Rahasia Hati

12 0 0
                                    

Seseorang yang setiap hari terlihat sangat hangat, ceria, selalu membuat orang lain tersenyum, mungkin bukan karena dia sedang bahagia. Tapi, itulah caranya menyembunyikan perasaannya yang sesungguhnya. Mungkin perasaan sedihnya, kesepiannya, kecewanya, kerinduannya. Siapa yang tahu, setiap hati, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan ataupun menyimpan perasaan mereka.

Pada suatu hari yang cerah, mungkin kita pernah mengalami dialog seperti ini.

Sahabat : "Hai, apa kabar kamu?"

Kamu : "Baik-baik aja." (sambil tersenyum manis)

Lalu, kalau kamu bertanya pada hati kamu sendiri "Apa kabar hati?" Mungkin, pada pagi itu, pada kesempatan itu, hati kamu memberikan jawaban yang jauh berbeda. Jawaban yang tidak bisa kita berikan pada orang lain. Jawaban yang hanya kita sendiri, hati kita sendiri, dan Alloh SWT yang memahami.

Lalu, kenapa terkadang kita tidak bisa memberikan jawaban, sebebas hati kita memberikan jawaban? Kenapa terkadang, kita harus menyembunyikan jawaban hati dari orang lain, termasuk dari keluarga ataupun sahabat kita sendiri?

Alasan pertama, karena kita merasa lebih nyaman menyimpan jawaban itu sendirian. Cukup hati kita yang tahu, tidak perlu ada hati lain yang tahu. Alasan kedua, karena untuk menjaga hati yang lain. Hati kita penting, perasaan kita sendiri juga penting. Tapi memang, entah kenapa kita memilih untuk menjaga hati dan perasaan orang lain. Alasan ketiga, karena kita tidak ingin membuat situasi atau masalah semakin buruk. Terkadang, kita berada dalam situasi atau masalah yang rumit. Bisa masalah kita sendiri, bisa masalah sahabat kita, bisa juga masalah keluarga kita. Masalah yang mengharuskan kita untuk peduli, tapi juga mengharuskan untuk tidak terlalu ikut campur.

Itulah, rahasia hati. Ketika kita memilih untuk menyimpan sendiri jawaban hati, perasaan kita, karena satu atau banyak alasan. Yang pasti, alasan itu untuk kebaikan, kebaikan diri sendiri dan orang lain. Sampai kapan sesuatu itu menjadi rahasia hati? Apakah untuk waktu yang sebentar? Waktu yang lama? Bahkan, mungkin untuk waktu yang tidak ada batasnya? Rahasia hati akan terbuka setelah semuanya benar-benar siap untuk memahami, untuk menerima, untuk memaafkan. Namun, ketika kita belum juga menemukan waktu yang paling tepat, waktu yang paling baik, mungkin rahasia hati akan tetap menjadi rahasia hati.

\^o^/

Rahasia HatiWhere stories live. Discover now