boy x boy or bromance

548 22 0
                                    

Liat judul nya aja pasti ngerti lah ya saya akan bahas apa, hehe.

saya hanya menyampaikan pendapat saya.
Fandom kita adalah fandom yang kuat, saya tak pernah menyesal menjadi bagian dari Exol, tak pernah rasa nya kecewa pada fandom ini kecuali mengenai satu hal. Fujo or bromance.
Saya bingung saja melihat bagaimana kita sesama Exol yang selalu mendukung satu sama lain menjadi saling mencaci dan memaki di media sosial karena 'ego'.
Jika boleh saya sebut kan member Exo mana yang paling sering di ribut kan,maka saya akan sebut kan Chanyeol dan Baekhyun.

Mari sama sama saling terbuka sekarang. Ada begitu banyak akun akun media sosial (fujo)  yang isi nya mengenai chanbaek, postingan nya mereka menganalisa bagaimana tatapan chanyeol ke baekhyun atau hal lain nya tentang chanbaek, inti nya mereka memposting segala hal yang dapat memperkuat analisa mereka, lalu isi kolom komentar nya? Sebagian besar dari mereka yang menentang analisa tersebut. tak lama kemudian sang pemilik akun dan sang pengomentar pun saling beradu argumen tapi tidak dengan bahasa yang baik untuk di baca banyak orang.
Miris sekali rasa nya melihat saudara/i sefandom saya saling menyindir satu sama lain, dan parah nya terkadang bertengkar seakan akan bukan lagi berada di fandom yang sama.

Jika boleh saya beri saran, ini saran saya untuk kita semua saudara/i satu fandom ExoL.
Lakukan hal yang menurut mu benar, dukung hal yang menurut mu harus di dukung. Tak perlu mengusik orang lain, jangan pula memaksa orang lain untuk mempercayai hal yang kamu percayai. Ingat saja bahwa kita semua satu fandom ada begitu banyak kepala yang tak mungkin semua nya satu pemikiran dengan mu.

Pandangan kita semua berbeda beda, mungkin kamu melihat chanbaek seperti ini tapi orang lain melihat chanbaek seperti itu.  ini yang saya maksud dari awal karena ego kita untuk memaksa orang lain untuk mempercayai apa yg kita percaya. Tidak bisa begitu. Jika kamu fujo tak apa asal tau batas mu dalam memposting sesuatu tentang chanbaek terkhusus fanart yg ingin kamu posting ada baik nya untuk melihat dulu apa kah pantas untuk dilihat banyak orang atau tidak. Jika kamu bukan fujo pun tak mengapa, cukup tutup mata dan telinga mu jika tak ingin melihat atau mendengar mengenai fujo, tak perlu lah berkomentar di lapak mereka dan langsung menyerang dengan kata kata kasar. Mari saling menghargai karena kita semua saudara sefandom.

Saya menulis ini bukan untuk berpihak dengan siapa pun. Seperti yang saya kata kan mungkin ada dari kalian yg melihat ku sebagai fujo dan ada pula yg melihat ku sebagai pendukung bromance. Dan yg melihat ku sebagai seorang Exol biasa yang amat mencintai Exo dan fandom ini maka anda benar.

Saranghanja❤

ExoLs DiaryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang