Pada suatu hari, hiduplah seekor kelinci. Ia tinggal di hutan. Kelinci tidak mempunyai teman. Ia pun sangat kesepian.
Saat kelinci mencari makan, ia melihat seekor rusa berada di dalam jaring yang telah dipasang oleh seorang pemburu.
"Hai kelinci. Tolonglah aku." Kata rusa ketika melihat kelinci melompat di dekatnya.
"Kalau aku mengeluarkanmu dari jaring itu, apakah kamu mau berteman denganku?", tanya kelinci.
"Iya, aku mau menjadi temanmu. Ayo cepat keluarkan aku dari sini." Jawab rusa sambil merintih kesakitan.
Akhirnya kelinci mempunyai ide untuk mengeluarkan rusa dari jaring yang menjeratnya.
Ia pun segera menggigit tali jaring menggunakan giginya. Setelah beberapa saat, akhirnya jaring itu bisa terlepas.
"Terima kasih kelinci kamu sudah menolongku." Ucap rusa dengan bahagia.
"Sama-sama rusa, jadi sekarang kita berteman?", tanya kelinci.
"Iya, kita sekarang berteman." Jawab rusa sembari tersenyum.
***
Suatu hari, kelinci dan rusa berjalan-jalan di hutan dan berhenti di pinggir sungai.
"Kelinci, apakah kamu haus?", tanya rusa.
"Iya rusa, aku sangat haus."
"Aku akan mengambilkan air untukmu. Tunggu sebentar, aku akan mencari daun untuk mengambil air." Kata rusa. Rusa lalu mencari daun untuk mengambil air di sungai.Tak lama kemudian, rusa kembali menghampiri kelinci sambil membawa sebuah daun. Ia lalu mengambil air di sungai menggunakan daun itu yang kemudian diberikan pada kelinci.
"Ini minumlah kelinci, supaya kamu tidak haus lagi." Kata rusa sambil memberikan daun berisi air.
''Terima kasih rusa. Kamu sangat baik kepadaku. Ayo kita minum bersama. Kamu juga haus kan?'', jawab kelinci.
"Hehehe, bolehkah?", tanya rusa sambil tersenyum.
"Tentu saja boleh. Kamu kan temanku." Kata kelinci dengan bangga.
Sejak saat itu, kelinci berteman baik dengan rusa. Mereka selalu tolong menolong satu sama lain. Mereka berdua selalu pergi bersama-sama dan tidak pernah terpisah.
THE END