akur, Kaya tom and jerry. Setelah mamah meninggal otomatis kita tinggal cuma bertiga aja sama bapak. Bapa itu orangnya sebelas duabelas sama ade gw, bisa dibilang kaya pinang dibelah dua. Ade gw semata wayang itu mukanya mirip banget sama bokap cuma kurang tinggi sama idungnya kurang mancung, sifatnya agak mirip tapi bapa biarpun cold tapi perhatiannya luar biasa. Hehehe, kalau gw sih emang pendek. Kalau temen-temen gw bilang agak mirip alm. Mamah, tapi ya itu cuma pendapat mereka. Gw sama alm. Mamah tu beda banget. Beliau sih lembut, tegas, perhatian, kalem dan sholehah. Beda 180 derajat sama gw, yang pecicilan gini. Dulu sih manja banget, sekarang sih lumayan lah sifat manjanya berkurang dikit. Alhamdulillah ge bisa laluin semua ini hampir 6 tahun, alm mamah meninggal karena tumor ganas. Jadi sedih sih kalau inget semuanya. Masih teringat jelas dimemory gw waktu alm. Mamah sakit, pagi itu gw bangun sekitar jam 5 pagi. Biasanya mamah yang bangunin buat sholat shubuh, tapi mungkin karena udah kenyang tidur jadinya bangun sendiri tanpa dibangunin. Pas gw bangun mau ambil wudhu,gw lihat saudara-saudara udah ngumpul deket mamah. Gw cuma bilang, mamah kenapa mang? Om gw bilang kalau mereka lagi bujukin mamah supaya mau di rawat di rumah sakit. Gw bilang ya, ya udah kalau nanti abis sholat gw bantuin bujuk. Om, neng mau sholat dulu ya. Selesai sholat gw temuin mamah, sambil tanya apa mamah ngerasa sakit banget? Mamah makan dulu terus minum obat. Neng suapin. Gw ambil, air anget sama sendok buat madu. Gw, ambil obat sebelum makannya. Ntah berapa bungkus obat yang ada diatas meja. Sambil gw baca dulu sebelumnya. Sebelum gw buka bungkus obatnya mamah udah bilang kan, kalau ga mau minum obatnya lagi, ko kamu ga ngerti juga sih. Kenapa kamu paksa mamah, kaya yang lain. Gw cuma lihat saudara-saudara gw yang lain sambil diem. Salah seorang sepupu gw bilang,iya teh ua nya ga mau minum obat juga ga mau ke rumah sakit. Dari semalem waktu teteh pulang kerja udah ga mau minum obatnya. Gw langsung bengong, sambil bilang ko ga ada yang bangunin sih kalau mamah ga mau minum obatnya. Ada rasa nyesel karena habis pulang kerja semalem gw mandi langsung masuk kamar, ga kaya biasanya pulang kerja cerita-cerita dulu sama mamah. Udah jadi kebiasaan, semenjak mamah sakit pulang kerja cerita-cerita dulu.
Nyesek gw denger kalau semalem mamah drop, tapi ga ada yang bangunin gw.
Itu kedua kalinya mamah drop and kesakitan. Waktu pertama kali mamah drop itu seminggu sebelumnya, gw inget banget waktu mamah kesakitan tapi semua obat dokter yang ada diatas meja ga bisa ngeredain rasa sakitnya. Mamah cuma bilang, neng mamah sakit udah ga kuat lagi, neng ikhlasin mamah ya. Apa neng ga kasian sama mamah sakit terus begini, neng ikhlasin. Hari itu dengan egoisnya gw bilang Allah pasti sembuhin mamah, nanti kalau mamah sembuh kita jalan-jalan terus ntar neng beliin apa yang mamah mau gw bilang itu sambil nangis. Hari itu di rumah cuma ada gw, ua sama nene. Nene sama ua sambil berbarengan bilang kalau ge harus dengerin mamah ngomong. Gw deketin mamah terus tidur disampingnya sambil nangis. Ya udah, neng tidur sebelah mamah aja sambil dengerin mamah ngomong. Sambil ngelus kepala, mamah bilang kalau beliau ga kuat ini sakit banget. Gw tatap mamah terus bilang, mamah pasti kuat, mamah kan hebat wonder womennya neng. Mamah pasti sembuh, kalau mamah sembuh ntat kan bisa masakin semur sama pepes kesukaan neng lagi terus kita ke rumah ua sama nene. Mamah ga sayang sama neng and dede ya? Kenapa mamah mau nyerah? Apa sakit banget ya? Terus kalau mamah ga ada neng sama dede gimana? Mamah ga kasian sama dede? Mamah diem beberapa saat terus ngomong. Mamah sayang banget sama neng & dede. Kalau mamah ga ada kan dede ada neng, mamah titip dede sama neng aja ya. Neng harus janji bakal jagain dede ya kalau mamah ga ada, karna mungkin suatu saat bapa nikah lagi. Jadi neng harus jaga dede ya. Jangan nangis sayang, mamah sayang banget sama neng. Neng dengerin mamah dulu sebentar. Neng kan tahu kalau manusia itu bakal mati, kalau ga sekarang mungkin besok. Ga semua orang sakit langsung meninggal kadang orang yang sehat juga meninggal. Iya neng ngerti kalau manusia bakal meninggal. Tapi neng harus ikhlas kalau mamah meninggal, neng ikhlasin mamah jangan nangis. Jagain dede, doain mamah terus. Tapi neng ga mau kalau mamah meninggal.
K

alau neng sayang mamah, neng harus bisa ikhlasin mamah, ikhlasin kalau suatu saat bapa harus nikah lagi. Neng juga harus doain mamah terus nanti, neng harus bisa HIDUP tanpa mamah. Neng bilang kan mau lanjutin kuliah lagi terus mau bangun rumah sendiri. Mamah ga pernah ngajarin kamu jadi cengeng, mamah selalu ajarin kamu supaya jadi kuat. Inget pesen-pesen mamah ya. Neng harus bisa ikhlasin mamah kalau bener-bener sayang sama mamah.  Neng sayang sama mamah, maafin neng belum bisa bahagiain mamah sambil pegang tangan mamah (menikah). Gw malah bilang, maafin neng karna sampe hari ini neng belum nikah and belum kenalin calon suami. Neng pasti nikah, tapi ga sekarang karna belum ada calonnya. Tapi neng mohon, mamah ridhoin neng ngejar cita-cita neng. Mamah ridhoin neng, tapi neng harus inget kata-kata mamah. Kalau mamah meninggal, neng harus bisa IKHLAS.  Percakapan panjang gw hari itu di depan ua juga nene terlintas dibenak gw. Hari ini mamah drop lagi, dan yang mamah panggil waktu drop bapa sama ade. Gw tatap mata mamah lumayan lama terus bilang, kalau mamah sakit terus ga mau minun obat apalagi ke rumah sakit ya udah, neng ga akan maksa mamah. Tapi kalau mamah mau ke rumah sakit ntar neng anter, neng bisa bolos kerja. Neng ga akan maksa mamah lagi, neng mau ngaji disini aja kalau gitu. Setelah liat gw ngaji, mamah terus bilang kalau beliau mau di bawa ke rumah sakit. Gw bilang bapa kalau mamah mau dibawa rumah sakit, langsung bapa telpon om gw yang tinggal di depan rumah mibta bantuan dicariin mobil. Lumayan lama juga nunggu mobilnya, sambil nunggu mobil semua keluarga ge dipanggil supaya deket mamah and ngaji. Sedangkan gw sendiri pergi mandi dulu and siap-siap ke rumah sakit. Hari ini ge ijin ga ke kantor. Selesai mandi gw lihat semua orang udah ngelilingin mamah. Ada yang ngaji ada juga yang nenangin mamah yang daritadi gelisah nunggu mobil. Salah satu tetangga gw bilang supaya kita senua minta maaf. Ntah firasat atau apa tapi hari itu perasaan gw ga enak. Gw panggil ade gw buat minta maaf sama mamah sebelum pergi ke rumah sakit. Udah banyak tetangga juga yang kumpul and bantuin. Mobil yang ditunggu datang, gw bisikin mamah kalau mobilnya udah datang jadi kita bisa berangkat ke rumah sakit. Kondisi badan mamah drop banget jadi beberapa orang bantu buat gendong ke mobil. Sampai di mobil, mamah di bangku tengah sama bapa and om. Di bangku belakang ada bibi sama om gw yg lain. Gw sendiri duduk deket supir bareng ade gw, nyalahin aturan emang tapi karna urgent jd terpaksa kita duduk dempet-dempetan. Sepanjang jalan semua orang di mobil baca kalimat-kalimat tasbih tanpa henti, termasuk mamah. Sesekali gw and Setya nengok ke arah mamah buat mastiin mamah masih melafalkan kalimat tasbih. Ditengah jalan gw nengok ke belakang karna bapa bilang Astagfirllah keras banget. Gw lirik ke arah bapa, ada air mata di matanya. Terus gw lirik ke arah mamah, mulutnya udah terkatup, matanya kaya orang tidur. Om gw bilang kalau mamah lagi tidur, agak sedikit lega karna gw lihat mamah masih bernafas. Sesampainya di ruang igd, beberapa perawat datang sambil membawa branker. Salah seorang perawat berusaha buat bangunin mamah, tapi ga juga bangun. Gw cuma diem sambil tarik nafas. Setya bilang ga usah bangunin mamah yang lagi tidur. Di dalam igd dokter mulai meriksa terus bilang ko merem? Setya sama om bilang kalau mamah tidur. Dokter mulai periksa denyut jantungnya, dari ekspresinya gw lihat gelagat yang ga enak. Selesai meriksa dokter bilang maaf, mamahnya ga tidur de. Setya panik terus bilang dokter tadi mamah tidur ko, tadi di mobil masih baca tasbih coba dokter periksa sekali lagi. Dokter akhirnya ambil alat pacu jantung, dan beberapa kali berusaha buat jantungnya berdetak. Sekali lagi dokter minta maaf and bilang kalau mamah udah meninggal. Semua orang nangis denger kata-kata dokter tadi. Setya histeris sambil bilang dokter bohong mamah masuh hidup kan, mamah ga meninggal. Mamah kan udah janji mau lihat Setya jadi tentara. Mamah bohong, mamah bilang mau lihat Setya sukses, mamah bilang mau nemenin Setya. Teh lihat mamah, kenapa mamahnya tidur terus. Kab tadi mamah cuma tidur iya kan teh? Tadi mamah masih nafas kan teh? Setya masih lihat mamah baca tasbih kenapa dokternya bilang mamah udah ga ada.  Bapa langsung peluk Setya buat nenangin dia. Sakit rasanya liat Setya kaya gitu. Semua orang nangis ditambah Setya yang masih histeris. Gw peluk Setya sambil bilang, de ikhlasin mamah ya sayang, kasian mamah. Kalau kamu sayang mamah berenti nangisnya kita berdoa buat mamah. Setya masih belum bisa ngontrol emosinya, Setya yang cool tanpa ekspresi mendadak jadi histeris. Bapa ngerangkul kita berdua sambil bilang kan masih ada bapa. Jangan nangis ya de, ade punya kita semua. Ade sekarang peluk mamahnya dulu sekarang, ade harus kuat. Kata-kata bapa berhasil redam emosi Setya. Hari itu seperti nightmare buat kami sekeluarga, kehilangan sosok seorang ibu ibarat kehilangan malaikat pelindung yang selalu ada. Malaikat pelindung buat kita semua. Lebih sakit dari patah hati. Tapi hidup harus terus berjalan, seiring berjalannya waktu gw, bapa juga si bungsu Setya harus lanjutin kehidupan itu sendiri dengan hidup dengan baik. Ikhlas itu nasehat terakhir mamah buat gw. Life must go on. Belajar arti kehidupan dari hidup itu sendiri. Hari itu kami sekeluarga harus belajar arti kata perpisahan dan ikhlas.

Maaf ya kalau ceritanya jelek. Mohon koreksinya




Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 26, 2017 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

L I F ETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang