Minggu siang disebuah Mall. Seorang bocah lelaki umur delapan tahun berjalan menuju kesebuah gerai tempat penjual es krim. Karena pendek, ia terpaksa memanjat untuk bisa melihat si pramusaji. Penampilannya yang lusuh sangat kontras dangan suasana hingar bingar mall yang serba wangi dan indah.
"Mbak sundae cream harganya berapa?" sibacah bertanya.
"Lima ribu," si pramusaji menjawab. Bocah itu kemudian merogoh recehan duit dari kantongnya. Ia menghitung recehan di tangannya dengan teliti. Sementara si pramusaji menunggu dengan raut wajah tak sabar. Maklum, banyak pembeli yang lebih 'berduit' ngantre dibelakang pembeli ingusan itu. "Kalau Palin Cream berapa?" dengan suara ketus setengah melecehkan. Si pramusaji menjawab, "Tiga ribu lima ratus". Lagi lagi sibocah menghitung recehannya, " kalau begitu saya mau sepiring Plain Cream saja, mbak," kata sibocah sambil memberikan uang sejumlah harga es yang diminta. Si pramusaji pun segera mengangsurkan sepiring Plain Cream.Beberapa waktu kemudian, si pramusaji membersihkan meja dan piring kotor yang ditinggalkan pembeli. Ketika mengangkat piring es krim bekas dipakai bocah tadi, ia terpajat. dimeja itu terlihat 2 keping uang lima ratusan serta 5 keping recehan seratusan yang tersusun rapi. Ada rasa penyesalan tersumbat dikerongkongan. Sang pramusaji tersadar, sebenarnyabocah tadi bisa membeli Sundae Cream. Namun, ia mengorbankan keinginan pribadidengan maksud agar bisa memberikan tip bagi si pramusaji.
Pesan Moral : Setiap manusia di dunia ini adalah penting. Dimana pun kita wajib memperlakukan orang lain dengan sopan, bermartabat, dengan penuh hormat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerita Motivasi
Short StoryCerita ini saya rangkum dari beberapa sumber ya teman-teman ( ◜‿◝ )♡ Semoga kalian senang dengan ceritanya... Salam Hangat😇😇