Berawal dari bangku sekolah dasar kelas 5 SD , aku ( rica ) sudah memiliki cinta pertama .. Sebuy saja dia Reno .. Rica sangat bahagia karna berawal dari cinta monyet yang menggemaskan itu dia merasa ada dan dicintai , karna sebelum nya rica berada dalam keluarga yang broken home .. Setiap hari di rumah rica hanya ada cekcok antara ayah dan ibunya.. Sejak bertemu dengan reno .. Rica tidak pernah merasa bersedih lagi .. Pacaran mereka berdua sangat lucu sekali .. Hanya sekedar bertemu dan saling tukar surat, itu sudah membuat rica dan reno bahagia..
Pada saatnya mereka lulus sekolah dasar hubungan mereka berjalan 3 tahun .. Rica sekolah di SMP Negri di daerah kota magelang . saat itu reno pun menyusul rica sekolah disana . karna reno nggak mau jauh jauh dengan rica ..
Waktu cepat berlalu , rica dan reno sering berantem , dan pada saat tengah semester mereka berdua berantem fatal.. Karna rica cemburu dengan salah satu teman reno yang ada satu kelas dengan reno , ketika reno memberi penjelasan rica tidak mau mendengarkannya ..
Entah apa yang ada di dalam pikiran rica, karna rica sendiri orangnya cuek dan pemarah ..
.
.
.
Waktu terus berlalu , sikap reno berubah , dia lebih jadi orang pendiam, padahal dia adalah sosok cowok yang periang dan romantis .. Hari senin setelah selesai upacara , reno mengajak rica bertemu . dan ini pembicaraan rica dan reno
" reno : yank, maafin sikap aku ya yang selama ini sering bikin kamu kesel, tapi kamu harus tau aku sama nuri tidak ada hubungan apa-apa ( reno menjelaskan dengan ekspresi wajah sedih dan agak pucat )
Rica : aku marah karna aku cemburu, aku sayang sama kamu ( jawab rica dengan muka yg cemberut )
Reno : iya aku tau, aku lebih sayang sama kamu, ini aku ada boneka sama coklat .. Kamu jangan marah lagi ya .. Jaga baik2 bonekanya jangan sampe hilang .. ( ternyata reno ngasih rica kejutan )
Rica : aduh yang bagus banget bonekanya .. Makasih sayang ..
( rica sangat bahagia , lagi- lagi sikap reno yang mengistimewakan rica yang membuat hati rica luluh )
Reno : iya sayang sama-sama .. Jangan ngambek-ngambek lagi ya. Nanti tambah pesek lho
. ( ledek reno )
Rica : idih enak aja.. Sayang kenapa kok mukanya pucat ? Syg sakit ?? Ke uks yuk aku temenin ? ( rica panik karna waktu itu muka reno pucat dan badan nnya panas )
Reno : nggak papa syg .. Ow iya kamu jangan nakal ya
. aku selalu sayang sama kamu
Rica : enak aja aku yang nakal .. Kamu itu . makanya jadi cowo gk usah sok ganteng ( ledek rica )
Reno : hahhaa yeee emang ganteng kalik .. Buktinya kamu suka ..
Rica : idih gr ..
Reno : hahahaa .. Yaudah sayang. Aku masuk kelas dulu ya.. Jaga diri baik2 jangan nakal ya
.
Rica : iya sayang aku juga ke ke las dulu..
.Setelah pertemuan singkat itu , rica bingung , knapa sudah hampir 5 hari reno nggak masuk sekolah , rica bingung .. Dan rica mencoba bertanya kepada temen sekelasnya ..
Rica : yog , reno kemana ? Kok nggak ada kabar udah 5 hari ini .. Aku kirim surat juga belum di bales ..
Yoga : aku nggak tau ric, kata wali kelas sih reno sakit ..
Rica : sakit apa ya dia.. Kok aku nggak tau ..
Yoga : yaelah .. Ngakunya pacarnya, masak cowo nya sakit sampe nggak tau ..
( ya maklum jaman dlu masih minim gatget )
Rica : ih bawel.. Yaudah yog.. Thanks infonnya ya..Dengan muka panik rica ngomong sama temen-temennya, yaitu ela, anisa,desi,umu ..
Rica : gays reno kemana ya .. Kok katanya sakit .. Aku jadi khawatir nih
Anisa : yaudah besuk kita samperin bareng- bareng aja ya pulang sekolah ..
Rica : yaudah deh kalo gitu ..
.
.
.
Tepat satu minggu reno nggak masuk sekolah .. Tiba- tiba ada pengumuman dari speaker sekolah kalo salah satu teman kita dari kelas 7c ada yang meninggal ..
" innalilahi wainnalilahi rojiun, telah berpulang teman kita Reno Syahputra ke sisihnya, semoga amal dan ibadah nya diterima disisih nya .. Amin "
Seketika rica bingung dan tanya kepada anisa
Rica : eh nis , reno syahputra siapa sih ?? ( dengan muka bingung )
Anisa : kamu yang sabar ya ric .. Aku dan yang laennya sayang sama kamu.. Jangan sedih, yang iklas ya... ( dengan ekspresi sedih dan mata berkaca - kaca )
Rica : maksd kamu apa sih .. Reno siapa yang meninggal ???
( dengan muka panik dan merasa tidak percaya )
Ela : ya reno yang ada di sekolah ini cuma reno pacar kamu ric ...
Rica : nggak , nggak mungkin .. Orang dia baik- baik aja.. ( dengan nada masih tidak percaya )
Aku nggak mau tau sekarang kalian temenin aku ke rumah reno ... Sekarang !!Mereka langsung bergegas ke rumah reno , disana sudah ada bendera kuning .. Seketika rica lemas dan tidak bisa berkata apa-apa
. dia langsung menemui mama dan papa reno yang sudah lemas di depan jasad reno.. Mama nya berkali-kali pinsan .. Sedangkan rica masih berdiri di depan pintu dengan ekspresi bingung dan masih tidak percaya ..
Tiba-tiba ada papahnya reno menghampiri rica,ela,umu,dan anisa .. " yang namanya rica mana ya ? Tanya papa reno kepada mereka
. " saya pak , jawab rica dengan nada terbata-bata
. " dek rica, maafin mas reno ya, kalo semasa hidup dia banyak salah , dia pesen sama bapak , kalo dek rica nggak boleh nangis ,
Rica tidak mendengarkan apa kata-kata papa reno.. Dia masuh berdiri dan membisu .. Tiba waktunya di pemakaman.. Setelah pemakaman selesai rica baru bisa percaya.. Kalo reno sudah benar- benar tidak ada.. Dia menangis sejadi-jadinya .. Dia tidak percaya , pacarnya sekaligus cinta pertamanya itu akan pergi untuk selama2nya ..
" ren, maafin aku ren, aku sayang sama kamu, tapi kenapa kamu tega ninggalin aku secepat ini .. Kamu tau ren? Bsuk hari aniversary kita yang ke 3 tahun ren .. Kata kamu, kamu mau ngrayain bareng sama aku.. Tapi knapa kamu nggak tepatin janji ren .. Kenapa ?? ( sambil nangis tersedu-sedu )
------Semenjak kematian reno, rica jadi pendiam, jadi suka bolos , jadi suka brantem, di skorsing dari sekolah, bahkan lebih parah lagi dia di keluarin dari sekolah itu .. Dan akhirnya rica memutuskan untuk pindah ke yogyakarta ...
Kepergian reno menyisakan luka yang mendalam untuk rica .. Karna cinta pertamanya pergi untuk selama-lamanya ...
---------------
To be continue( Rica Indrasari )