pagi itu bell berbunyi sangat kuat, sementara semua siswa SMA NEGERI 1 TAHUNA berlarian ke lapangan untuk melaksanakan upacara bendera. semua guru-guru juga bersiap mengikuti upacara bendera saat itu. semua gerbang masuk ditutup oleh pengurus OSIS baik di halaman belakang maupun di halaman depan sekolah. terlihat pemandangan yang biasa pada umumnya, yaitu banyak siswa yang terlambat sementara semua gerbang masuk telah di tutup dan digembok. diantara siswa yang terlambat tersebut, ada beberapa siswa yang sudah sering terlambat dan sering pula melanggar ketertiban sekolah. dan mereka adalah rhivy, andy, anty, dan dede. mereka adalah siswa kelas 11 yang baru saja naik kelas dan tepat di hari itu adalah pengumuman pembagian jurusan.
rhivy dan andy yang rumahnya hanya di belakang area sekolah, tetapi sering sekali terlambat. berbeda dengan anty dan dede, rumah mereka sangat jauh dan hanya bisa ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi darat.
......
di belakang area sekolah, tepatnya di depan gerbang belakang yang telah digembok, mereka mencari cara agar bisa masuk ke dalam sekolah. tidak memperdulikan siswa yang lain, mereka tampak berunding hanya berempat. sementara siswa lainnya memandang mereka karena terlihat seperti sedang rapat.
andy yang saat itu punya ide agar jalan satu-satunya hanya memanjat pagar.andy : cin bagaimana kalau kita manjat pagar aja? dari pada gak bisa masuk!! minggu lalu kan kita udah dapat peringatan dari bapak derek, kalau sampai ketahuan terlambat lagi, bakalan dikasih surat panggilan orangtua.
gak mungkin kan kita gabung sama mereka gak berbuat apa-apa, pasrah, kaya orang bodoh yang mau aja di hukum sama guru karena terlambat..(sambil menunjuk tangan kearah siswa lainnya yang terlambat)siswa lain bersuara : yee enak aja kita dibilang bodoh! kita tuh gak kayak kalian! kita siswa yang patuh sama peraturan, terlambat yah terima sanksinya!! bukan kayak kalian takut di hukum!! hahaha
anty : diam lo bangsat!! kalian yang bodoh!!coba pikir deh, sebenarnya disekolah ini, siapa yang dibayar dan siapa yang membayar! lo pada ngerti ngak? ha?
siswa lain bersuara : emang sih, tapi kita harus ingat, membayar berarti membeli. sebelum membeli kita kan udah tau barang seperti apa yang kita beli, apa aja risikonya kita udah tau! jadi yah mau tidak mau harus di terima!
lu ngerti juga kan??anty : eh jadi orang jangan sok pintar yah!! lu gak tau, kalau orang terlalu pintar, itu bisa gilaaa!! hahahahaha (dengan ekspresi meledek)
mereka berempat tertawa mengejek, sementara siswa lainnya diam dan memperhatikan tingkah mereka.
andy : udah deh lebih baik kita cari ide gimana bisa masuk kedalam sekolah! kalau ide gw tadi gimana? ha? |ayo manjatt pagar haha (dengan suara pelan)
sementara rhivy, anty dan dede hanya terdiam berpikir apakah ide andy ini bisa diandalkan atau tidak.
andy: helloww!! lama deh mikirnya..
rhivy : oke!! tapi gini deh, kita jangan manjat pagar yang ada di belakang sini, kan banyak orang, nanti kita dilaporin tuh ke kepala sekolah. abis kan!
anty : iya juga sih
dede : kalian liat kan tadi, orang-orang yang terlambat bareng kita, mulut mereka kayak toa!!
andy : oke cinsay! gw punya ide lagii. gimana kalau kita manjat pangernya lewat pagar sebelah barat, kan disitu hutan, jadi gak bakalan ada yang liat kita.
rhivy : alamaaa,, gw kira ide apaan. gak taunya manjat pagar juga. yaudah, gw sih terserah!
anty : waitt...guys! disekitar situ bukannya belakang rumah bpk polisi yah? mau dicyduk kita? haha
andy : yuppp!! tapi agak jauhan sih dari rumahnya, gak terlalu deket kok, amannn.. percaya deh, gw prnah tu manjat pager di situ.
dede : yakin??
andy : iyalah cinsay!! yaudah buruan jangan sampe keburu selesai tuh upacara. nanti sih bapak derek nyari kita lagi! bisa ketahuan tuh kita terlambat.
dede, rhivy, anti : okehh!!
*mereka memandang satu sama lain
andy : kok barengan sih bilang okehnya?
*hahahahahahaha............
akhirnya keputusan yang diambil mereka berempat adalah memanjat pagar sebelah barat sekolah.mereka memanjat berurut, yang pertama andy, selanjutnya dede, kemudian rhivy dan terakhir anty. saat anty hendak memanjat, ia terlihat kesulitan karena ia memang memiliki bobot badan yang sedikit lebih berat dari andy, rhivy, dan dede. karena kesulitan tersebut, akhirnya andy memanjat kembali keluar dari pagar sekolah dan mencoba membantu mendorong bokong anti agar bisa memanjat pagar. dan akhirnya dengan bantuan andy, anty bisa memanjat pagar. saat andy hendak memanjat juga, seketika mereka kaget karena mendengar suara teriakan seorang pria dewasa dari belakang rumah yang ada di dekat tempat mereka memanjat pagar.
* : woyy!!!siapa itu?? ngapain kalian disitu? ( berjalan cepat mendekati mereka dengan sepotong kayu)
andy yang saat itu panik, ia memanjat pagar dengan cepat seperti seekor monyet. dan akhirnya ia melompat dan mendarat di dalam halaman sekolah seperti seorang hero, berdiri tegap membelai rambutnya dan sedikit tersenyum
andy : keren kan kita guys?
rhivy, anti, dan dede saling memandang dan tertawa bersama (hahahahahaha)
andy : hee syuuttt.. nanti ada yang denger lagi kita di sini.
karena pagar sekolah yang terlalu tinggi, pria dewasa yang mengejar mereka tidak bisa melihat bahwa siapa siswa yang berani memanjat pagar sekolah.
** : siapapun kalian! liat aja! dasar anak-anak perusak generasi bangsa! nggak punya sopan santun! tunggu kalian
andy : hahaha(tertawa berbisik) kalian dengar kan tadi? itu kata-kata orang sirik yang nggak berhasil manjat pagar haha
rhivy : lu bener" temen gila yah.. hahaha
dede : yaudah guys! sekarang kita cari ide untuk bisa masuk, gabung di barisan kelas kita.
anti : kalau itu sih gampang! gimana kalau kita masuk dari kantinnya ma'acit terus masuk dari pintu samping toilet, dan kalau masuk lapangan, itu harus satu per satu, kalau di tanya, kita jawab ; baru keluar dari toilet pak/ibu guru..oke??
andy : okelah..mereka berjalan ke arah kantin ma'acit. sementara berjalan, tiba-tiba ada suara seorang wanita.
-- : hai, hai,, terlambat yah? mau kemana kalian
mereka kaget, dan membalikan badan bersama.
andy : (dengan ekspresi senyam-senyum) wah ma'acitt.. iya nih terlambat.. terlambat karena semalaman mikirin pisang gorengnya ma'acit.. enakk bangettt!! pingin deh makan lagi. kalau udah jam istirahat, kita kekantin ma'acit kan guyss?
anty : ohhh pasti dong!
sementara dede dan rhivy hanya dengan ekspresi senyum menggoda ma'acitma'acit : ahh kalian emang jago yah ngerayu!! tapii(dengan suara yang agak kuat)
mereka berempat merespon dengan ekspresi kaget dan sedikit khawatir.
ma'acit : borong yah pisang gorengnya!( dengan ekspresi senyum membujuk)
andy : ohh okee,, pasti ma'acit syg!! yang penting cuppp(mendekatkan jari telunjuknya di mulut)
ma acit hanya membalas dengan memberikan jari jempolnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak IPS
RandomBanyak orang yang menganggap bahwa anak IPS adalah anak-anak yang kacau, abal-abal, premannya anak SMA. anak IPS sering dianggap paling payah dari ketiga jurusan yang ada di SMA, yaitu IPA, BAHASA, dan IPS. sehingga, perlakuan guru-guru kepada mere...