Sedikit bercerita tentang dunia yang kucintai, Kpop dan seorang Kim Jonghyun.
Sejujurnya aku teramat sangat merindukan seorang Kim Jonghyun.
Mungkin aneh, karna aku bahkan belom pernah bertemu dengannya langsung. Hanya mengagumi dan memandangnya lewat sebuah handphone atau komputer.Seorang Kim Jonghyun yang hebat dalam menciptakan lagu, aransement dan memproduseri karyanya sendiri.
Kim Jonghyun yang menurutku sangat berbakat. Menurutku dia mempunyai segalanya. Wajah yang tampan, bakat yang luar biasa, uang, ketenaran, kasih sayang keluarga dan teman-teman yang menyayanginya.
Tapi kurasa itu tak cukup membuatnya bahagia.Senin, 18 Desember 2017.
Saat diriku terbangun dari tidur siang dan dengan iseng membuka aplikasi instagram. Dengan nyawa yang masih berkumpul sedikit demi sedikit, mata yang masih belum terbuka sepenuhnya. Membuka insta story dari beberapa teman satu demi persatu.Dan BOOM....
Betapa terkejutnya diriku ketika menemukan salah satu insta Story yang berisikan artikel tentang
' Shinee's Jonghyun found dead '"Ah .. Mungkin hanya hoax semata." Pikirku saat itu. Mengingat dari dulu begitu banyak berita hoax tentang artis-artis bunuh diri. Namun satu hal yang membuatku lupa, bahwa berita bunuh diri hoax kebanyakan dari indonesia. Dan berita yang baru saja ku baca dari Allkpop. Berita yang kebanyakan benar.
Saat itu aku masih belum sadar jika itu berita benar terjadi. Ku lanjutkan membuka explore dan lagi-lagi.
BOOM...
Semua gambar, tulisan maupun artikel berisi tentang Jonghyun.
"Ah.... Mungkin mereka juga kena tipu." Pikirku lagi.Namun karna rasa penasaran yang begitu besar kulanjutkan membuka tagar/hastag dengan nama Jonghyun.
Dan BOOM..
Seketika air mata menetes begitu saja. Mengetahui kenyataan yang ada. Seorang Kim Jonghyun yang terkenal friendly, jarang terkena skandal dan paling adem ayem ternyata menyimpan begitu banyak luka.
Mungkin ini mimpi, mengingat Shinee adalah boyband paling adem ayem. Shinee dan kelima membernya, begitupun shawol's.
Kenyataan yang ada kami semua ( Shinee member dan shawol's ) harus merelakan malaikat tanpa sayap kami, Kim Jonghyun.
Teringat saat pertama kali menjadi kpopers, menjadi pecandu fanfiction. Nama Kim Jonghyun tak pernah terlepas dari minat bacaku.
Sedikit menyesal karna diriku jarang bergemulung dengan hal-hal yang mengenalkanku padanya sebelum kematiannya.
Seorang Kim Jonghyun yang menyimpan begitu banyak luka. Sebuah depresi yang merengutnya secara perlahan. Dan dia utarakan lewat lagu-lagu nya. Dan semakin sering dia utarakan ketika semakin berat ia menjalani hidupnya.
Kim Jonghyun yang slalu menguatkan orang lain, malah harus terengut nyawanya karna tak bisa dan tak kuat lagi menjalani hidupnya.
Mengingat surat terakhirnya tentang depresi yang membunuhnya secara perlahan, sakit pasti. Disatu sisi dia bahkan tak bisa tidur tanpa minum obat. Satu hal yang ku tau, sebenarnya dia ingin bertahan, sangat ingin bertahan. Mengingat sudah bertahun-tahun dia mengalaminya. Tapi pikiran dan jiwanya sudah tak bisa menyatu lagi.
Haruskah dengan bunuh diri ??
Haruskah dengan cara itu untuk menyelesaikan jalan keluarnya ??Dia terlalu mengkhawatirkan musiknya.
Mungkinkah hanya musik ??
Kau terlalu berbakat dalam musik, Jonghyun. Semua orang tau itu. Tapi kenapa harus seperti ini akhirnya.Let me out adalah salah satu lagunya yang tak berani ku dengar. Bukan karna aku takut dengannya, tapi karna itu sangat menceritakan tentang dirinya yang terbelengu dalam depresi dan kekhawatirannya.
Lonely pun sama. Lagu yang menurutku sangat meceritakan dirimu. Tentang semua kemewahan dan ketenaran yang kau dapat, tapi jauh di dalam lubuk hati terdalam, dirimu merasa kesepian.
Sedikit marah mungkin. Kenapa kau tak pernah bercerita kepada member yang lain ??
Mungkinkah mereka sudah mengetahuinya ??
Atau kemungkinan terbesar kau tak ingin membuat mereka ikut bersedih.Aku hanya berharap semua ini mimpi. Bahkan sampai saat ini aku masih berharap ini mimpi. Begitu nyata namun tak begitu ingin kurasakan.
Kau sudah bekerja keras Jonghyun.
You did well. Semoga disana kau tidak merasakan sakit lagi. Terimakasih atas semua musik yang indah serta suara yang merdu.Terima kasih sudah bertahan sejauh ini, meskipun sekarang kau memilih untuk mengakhirinya.
Terima kasih untuk 9 tahun yang penuh warna. Terima kasih untuk semua pejuangan mu.Rose for Jonghyun.
You did well.
KAMU SEDANG MEMBACA
KIM JONGHYUN
Non-FictionHanya menuangkan sedikit perasaan sesak yang ada di hati.