CREATED BY
GHINA FAUZIYYAH
Perjalanan pulang menjadi sangat membosankan. Semua gara-gara Nor mengguyurku di kamar mandi tanpa sengaja. Kini, seragamku basah kuyup. Mana hari ini cuaca mendung lagi. Anginnya yang bertiup kencang, tak bisa ku anggap sejuk. Malah menggigit tulang. Dingin. Ingin ku marahi saja matahari yang hanya bisa mengintip dari balik awan hitam sana. Kenapa dia tidak memamerkan dirinya saja sih? Bukannya itu lebih baik?
Hiruk pikuk pasar tradisional yang sedang ku lalui begitu bising. Aromanya berhasil membuatku membungkam hidung. Di emperan sana, sekumpulan ibu-ibu sedang berebutan mendapatkan peralatan masak yang super duper diskon. Huh, menambah suasana pasar menjadi lebih sumpek saja. Segera ku percepat langkahku agar cepat-cepat pergi meninggalkan area pasar.
Di perempatan jalan, aku mulai melihat preman-preman yang biasa mangkal di pos ronda. Kalau boleh sekilas info ya, kadang aku sendiri sering tertawa diam-diam. Mas iya preman mangkal di pos ronda? Hahaha. Pernah ku dengar salah satu dari mereka mengatakan, “ Di kota gini, banyak preman kayak kita, Bos. Lebih kekar dan hebat dari kita. Makanya, tempat-tempat yang seharusnya layak jadi tempat mangkal kita malah direbut oleh mereka. Terpaksa, kita tidak punya tempat lagi selain pos robda yang sudah toidak terpakai ini.” Aku yang mendengarnya langsung tertawa terpingkal-pingkal. Apalagi ketika ada seorang warga yang menanyakan alamat sebuah rumah di daerah tersebut.
“Pak Hansip, boleh numpang tanya kagak? Tahu alamat bla.. bla.. bla..?” Tanya seorang warga.
“Pak Hansip, Pak Hansip, gue ini preman tau…!” Sentak salah satu dari mereka.
“Oh, aye minta maaf. Tapi bapak tahu kagak dimana alamatnya?”
“Udeh salah, manggil bapak lagi, kagak liat ape gue masih muda? Udah sono pergi, gue kagak apal alamat entu.”
Aku berjalan melewati mereka seolah pura-pura tidak tahu dengan adanya keberadaan mereka. Sial. Sayangnya, aku malah dicegat. Terpaksa, ku kerahkan sisa tenagaku untuk melawan mereka satu persatu. Untung, hanya ada dua orang preman yang ada disana saat itu. Jurus karate yang sudah ku pelajari semenjak duduk di bangku sekolah dasar bisa ku pergunakan juga. Dengan kuda-kuda yang cukup kencang, ku alirkan semua tenagaku ke dalam kepalan tangan yang kuat.
CIAAATTTT !!!
“Aduh, duh, duh, Joe…!!!” Jeritku kesakitan. Tetanggaku, Joe tiba-tiba menjewerku dari arah belakang.
“Sakit tau…!”
“Ngapain sih cewek ingusan kayak elu ngelawan orang-orang kayak mereka. Kagak pantes tau. Cewek kayak elu tuh seharusnya diem aja di rumah!” Ceramahnya.
“Mereka sendiri yang nyegat aye. Aye kan cuma ngelawan.” Ucapku membantah.
Joe tidak mendengarkan alasanku. Ia malah memberikan isyarat kepada kedua preman itu agar cepat pergi dari sini. Preman itu menurut dan langsung pergi. Aku sih wajar-wajar aja kalau preman itu nurut sama Joe. Joe kan orangnya gaul. Ia berteman dengan siapa saja, baik itu kyai atau seorang preman sekalipun. Ia pun berniat mengantarkanku pulang ke rumah. Katanya sih jaga-jaga, biar aku nggak diganggu orang jahat lagi. Meskipun aku selalu dianggap cewek ingusan, ia selalu baik padaku. Senangnya punya teman plus tetangga seperti dia.
“Ci, mampir dulu yuk?” Ajaknya.
“Ah ogah, kagak mau aye main ke rumah lu. Aye capek.” Jawabku menolak.
“Yee, siape lagi yang mau ajak kamu ke rumah. Maksud aye tuh, kita mampir dulu ke tukang bakso di seberang jalan sono, mau kagak?” Tawarnya lagi.
“Haha.. lu mao ngapelin tukang bakso?” Ucapku iseng.
“Awalnya sih aye niat mao traktir elu. cuman yah sayangnya elu kagak mau. Ya udah nggak ape. Aye makan sendiri aja. Bye!” Ia pun pergi meninggalkanku.