Ramadhan Shalehah Squad

49 3 2
                                    

Aisyah, Sarah, Maryam dan Fatimah mereka bersahabat dari SMA sampai kuliah.Mereka tinggal dirumah kontrakan yang sama. Aisyah menyilangkan kaki dan duduk disamping Fatimah yang tengah berdiam di teras kontrakan rumah mereka.

"Weeh bengong aja!" Kata Fatimah seraya menepuk pundak kanan Fatimah. "Lagi mikirin apa sih,Mikirin aku yah?"

Menoleh,Aisyah nyengir. "Mikirin Tamu"

"Tamu?" Alis Fatimah mengernyit. "Siapa yang bakalan datang ke kontrakan kita syah?"

"Tamu," Kata Aisyah pelan."Tamu yang pasti akan mengetuk setiap kehidupan kita. Mah, Tamu itu akan hadir ...sebentar lagi."

Fatimah bingung. Dia agak curiga nih jangan-jangan ...Bahas Kematian!!

"Jangan gitu dong syah," Ucap Fatimah sambil memelas.

Fatimah menatap ke samping, mendapati Sarah dan Maryam yang masih berada disepeda motor, yang baru pulang dari kampus.

Fatimah kembali menghadap Aisyah. "Kamu laper,Syah?"

Aisyah nyengir lagi. "Maksud aku, bulan ramadhan kan bentar lagi hadir,mah.."

"Masya Allah," Fatimah menghembuskkan nafas lega.

"Apa yang udah kita persiapkan buat menyambutnya?" Aisyah bicara lebih kepada dirinya sendiri.

"Weyy,lagi bahas apaan nih?" Sarah ikutan duduk disamping Fatimah.

" Kalian udah pada makan belum?"

"Belummmm...!" Seru mereka bersamaan.

"Tadi aku beli empek-empek disamping audit nih,tunggu yah aku ambilin mangkok dulu."Kata Maryam sekalian memasuki rumah.

"Galau,Syah?" Tanya Sarah

"Si Aisyah galau ramadhan mau datang,rah" Kata Fatimah.

"Oh, sama dong" Kata Sarah

"Lah sama apanya ?" Fatimah heran, galau kok samaan sih.

"Rindu Ramadhan," Kata Sarah

Hening Melanda begitu sarah menyebut kata rindu barusan. Mereka merenungi kalimat singkat dari Sarah. "Bulan yang spesial," sambung Sarah "Bulan Ramadhan ini memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lain. Bulan Ramadhan disebut dengan Bulan Al-Quran. Bulan dimana tidur aja menjadi ibadah, bulan lain ngga ada tuh.

"Bulan Special? Ohhh lagi ngebahas Ramadhan yah" Kata Maryam yang baru aja datang.

"Iya Bulan Ramadhan, dimana olimpiade taqwa dimulai, bulan yang dimana pahala dilipat gandakan berkali-kali lipat." Kata Aisyah

"Oliampiade taqwa,Syah? Gimana tuh maksudnya?" Kata Maryam

Fatimah langsung menjawab, "maksudnya oliampiade taqwa itu fastabiqul Khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan."

"Betul banget," jawab sarah. "Di Ramadhan kita nge-charge keimanan. Bulan didalamnya kita ngga ngomong apapun selain Quran. Bicara bermanfaat atau baca Quran aja lebih baik"

"Tapi persiapan kita juga harus bagus," Kata Aisyah. "Sibuk dengan dunia, malah bikin ramadhan jadi hampa."

"Maksudnya, Syah?" Tanya Maryam,kepalanya miring demi melihat respon aisyah.

"Ya bayangin aja," Kata Aisyah. "Kita punya mobil canggih, katakanlah Mini Cooper terbaru. Tiga bulan gak kita nyalain, tiba-tiba suatu pagi kita nyalain mesinnya. Nyala gak? Ngadat pasti. Apalagi kita lalai selama sebelas bulan, Ramadhan mau tekun? Susah. Makanya persiapan kita harus matang."

"Nyindirrrr.." dengus Fatimah. Ada banyak merk mobil, kenapa harus Mini Cooper sih?!

"Ya Afwan mah, aku pengennya Mini Cooper kaya punyanya orang tua kamu,habis bagus banget sih dan itu termasuk mobil mahal. Jadi bawaanya pengen ngebahas Mini Cooper terus deh." Kata Aisyah sambil nyengir.

"Maksudya,Syah?" Jelas Mariam.

"Menyambut bulan Ramadhan gak bisa dengan hanya mempersiapkan badan yang sehat, waktu luang dan sekedar puasa aja. Yakin bahwa kita bisa puasa penuh, tapi dari sekarang kita santai-santai. Gitukan mah?" Kata Aisyah

Fatimah mengangguk, menyetujui ucapan Aisyah. "Iya bener banget,Syah."

"Jadi kita mesti gimana dong?" Tanya Mariam

"Nah aku ada ide, gimana kalo kita bikin grup, namanya itu Ramadhan Shalehah Squad disitu kita bakalan menyiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan dan kita sebar nanti ke teman-teman yang lain. Kata Sarah dengan semangat.

"Yeayyy aku setuju kok, tapi apa aja yang harus kita kerjakan untuk menyambut bulan Ramadhan rah?" Kata Mariam

"Jadi nanti kita sama-sama perbanyak puasa, tadarus Al Quran terus rajin-rajin sholat malam supaya nanti pas Ramadhan kita udah terbiasa. Ada tambahan lagi gak nih ukhti?" Kata Sarah

Mariam pun mejawab "Gimana nanti kita browsing cari ceramah-ceramah yang terkait puasa atau kita baca artikel-artikel yang membahas tentang amalan pada bulan Ramadhan, terus kita kroscek deh kebenarannya ke asatidz yang udah kompeten dalam bidang ilmu fiqih. Gimana keren kan usulan aku?

"Sip aku juga setuju kok supaya nanti pas bulan Ramadhan kita gak kebingungan amalan apa yang mesti kita kerjakan dan larangan apa yang harus dijauhi. Belajar dari sekarang." Kata Aisyah dengan tegas

"Ramadhan Shalehah Squad yah keren dah, aku seneng banget bisa sahabatan sama kalian semoga kita bisa sahabatan terus sampai di surge nanti yah." Kata Sarah dengan senang.

"Amin Ukhti, Ana uhibukunna Fillah Sahabat" Kata Aisyah sambil merangkul sahabat-sahabatnya"

"Eh udah dong pelukannya, empek-empeknya keburu dingin nih gak dimakan dari tadi."

"Iya yah, baru inget kalau Mariam bei empek-empek Tenang karna udah laper habis baper-baperan tadi walaupun dingin tetep enak lah, iyakan, apalagi kalo gratisan" kata Aisyah

Mereka serempak menjawab Pastinya dan merekapun tertawa bersama-sama.

Ramadhan Sholehah SquadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang