Kutipan perenungan master Cheng Yen,
Cheng Yen adalah seorang bikhuni asal Taiwan dia mendirikan yayasan buddha Tsu chi pada tahun 1966.Telapak tangan menghadap ke bawah adalah menolong orang, menengadah adalah memohon bantuan.
Membantu orang mendatangkan kegembiraan, sedangkan memohon bantuan adalah suatu penderitaan.Selalu merasa tidak senang pada orang lain, karena kurang dalam pelatihan kepribadian diri sendiri.
Rumput, tidak akan mudah tumbuh dilahan yang ditanami sayur-sayuran,
Hati tidak akan mudah timbul kebencian bila dipenuhi rasa persahabatan.Kebiasaan buruk, bagaikan virus yang menyerang batin manusia, harus dicegah jangan sampai berkembang.
Iblis yang ada diluar kita tidak menakutkan, yang mengerikan adalah iblis yang terdapat didalam hati kita.
Sebuah tindakan jauh lebih bermakna daripada ribuan ucapan.
Hadiah paling berharga didunia adalah hadiah berbentuk maaf.
Bekerja untuk hidup sangat menyiksa,
Hidup untuk bekerja sangat menyenangkan.Seulas senyum mampu mendamaikan hati yang gelisah.
Musuh terbesar kita bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri.
Hendaklah bersaing untuk menjadi siapa yang lebih dicintai, bukan siapa yang lebih ditakuti.
Melakukan yang seharusnya dilakukan adalah bijaksana,
Melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan adalah kebodohan.Jika tabiat dan ucapan tidak baik, meski hati sebaik apapun tidak dapat dikategorikan sebagai orang baik.
Melakukan dengan sukarela menerima dengan sukacita.
Banyak berbuat baik akan mendapat banyak rejeki, sedikit berbuat kebaikan akan kehilangan rejeki.
Bila dituduh orang lain terimalah dengan rasa syukur,
Bila menemukan kesalahan orang lain sadarkan dengan sikap menghargai.Sertakan saya dalam perbuatan baik,
Jangan libatkan saya dalam perbuatan jahat.Ada tiga kata"tiada" didunia ini;
1. TIADA orang yang tidak saya cintai.
2.TIADA orang yang tidak saya percayai.
3. TIADA orang yang tidak bisa saya maafkan.Jangan kahwatir pada berbagai masalah,
Yang dikahwatirkan adalah masalah yang dicari-cari.Orang harus menyayangi diri sendiri baru dapat mencintai orang diseluruh dunia.
Penyesalan adalah pengakuan dari hati nurani,
Dan dapat juga dikatakan sebagai pembersihan diri terhadap kekotoran batin.Dalam mengatasi berbagai masalah hendaklah berhati-hati, cermat, namun jangan berpikiran sempit.
Cita-cita boleh saja tinggi dan jauh kedepan. Namun langkah yang diperlukan untuk itu harus diterapkan sejak sekarang.
Pikiran dan perilaku kita sendiri yang menciptakan dan menentukan surga dan neraka.
Sumber penderitaan manusia ada 3 yakni keserakahan, kebencian dan kebodohan.
^_^ hai jangan lupa follow me 'n feedback dong....
Kata bijak dari beliau hanya sebagian saya ambil karena terlalu banyak....semoga bermanfaat.
Salam indonesia membaca.Author, Stefachan.
KAMU SEDANG MEMBACA
PEPATAH CINA
Non-Fiction[complete] kutipan pepatah cina, peribahasa cina, syair cina dan motivasi cina.