Ben Whishaw adalah seorang anak yatim piatu yg terlahir terlahir di jalanan kumuh kota Paris.Dia tidak mahir berbicara sehingga dia dijauhi banyak orang.Tetapi dia dianugerahi indera penciuman yg sangat luar biasa.Sayangnya,dia dijual ke sebuah pabrik penyamakan kulit yg bau,sehingga dia tersiksa dengan aroma yg harus dihirup nya setiap hari.
Ketika sedang mengantarkan pesanan kulit ke kota,Grenouille mengenal cairan wangi yg bernama Parfum,racikan seorang ahli parfum terkenal di Paris bernama Giuseppe Baldini.Dia sangat menyukai wangi parfum itu dan berusaha keras untuk menemukan materi apa saja yg telah membuatnya begitu wangi.
Ketika sedang sibuk mencari aroma-aroma yg mungkin saja berada diantara campuran parfum itu,tiba-tiba saja ia mencium aroma yg sangat wangi yg belum pernah diciumnya sebelumnya.
Ternyata aroma yg sangat wangi itu berasal dari seorang gadis penjual buah yg sedang berjalan beberapa meter di depannya.Gadis itu miskin jadi tidak mungkin ia menggunakan parfum.Jadi aroma wangi yg diciumnya itu sudah pasti berasal dari aroma wangi tubuhnya.
Ketika itulah Grenouille menemukan aroma yg paling wangi diantara semua campuran parfum biasa.Saking terobsesi nya dengan aroma wangi tubuh wanita itu,Grenouille mulai membunuhi gadis cantik di kota itu.Dia membuat suatu ramuan dari lemak hewan,yg bisa menyimpan semua aroma tubuh para gadis-gadis itu.
Hanya saja cara nya sangat aneh.
Dia hanya mengoleskan lemak itu ke sekujur tubuh si gadis,lalu mengeruk kembali lemaknya dari kulitnya dengan menggunakan sebuah pisau.
Tapi tentu saja,semua gadis yg dimintanya untuk menjadi sukarelawan akan ketakutan dan menolak.Akhirnya dia membunuhnya,Gadis pertama yg dibunuhnya adalah si penjual buah yg ditemukannya di jalan.Sejak saat itulah,ia mulai membunuh satu per satu gadis cantik yg ada di kota itu.Seluruh penduduk kota sangat ketakutan.Namun,tuduhan diarahkan kepada pria miskin dan belum menikah yg bertebaran disana.
Akibatnya banyak yg menjadi korban,dibunuh karena dicurigai.
Pihak gereja sudah mulai resah dengan semua kericuhan ini.
Mereka beranggapan kalau setan yg ada dibalik semua kejadian buruk ini.
Dan memutuskan untuk mengundang kardinal agar mendoakan kota itu agar bebas dari kuasa jahat.Bertepatan dengan munculnya sang kardinal,salah seorang penjahat yg ditangkap mengaku kalau dia adalah si pembunuh gadis-gadis cantik di kota itu.Seisi kota menjadi lega dan tak ada lagi rasa takut untuk keluar malam.Mereka kembali berpesta seperti sebelum kejadian pembunuhan itu berlangsung.
Tanpa mereka sadari Grenouille mengintip dari balik kegelapan,ia merasa beruntung akan kejadian yg tak terduga ini.Sebenarnya ia mengincar seorang gadis berambut merah yg sangat cantik bernama Laura.
Hanya saja Laura berbeda dengan korban-korban sebelumnya,karena ia adalah putri dari seorang bangsawan kaya.Sementara korban-korbannya yg lain hanyalah gadis miskin dan gadis pelacur saja,sehingga lebih mudah didapatkan.
Lemak dari tubuh para gadis yg dibunuhnya itu kemudian di suling nya,sehingga berubah menjadi ekstrak parfum sebanyak satu sendok makan.Masing-masing ekstrak parfum dimasukkannya ke dalam botol kecil yg terpisah-pisah.
Ketika akhirnya botol yg ke-24 terisi,maka tinggal Laura yg harus segera didapatkan dan aroma tubuh Laura yg akan menjadi botol ke-25.Ayah Laura,Richis tidak begitu percaya kalau si pembunuh berantai itu sudah tertangkap.Dia yakin,kalau yg mengaku itu bukan pembunuh yg mereka cari selama ini dan yg sebenarnya masih berkeliaran di luar sana untuk mencari mangsa selanjutnya.
Karena itu dia begitu protektif menjaga putri nya dan melarangnya keluar rumah terlalu lama.Tapi Laura adalah gadis periang ,dia tidak suka terlalu dikungkung oleh ayahnya.Karena itu,ayahnya memutuskan untuk membawa Laura ke luar kota dan menitipkan nya di sebuah biara,sampai pembunuh itu ditangkap.
Mereka berangkat dini hari dengan naik kuda,Richis merancang agar rombongan mereka dibagi dua.
Satu rombongan yg membawa perlengkapan mereka berjalan lewat jalur selatan,sedangkan mereka berdua melewati utara.Tapi penciuman Grenouille yg sangat luar biasa,tidak dapat ditipu.Ia tetap bisa menemukan keberadaan Laura,hanya dengan menghirup nafas dalam-dalam dan berusaha menghirup aroma si gadis cantik itu.
Dan ia pun berhasil menemukan Laura,lalu membunuh Laura saat sedang tidur dikamar nya.Ia lalu menyuling lemak tubuh Laura dan mencampurnya dengan ke-24 botol kecil yg sudah dimilikinya.
Dan terkumpullah satu botol kecil berisi beberapa mililiter inti parfum dari ke-25 gadis muda dan cantik yg telah dibunuhnya.Pada saat itulah,Richis berhasil menangkapnya dan melaporkannya kepada pihak yg berwajib.
Mereka merencanakan hukuman yg sangat kejam untuk Grenouille.Hukuman ini sangat terkenal di Paris pada masa itu.Dimana penjahat akan diikat sebuah kayu,lalu seorang algojo akan memukul 12 sendi yg ada di tubuhnya hingga patah.
Ini adalah proses kematian yg sangat menyakitkan dan lama.
Sehingga para penjahat itu akan merasakan sakit yg amat luar biasa terlebih dahulu dan kemudian mati.Ketika dijemput dari penjara,Grenouille mengeluarkan botol parfum nya.
Dan tanpa sengaja,mengeluarkan beberapa tetes ke tangan nya.
Tanpa diduga,setelah mencium aroma parfum itu,Kepala penjara berubah sikap dan berlutut menyembah nya.
Ia bahkan memberikan baju nya yg mewah kepada Grenouille.Juga memberikan kereta kuda nya untuk dipakai Grenouille ke lapangan tempat dia akan di eksekusi.Ribuan massa yg sudah menunggu dengan marah terheran-heran melihat penjahat yg akan di eksekusi itu datang menggunakan mobil mewah milik pejabat dan mengenakan pakaian mahal yg kebesaran,Karena kepala penjara itu gendut,sedangkan Grenouille sangat kurus.
Ketika ia sudah berada di atas panggung di tempat eksekusinya,dia mengeluarkan sapu tangan sutera dari kantongnya dan memercikkan sedikit parfum miliknya ke ujung saputangan nya.Sang eksekutor yg sangat kejam dan bengis itu langsung berlutut menyembah nya dan berseru kepada orang banyak kalau Grenouille tidak bersalah,orang-orang semakin heran dan Grenouille bertambah semangat.
Ia lalu melambai-lambaikan sapu tangan nya ke arah orang banyak,khusus nya ke arah kardinal yg berada agak jauh darinya.
Seketika,semua orang seperti melayang dan lupa diri.
Bahkan kardinal jatuh berlutut menyembah dan menyebut kalau Grenouille bukanlah manusia.
"He is an angel,He is an angel."Katanya.
Dan dalam sekejap kerumunan orang ramai itu berlutut menyembah nya lalu pingsan tak sadarkan diri.Akhir cerita,
Grenouille berjalan sendirian menuju ke tempat kumuh,tempat ia dilahirkan dahulu.Dalam perjalanan ia berpikir kalau parfum yg dimilikinya ini tak ada artinya sama sekali.
Parfum itu memang bisa membuat ia memperbudak seluruh dunia.
Dia bisa mengirim surat yg ditetesi parfum itu kepada Paus dan mengatakan kalau ia adalah mesias yg baru.Namun,ia tidak melakukannya.Sehebat apapun parfum it,tidak akan bisa membuat orang lain mencintainya dengan tulus.
Mereka hanya mencintainya karena pengaruh parfum itu.
Dan gadis yg dicintainya,si penjual bunga di jalan kumuh yg pertama dibunuhnya,tidak akan hidup kembali.Dan akhirnya,ia memutuskan untuk kembali ke daerah yg membesarkan nya dulu.Di jalanan kumuh Kota Paris.
Sesampainya disana ia melihat segerombolan pengemis dan gelandangan yg sedang berkumpul mengelilingi sebuah api unggun kecil.Lalu,Grenouille menuangkan seluruh isi botol parfum itu ke tubuh nya.
Dan semua gelandangan dan pengemis itu menoleh ke arahnya dan terpesona melihatnya.
Dengan menjerit-jerit mereka lari mendekatinya dan mengerumbungi nya.
Rasa cinta yg mereka rasakan begitu besarnya sehingga mereka memakan habis Grenouille hidup-hidup,tanpa tersisa.
Tulang belulang nya pun habis dilahap mereka semua.Begitulah akhir cerita si peracik parfum yg ahli,Tewas karena dimakan oleh gelandangan.
Ternyata,kekuasaan terbesar sekalipun tidak bisa membuat seseorang bahagia.